Kultur Sekolah dalam Peningkatan Perilaku Keagamaan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Purwokerto

Khusminatun Khusminatun, Makhful Makhful

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kultur sekolah dalam peningkatan perilaku keagamaan siswa serta faktor pendukung dan penghambatnya di SMK N 2 Purwokerto Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif yang di dalamnya mendeskripsikan mengenai kultur sekolah dalam peningkatan perilaku keagamaan siswa di SMK N 2 Purwokerto. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa kultur sekolah di SMK N 2 Purwokerto dalam peningkatan perilaku keagamaan siswa yaitu salat Dzuhur dan Ashar berjamaah, tadarus Al-Qur’an, salat Dhuha, salat Jum’at berjamaah dan Infaq setiap hari. Kultur sekolah berperan dalam peningkatan perilaku keagamaan siswa, hal ini dapat dilihat dari perubahan perilaku siswa menjadi lebih baik, disiplin waktu, lebih peduli terhadap lingkungan sekitar karena terbiasa salat tepat waktu, membaca Al-Qur’an, salat Dhuha dan berinfaq setiap hari. Faktor pendukung pelaksanaan kultur sekolah dalam peningkatan perilaku keagamaan siswa antara lain 1) dukungan orang tua, 2) manajemen sekolah, 3) lingkungan sekitar 4) seleksi yang ketat untuk calon siswa baru dan 5) faktor dari diri sendiri. Faktor penghambatnya yaitu 1) usia remaja dan 2) pengaruh teman sebaya.


Keywords


Kultur sekolah; Perilaku keagamaan; Keagamaan siswa

References


Arbangi. 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: K E N C A N A

Faiz, A. R. (2017). Pengaruh lingkungan sosial dan kepribadian siswa terhadap perilaku keagamaan siswa kelas x smkn 1 ponorogo tahun pelajaran 2016/2017. 1–89.

Fauzi, A., & Mujibudda’wah, M. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Perilaku Sosial Dan Keagamaan Siswa. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(2), 146–162.

Ilmasari, F., & Alhadi, S. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kultur Sekolah Di Sd Muhammadiyah. 2(1), 19–27.

Letteresa, F. E., & Erviana, V. Y. (2019). Implementasi Kultur Sekolah Dalam Membangun Karakter Religius Bagi Siswa Sd Muhammadiyah Argosari. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 1(1), 326–338.

Maisyaroh, U. (2015). Pelaksanaan Budaya Sekolah Dalam Peningkatan Perilaku Keagamaan. 1–43.

Masnaiyah, H. (2016). Prestasi Belajar dan Perilaku Keagamaan Siswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(1), 119–132. https://doi.org/10.33367/psi.v1i1.242

Muhaimin. 2012. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Nuriyanto, L. K. (2015). Pengaruh Implementasi Pendidikan Agama Terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik Sma Di Bawah Yayasan Keagamaan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 13(3). https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i3.249

Pambudi, R. (2019). Kontribusi Khutbah Jum’at Terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat.

Sali, Darsono Yasin. 2018. Meneguhkan Nilai Keislaman-KeIndonesiaan. 2018. Yogyakarta:Penerbit Deepublish.

Sandi Pratama, Arifuddin Siraj, M. Y. (2019). Pengaruh Budaya Religius Dan Self Regulated Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa. 331–346.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumar, Warni Tune. 2018. Strategi Pemimpin Dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Budaya Kearifan Lokal (Budaya Huyula). Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Syamsudin. (2019). Peran Kultur Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan PrestasiBelajar Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pambudi, R. (2019). Kontribusi Khutbah Jum’at Terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat.

Zamroni. 2016. Kultur Sekolah. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v1i2.10129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101