PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CSRD PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI (2010-2013)

Titi Setianingsih, Edi Joko Setyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.Variabel independen dalam penelitian ini adalah leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan dan variabel dependen penelitian ini adalah pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang listing di BEI tahun 2010-2013. Total perusahaan dalam penelitian ini sebanyak 18 perusahaan yang telah mengalami pengamatan selama 4 tahun. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari analisis dengan menggunakan metode analisis regresi berganda membuktikan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap CSRD. Sedangkan leverage dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap CSRD. Nilai dari regresi adjusted R2 sebesar 0,659. Hal itu berarti 65,9 persen dari variabel CSRD dapat dijelaskan oleh Leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan.
Kata kunci : Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan.

Full Text: 1-16

DOI: 10.30595/kompartemen.v12i1.1382

Copyright (c) 2017 KOMPARTEMEN

ISSN: 2579-8928