Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Impulsif Buying Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dalam Pembelian Produk Kecantikan The Effect Of Self-Control On Impulsive Buying In Students Of Muhammadiyah Purwokerto University In Purchasing Beauty Produ
Abstract
Self-control is the ability to control one's urge to give in to their desires. Impulsive buying is a pattern of action or an unplanned choice to buy a product or service. Before making a purchase, the decision to buy happens abruptly and without warning. This study aims to determine self-control of impulsive buying among students of Universitas Muhammadiyah Purwokerto. A questionnaire-based data collection method was used to gather the data in this study with 134 female students from various faculties (Faculty of Economics and Business, Faculty of Health Sciences, Faculty of Teacher Training and Education, Faculty of Pharmacy, Faculty of Islam Education, Faculty of Law, Faculty of Engineering, Faculty of Psychology and Faculty of Agriculture) at Universitas Muhammadiyah Purwokerto. The self-control scale instrument had a reliability value of 0.884, and the scale for impulsive buying had a reliability value of 0.851. Accidental sampling was employed to create the sample in this research. Based on research on the effect of self-control on impulsive buying among students of Universitas Muhammadiyah Purwokerto in Purchasing Beauty Products, F = 18,138 and T = 4,259 with a value of p = 0.000 0.05. Thus supporting the hypothesis that self-control affected impulsive buying among female students at Universitas Muhammadiyah Purwokerto. As shown, self-control effectively counteracts impulsivity to 12%, while 88.0% comes from additional factors that were not included in the study.
Kontrol diri merupakan perilaku yang menahan dirinya untuk keinginan dan hasrat seseorang dalam melakukan perilaku seperti halnya Impulsif buying adalah perilaku atau sebuah keputusan yang tidak terencana untuk membeli produk atau jasa. Keputusan untuk membeli ini terjadi secara tiba-tiba dan seketika sebelum melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontrol Diri Terhadap Impulsif Buying Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuisioner dengan responden 134 mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang tersebar di Fakultas Feb, Fikes, Fkip, Farmasi, Fai, Hukum, Tekhnik, Psikologi dan pertanian dengan instrument skala kontrol diri dengan nilai reliabilitas 0,884 dan skala impulsif buying dengan nilai reliabilitas 0,851. Sampel yang digunakan pada penelitian menggunakan Accidental sampling. Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan mengenai pengaruh control diri terhadap impulsif buying pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam Pembelian Produk Kecantikan dengan nilai F = 18.138 dan T = 4.259 dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Yang sehingga hipotesis diterima yaitu pengaruh kontrol diri terhadap impulsif buying pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Hal tersebut dapat diketahui 12% sumbangan efektif kontrol diri terhadap impulsif. Sedangkan 88.0% merupakan sumbangan dari faktor lainya yang tidak diteliti dalam penelitian.
Keywords
References
Averill, J. R. (1973). Personal Control Over Aversive Stimuli and its Relationship to Stress. Psychological Bulletin, 80, 286-303.
Azwar. (2010). Metode Penelitian (Edisi 1). Pustaka Belajar.
Baumeister, R. F., Sparks, E. A., Stillman, T. F., & Vohs, K. D. (2008). Free will in consumer behavior: Self-control, ego depletion, and choice. Journal of Consumer Psychology, 18, 4-13. doi: 10.1016/j.jcps.2007.10.002.
Henrietta, P. (2012). Impulsive buying pada dewasa awal di Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 11(2), 6.
Kusumadewi, S. Tuti, H. & Aditya N. P. (2012). Hubungan antara Dukungan Sosial Peer Group dan Kontrol Diri dengan Kepatuhan terhadap Peraturan pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo. Jurnal Ilmilah Psikologi Candrajiwa. Surakarta : Unversitas Sebelas Maret.
Nurjaman, j. (2017). variable dependent pembelian impulsif buying. academia.
Nurhaini, D. (2018). Pengaruh konsep diri dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif terhadap gadget. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 92-100.
rook, D. &. (1993). impulse buying's affective antecedents. 1
Sari, Dewi Permata. 2014. Analisis faktor‐Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang Dikeluarkan dan Orientasi Belanja sebagai Variabel Mediasi. Universitas Kristen Petra.http://www.petra.ac.id/.
Solomon, M. R. (2011). cunsumer behavior. person.
Solomon, M. R. 2002. Consumer Behavior, Buying, Having and Being. New Jersey: Prentice Hall
Praptani, S. (2013). Pengaruh kontrol diri terhadap agresivitas remaja dalam menghadapi konflik sebaya dan pemaknaan gender. Jurnal Sains dan Praktik psikologi. Magister UMM, 1 (1), 01-13.DOI: 10.30595/psimphoni.v4i2.16715
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2775-1805
Visitor Stats