Perbandingan Metode Technique For Order By Similarity To Ideal Solution (Topsis) Dan A New Additive Ratio Assessmen (Aras) Dalam Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Kl Lazismu

Authors

  • Syinta Brata Universitas Ahmad Dahlan
  • Anton Yudhana Universitas Ahmad Dahlan
  • Herman Herman Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.30595/techno.v22i2.8994

Abstract

Zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu, Bagi Muzzaki, zakat berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan dan mensucikan harta serta dapat menumbuhkan rasa kasih sayang dan kepedulian terhadap kaum miskin. Sedangkan bagi Mustahik, zakat dapat melepaskan mereka dari jerat kemiskinan menuju pada kehidupan yang lebih sejahtera. Data Pusat kajian Strategis Badan Amil Zakat menunjukkan serapan zakat di Indonesia masih rendah. Pada 2016, tercatat zakat masuk Rp 5 triliun. Jumlah ini hanya 1 persen dari potensi zakat di Indonesia sebesar Rp 217 triliun. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa potensi zakat di Indonesia belum dapat terserap dengan maksimal. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat seputar Lembaga Amil Zakat. Menjalin hubungan yang baik dan menciptakan pelayanan yang berkualitas dengan Muzzaki merupakan cara yang ditempuh untuk menarik minat para Muzzaki untuk mempercayakan zakat kepada Lembaga tersebut. Hal tersebut mendorong peneliti membuat Sistem Informasi dan melakukan perbandingan metode yang digunakan dalam penlitian ini agar mengetahui kepuasan Muzzaki terhadap layanan yang diberikan serta melakukan perbandingan metode yaitu TOPSIS dan ARAS. dari kedua metode yang digunakan dalam peneiltian ini memelikiki tingkat kepuasan yang berbeda, metode TOPSIS mendapatkan nilai 1 pada pilihan jawaban sangat puas di informasi zakat dan bangunan, dan nilai 1 pada pilihan puas untuk informasi zakat sedangkan menggunakan metode ARAS mendapatkan nilai 1 pada pilihan sangat puas di informasi zakat dan bangunan dan nilai 1 untuk pilihan Puas pada informasi zakat. Berdasarkan hal tersebut, perhitungan dari kedua metode yang digunakan dalam penelitian ini mendapatkan hasil yang diharapkankan oleh peneliti dan dapat disimpulkan para Muzzaki puas terhadap layanan yang diberikan oleh pengurus Kantor Layanan Lazismu Gamping serta hal tersebut diharapkan menumbuhkan hubungan baik antara Muzzaki dengan pengurus Kantor layanan Lazismu Gamping sehingga memungkinkan ada Muzzaki baru yang akan menyalurkan zakatnya ke Kantor Layanan Lazismu Gamping.

References

J. R. Akuntansi, D. Keuangan, R. A. Pertiwi, M. Kholmi, and E. T. Kurniawati, “ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI DANA ZAKAT DAN INFAK/SEDEKAH PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAK, DAN SHODAQOH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) KABUPATEN MALANG,” vol. 5, no. 2, pp. 751–758, 2015. [2] R. Julian Eka Putra and N. Nasution, “Aplikasi E-Zakat Penerimaan dan Penyaluran Menggunakan Fuzzy C-Means (Studi Kasus: LAZISMU Pekanbaru),” 2015. [3] BAZNAS, “Penerimaan Zakat Di Indonesia,” 2019. . [4] Lazismu, “Tentang Lazismu,” 2018. https://www.lazismudiy.or.id/tentang-kami/ (accessed Feb. 02, 2021). [5] S. Shobron and T. Masruhan, “IMPLEMENTASI PENDAYAGUNAAN ZAKAT DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI PRODUKTIF DI LAZISMU KABUPATEN DEMAK JAWA TENGAH TAHUN 2017.” [6] D. Vinsensia, “Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Pelayanan Jasa Pengiriman Paket ( Kurir ) Dengan Menggunakan Metode Topsis Fuzzy,” J. Mantik Penusa, vol. 16, no. 2, pp. 46–51, 2014. [7] T. R. Sitompul and N. A. Hasibuan, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Tenaga Kerja Untuk Security Service Menggunakan Metode Aras,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i1.812. [8] D. M. Midyanti, R. Hidyati, S. Bahri, and U. T. Pontianak, “Perbandingan Metode Edas Dan Aras Pada Pemilihan Rumah Di Kota Pontianak,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 119–124, 2019. [9] A. Putri, I. E. Yulianto, and M. Kholid Mawardi, “PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survey pada Pelanggan PT. Gemilang Libra Logistics, Kota Surabaya),” 2015. [10] S. Kasus, : Whatsapp, and V. U. Tjhin, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Aplikasi Pengiriman Pesan Instan,” Ultim. InfoSys, vol. V, no. 1, 2014. [11] D. Hamidin, “A-31 MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI INSTITUSI PENDIDIKAN,” 2008. [12] T. Susilowati and A. Suryana, “ANALISIS PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PERPUSTAKAAN STMIK PRINGSEWU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN MAHASISWA,” 2012. [13] N. K. Dewi et al., Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Game Untuk Anak Usia 5-10 Tahun Menggunakan Metode ARAS. . [14] R. Sanjaya, K. Kunci, : Sistem, P. Keputusan, and P. Terbaik, Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Menentukan Perumahan Terbaik Berdasarkan Kondisi dan Lokasi Menggunakan Metode ENTROPHY dan ARAS. . [15] L. Handayani, M. Syahrizal, and K. Tampubolon, “PEMILIHAN KEPLING TELADAN MENERAPKAN METODE RANK ORDER CENTROID (ROC) DAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT (ARAS) DI KECAMATAN MEDAN AREA,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 1, Nov. 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1638. [16] J. Afriany, S. Aisyah, K. Kunci, S. Pendukung Keputusan, and M. Aras, Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Implementasi Metode ARAS Dalam Pemberian Keputusan Bonus Tahunan Karyawan. . [17] I. Herman Firdaus, G. Abdillah, F. Renaldi, and U. Jenderal Achmad Yani Jl, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS,” 2016. [18] T. Fatimah and L. Fajarita, “STRATEGI PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT STUDI KASUS : BEBILUCK.COM,” 2012. [19] D. Setiawan and E. H. Saputra, “PENERAPAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEBSITEPADA UD TOYORIZ BUSINDO,” J. Ilm. DASI, vol. 16, no. 1, pp. 34–39, 2015. [20] K. E. Setyaputri, A. Fadlil, and D. Sunardi, “Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT,” 2019. [21] Y. Irawan, “Sistem Informasi Pemasaran Busana Syar’i dengan Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 1–9, May 2019, doi: 10.31539/intecoms.v2i1.629. [22] A. Y. Labolo, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN nnnKINERJA DOSEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT (ARAS),” vol. 5, no. 1, 2020. [23] Lazismu, “Tentang Lazismu.” . [24] H. Hasanah, “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial),” 2017. doi: 10.21580/at.v8i1.1163. [25] Sugiyono, “Buku Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono,” 2019.

Downloads

Published

2021-10-14