Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Fikih

Catur Wachyu Hernanda, M Makhrus

Abstract


Adanya pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) mengakibatkan pembelajaran fikih di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Purwokerto dilakukan secara jarak jauh, sehingga media yang digunakan harus sesuai dengan kondisi yang terjadi, yaitu dengan memanfaatkan media E-learning. Penelitian bertujuan untuk mengkaji bagaimana penggunaan serta apa saja faktor pendukung dan penghambat terhadap media pembelajaran E-learning yang digunakan pada mata pelajaran fikih. Jenis penelitian merupakan penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data diantaranya wawancara, kuisioner, dan dokumentasi, selanjutnya analisis data melalui proses redukasi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaannya, guru menyampaikan materi berupa teks maupun video melalui Whatsapp dan Google Classroom sedangkan evaluasi pembelajaran fikih dilakukan dengan cara memberikan soal kepada siswa melalui Google Form, dengan hasil presentase 58,1% siswa dapat memahami pembelajaran fikih yang disampaikan melalui media berbasis E-learning. Walaupun siswa paham terhadap materi, tetapi sebagai guru harus tetap berupaya agar proses evaluasi dapat berjalan dengan baik, karena dalam penelitian ditemukan sekitar 10,3% siswa sangat setuju untuk leluasa mencontek, adapun faktor pendukung dalam penggunaan E-learning yaitu penguasaan IT yang harus dimiliki oleh setiap guru, dalam hal ini sekolah mengadakan program In House Training terkait pembelajaran online. Sedangkan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran fikih yaitu, sinyal dan keadaan ekonomi orang tua.


Keywords


Penggunaan media pembelajaran; Media e-learning; Pembelajaran; Fikih

References


Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran P4(1), 24–31.

Ainiyah, N., & Wibawa, N. H. H. P. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Arsyad, A. (2007). Media Pemb endidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, elajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).

Effendi, E., & Zhuang, H. (2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Andi.

Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas Dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1), 89–102.

Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. CV IRDH.

Munirah. (2016). Petunjuk alquran tentang belajar dan pembelajaran. 19(1), 42–51.

Ramli, M. (2015). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-quran dan Al-Hadis. 13(23), 130–154.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. SISDIKNAS. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.

Sulaeman, A., Darodjat, D., & Makhrus, M. (2020). Information and Communication Technology dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 81–95.

Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 13(113), 110–127.

Wahyuningsih, P. G., & Darodjat, D. (2021). Evaluasi Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Saintifik di SMP Negeri 1 Kertanegara. Alhamra: Jurnal Studi Islam, 2(1), 50–61.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v3i1.11856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101