Metode Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.9841Keywords:
Metode Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Daring, PandemiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di SD Muhammadiyah Tempuran pada mata pelajaran Matematika selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Tempuran, kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengambilan data berupa wawancara yang dilakukan pada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua, observasi pada guru, siswa, dan orang tua, serta pencermatan beberapa dokumen pendukung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri dari 4 tahap yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di SD Muhammadiyah Tempuran pada mata pelajaran matematika selama pembelajaran daring di masa pandemic covid-19, yaitu penugasan dan pemberian materi. Dengan memanfaatkan whatsapp dalam memberikan tugas dan pengumpulan tugas dari siswa, menggunakan google classroom, dan google form, penugasan secara tertulis dan melalui google form, bentuk pelaporan tugas dari siswa yaitu berupa foto, video yang dikirim melalui grup whatsapp atau email. Penyampain materi pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah dan demonstrasi melalui video dan memanfaatkan youtube, menggunakan PPT, foto, dan dokumen yang di kirim melalui grup whatsapp. Â
References
Arizona, Kurniawan. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Vol 5 (1)
Bararah. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama islam di Sekolah. Jurnal Muddarrisuna, 7(1):131-147
Dewi, Wahyu Aji. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Disekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan , 2 (1):56.
Hilna Putria. Dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4):871
Moelong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mujtahid. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN MALIKI Press.
Purwanto, Ngalim. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media
Purwanto, Agus, Pramono, Asbari, Santoso. (2020). "Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar". EduPsyCouns Journal, 2 (1), 5-7.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, Sri, Ibrahim. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Malang: Refika Aditama
Windarsih, Chandra Asri. (2016). Aplikasi Teori Umpan Balik (FEEDBACK) dalam Pembelajaran Motorik Pada Anak usia Dini. STKIP SILIWANGI Journals, 2 (1); 20-29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.