PERSEPSI NASABAH MENGENAI PENGARUH PEMBIAYAAN SYARIAH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA KECIL MENENGAH PADA BMT MENTARI BUMI KEMANGKON PURBALINGGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah persepsi nasabah mengenai pembiayaan syariah berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan usaha kecil menengah pada BMT Mentari Bumi Kemangkon Purbalingga atau tidak. Hipotesis penelitian ini adalah bahwa persepsi nasabah pada pembiayaan syariah berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan UKM. Klasifikasi data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dan kuisioner observasi menggunakan metode random sampling. Uji hipotesis adalah dengan regresi linier sederhana dengan tingkat signifikan dari = 0.05. kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa persepsi pelanggan mengenai pembiayaan syariah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pendapatan UKM. Hal itu bisa dilihat dari hasil Uji t yaitu Sig 0,000 dibawah Sig. 0,05. Pembiayaan syariah memiliki pengaruh sebesar 22,5 persen , hal itu bisa dilihat dari hasil koefisien determinan dari R2 sebesar 0,225.
Kata kunci: Persepsi, pembiayaan syariah, peningkatan pendapatan.
Kata kunci: Persepsi, pembiayaan syariah, peningkatan pendapatan.
DOI: 10.30595/kompartemen.v12i2.1365
Copyright (c) 2017 KOMPARTEMEN
ISSN: 2579-8928
User
About The Author
Keywords
Audit committee
CAR, NPL, NIM, BOPO, LDR, ROA
Environmental, Social and Governance, Global Research Trend, Bibliometric Analysis
Financial Attitude
Financial performance
Fraud
Indonesia..
Kebijakan Dividen
Kendaraan roda dua
Kepatuhan Pajak
Kepemilikan Institusional
Kinerja keuangan, corporate governance, intellectual capital, konservatisme akuntansi
Komisaris Independen
Leverage
Moral Pajak
Peer-To-Peer Lending
Return on Asset (ROA), Third Party Funds (DPK), Musyarakah Financing, Fee Based Income, and Operational Expenses on Operational Revenue (BOPO).
Sanksi Pajak
issues
return on asset
soal pilihan ganda pengetahuan pajak