Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Disabilitas
DOI:
https://doi.org/10.30595/psimphoni.v1i1.8083Keywords:
Penyesuaian diri, Mahasiswa, DisabilitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana penyesuaian diri pada mahasiswa disabilitas di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Informan penelitian ini sejumlah 6 informan, 3 informan primer yang merupakan mahasiswa disabilitas yang masih aktif berkuliah dan 3 informan sekunder merupakan teman terdekat informan primer.
Penelitian ini memakai metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Kredibilitas data menggunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian ini, dalam penyesuaian diri mahasiswa disabilitas terdapat tantangan yang dihadapi pada lingkungan kampus seperti menjalin hubungan pertemanan baru, perubahan sikap dan perilaku dari setiap informan, adanya perubahan cara pandang, berusaha lebih mandiri. Terdapat kendala pada pengerjaan tugas dan ujian. Dalam lingkungan kampus terdapat perbedaan hubungan pertemanan yaitu mengenai dukungan teman, hubungan timbal-balik serta kepercayaan teman. Adanya kekhawatiran yang sama yaitu berhubungan buruknya nilai yang diperoleh. Dalam menghadapi masalah yang ditemui setiap informan menceritakan masalah yang dihadapinya pada teman yang dipercaya dan berusaha mengatasi dengan caranya masing-masing.References
Fajria, A. R. (2018). Hubungan Antara Spiritualitas Dengan Resiliensi Pada Mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakatra. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4 (8), 396-406.
Fatimah, Enung. (2006). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Gunarsa, S. D. (2008). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Panduan Layanan Disabilitas Di Perguruan Tinggi. (2017). Ristckdikti.
Parmaksız , İ. (2019). Assertiveness as the Predictor of Adjustment to University Life amongst University Students . International Journal of Instruction, 12 (4).
Schneiders. (1964). Personal Adjusment and Mental Health. New York: Holt, Rinehart and Winston
Sholeh, A. (2015). Islam dan Penyandang Disabilitas: Telaah Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Palastren, 8 (2)
Sunarto, dan Hartono, A. (2008). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Republik Indonesia. 2016. Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Sekretariat Negara. Jakarta.
World Health Organization. (2011). Disabilities. Diakses 23 Desember 2019, dari https://www.who.int/topics/disabilities/en/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta untuk Penulis:
Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan memungkinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
Pemberitahuan Hak Cipta untuk Jurnal:
Hak cipta dari artikel yang diterima akan diberikan kepada jurnal sebagai penerbit jurnal. Hak cipta yang dimaksud meliputi hak untuk menerbitkan artikel dalam berbagai bentuk (termasuk cetak ulang). Jurnal mempertahankan hak penerbitan atas artikel yang diterbitkan.
Penulis diperbolehkan untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan dengan membagikan link/DOI artikel di jurnal. Penulis diperbolehkan untuk menggunakan artikel mereka untuk tujuan hukum yang dianggap perlu tanpa izin tertulis dari jurnal dengan pengakuan publikasi awal jurnal ini.