Evaluasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Daring

Pangesti Gagat Wahyuningsih, Sriyanto Sriyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI SMA Muhammadiyah Purbalingga dan guru PAI SMA Muhammadiyah sokaraja. Metode pengumpulan data berupa wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi guru PAI dalam pembelajaran daring adalah dilihat dari perolehan skor setiap indikator dari responden mayoritas memperoleh skor 4 dan dari 15 indikator soal dan berdasarkan analisis menggunakan parameter evaluasi guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran daring diperoleh skor total dari kedua responden adalah 55 dan 57 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil evaluasi guru PAI dalam pembelajaran daring menunjukan kriteria yang cukup efektif. Selanjutnya jika dilihat berdasarkan hasil penelitian dokumentasi dapat disimpulkan bahwa masih kurangnya tingkat profesionalitas guru PAI, dan kreatifitas guru PAI dalam tahap persiapan dan mengkreasikan media pembelajaran.


Keywords


Evaluasi; Guru PAI; Pembelajaran daring

References


Annisa, A. (2021). Tantangan Guru dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.

Arikunto, S. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 7 No. 4.

Baharuddin. 2017. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Febriana, R. (2019). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta.

Ihsanuddin, A. (2015). Implementasi Supervisi Pengawas PAI Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI SD Di Kecamatan Berbah Sleman. IAIN Surakarta: Tesis.

Ismail, I. 2020. Asesment dan Evaluasi Pembelajaran. Makasar: Cendekia Publisher.

Jentoro, J., Yusro, N., Yanuarti, E., Karolina, A., & Deriwanto, D. (2020). Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-nilai Islam Wasatiyah Siswa. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(1), 46-58.

Mahmudah, M., Rusmayani, R., & Arifin, H. N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar No. 1 Seminyak. Faidatuna, 1(1), 58-80.

Milla, H., Yusuf, E., Suharmi, S., Zufiyardi, Z., Efendi, R., & Annisa, A. (2021). Analysis of the Implementation of Online Learning During Covid-19. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(4), 538-544.

Muchith, M. S. (2017). Guru PAI yang Profesional. Quality, 4(2), 200-217.

Muhaemin, M., & Mubarok, R. (2020). Upgrade Kompetensi Guru PAI Dalam Merespon Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 75-82.

Permendikbud. Nomor 36962/MPK/HK/2020. Pembelajaran Secara Daring Dan Bekerja Dari Rumah Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Pratami, F., & Siregar, S. D. (2020). Optimalisasi Peran Guru Pai Terhadap Hasil Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19. Edu Global: Jurnal Pendidikan …, 1(1), 25–35.

Pratami, F., & Siregar, S. D. (2020). Optimalisasi Peran Guru Pai Terhadap Hasil Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19. Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 25–35.

Rukajat, A. 2018. Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Depublisher.

Sadikin, Ali & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 2.

Sawaluddin. 2018. Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Al-Thariqah Vol. 3, No. 1

Solikah, S., Jannah, S. R., & Gunawan, G. (2020). Professionalism of Islamic Religious Education Teachers in Fostering the Morals of Students. Journal of Research in Islamic Education. Vol 2 (1)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahfitri, dkk. 2020. Implementasi E-Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dimasa Pandemi Covid-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1, No. 1.

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 5 (1).

Widoyoko, E, P. 2019. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wuladari, dkk. 2020. Analisis Pembelajaran “Daring” Pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, Vol. 7, No. 2.

Wulandari, G. H. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Daring (Studi Kasus Di Smp Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v2i2.10940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101