Bias Gender dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Banyumas

Nur Tabah Setianingsih, Anjar Nugroho

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk bias gender yang terdapat pada bku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan objek penelitian yaitu buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX SMP/Mts. Metode pengumpulan data dokumentasi. Analisis data menggunakan induksi data dan deskripsi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat bentuk bias gender pada buku teks Pendidikan Agama Islam  dan Budi Pekerti Kelas IX SMP dan MTs, ditandai dengan a) penggunaan kalimat atau kata yang menunjukan klasifikasi peran sosial, politik, ekonomi dan pendidikan berdasarkan jenis kelamin; b) penggunakan kata atau kalimat yang melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Ada beberapa yang dapat dilakukan untuk terwujudnya pendidikan yang berkeadilan gender, yaitu: memberlakukan keadilan gender dalam pendidikan dan menghilangkan perlakukan pembedaan pada peeserta didik; mengupayakan keadilan gender dikalangan staf dan pimpinan sekolah sebagai contoh kepada peserta didik; dan meredam sebab-sebab terjadinya kekerasan dan diskriminasi yang dilakukan melalui materi pengetahuan yang diajarkan, proses belajar yang dilakukan, dan menentang segala ide serta pemikiran yang mengandung stereotip negatif gender.

Keywords


Gender; Bias gender; Pendidikan Agama Islam

References


Ai Ratna Kusuma, M. N. (2019). Studi Tentang Kesetaraan Gender dalam Karier Aparatur Sipil Negara di Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kutai Timur. eJournal Pemerintahan Integratif, 75.

Aisyah, N. (2013). Relasi Gender dalam Institusi Keluarga (Pandangan Toeri Sosial dan Feminis). Jurnal Muwazah, 211.

Astuti, I. Y. (2020). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam Menurut Fatima Mernissi dan KH Husein Muhammad . Diss. IAIN SALATIGA, 34.

Dzuhayatin, S. R. (2001). Gender and Pluralism in Indonesia. The politics of Multikulutralism: Pluralism and citizenship in Malaysia, Singapore and Indonesia, 253-267.

Efendy, R. (2014). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan. Maiyyah: Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 153.

Faizain, K. (2012). Menginntip Feminisme dan Gerakan Perempuan. Egalita, 6.

Hami, E. d. (2015). Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sman 1 Panca Lautang Sidrap. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 144.

Hermanto, A. (2017). Teori Gender dalam Mewujudkan Kesetaraan; Menggagas Fikih Baru. Ahkam; Jurnal Hukum Islam, 212.

Irsad, M. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah (Studi Atas Pemikiran MUhaimin). Jurnal Iqra: Kajian Ilmu Pendidikan.

Kholik, N. (2017). Peranan Sekolah Sebagai Lembaga Ppengembangan Pendidikan Mulikultural. Jurnal Tawadhu, 253.

Khotimah, K. (2008). Urgensi Kurikulum Gender dalam Pendidikan. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 420-533.

Munfarida, E. (2016). Perempuan dalam Tafsir Fatima Mernissi. Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 25.

Muqoyyidin, A. W. (2013). Wacana Kesetaraan Gender Pemikiran Islam Kontemporer Tentang gerakan Feminisme Islam. Al-Ulum.

Parashakti, R. D. (2015). Perbedaan Gaya Kepemimpinan Dalam Perspektif Maskulin dan Feminin. Jurnal Ilmiah Manaemen dan Bisnis Buasa.

Patmonodewo, S. (2000). Pendidikan Anak Prasekolah. Rineka Cipta Bekerjasama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 111.

Purnasarjani, Z. (2019). Sinergi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Rohani Islam (ROHIS) Dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Siswa di SMA Negeri 4 Kendari. Diss IAIN Kendari, 75.

Puspitawati, H. (2013). Konsep, Teori dan Analisis Gender. Boor Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian, 6.

Rokhimah, S. (2014). Patriarkhisme dan Ketidakadilan Gender. Jurnal Muwazah, 139.

Sopari, A. (2013). Gender dan Kependudukan Serta Implikasinya dalam Pembangunan di Indonesia. Yogyakarta Universitas Gajah Mada, 7.

Warliah, W. (2017). Pendidikan Berbasis Gender Awareness; Strategi Meminimalisir Bias Gender di Pondok Pesantren. Jurnal ISlam Nusantara, 122.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v1i2.10125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101