Internalisasi Nilai-Nilai Religius Melalui Blended Learning

Siti Fatimah, Eliyanto Eliyanto, Alfi Nurul Huda

Abstract


Nilai-nilai religius menjadi salah satu nilai pendidikan karakter yang sangat penting karena menjadi pedoman bagi setiap individu dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis internalisasi nilai-nilai religius peserta didik melalui model blended learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.  Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Pejagoan Kebumen. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran PAI melalui model blended learning dikombinasikan dengan menggunakan berbagai variasi model dan metode pembelajaran seperti penggunaan model problem-based learning, metode pembiasaan, metode demonstrasi, metode praktik, metode diskusi, dan mind mapping. Beberapa penanaman nilai-nilai religius yang telah dikembangkan adalah pembiasaan 3S, membaca asmaul husna, berdoa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran dan aktivitas, pembiasaan hidup bersih dan sehat, pembiasaan sholat wajib dan sunah, pembiasaan bersedekah, dan pembiasaan membaca Al-Quran. Sebagai penguat dalam mengembangkan nilai-nilai religius peserta didik, guru juga menggunakan metode motivasi dan nasihat serta keteladanan dalam membentuk karakter religius peserta didik. 


Keywords


Internalisasi; Nilai-nilai religius; Blended earning; Pembelajaran PAI

References


Aisyah, D.W., Gipayana, M., Djatmika, E.T. (2017). Mengembangkan Kebermaknaan Belajar dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teaching. Prosiding Universitas Negeri Malang. 1-8.

Akhwani, & Romdloni, M. A. (2021). Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di SD. Indonesian Journal of Primary Education. Vol 5(1). 1–12.

Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Implementasi Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Religus Anak. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. Vol 18 (2): 132-146.

Annur, A., Kurnianto, R., & Rohmadi, R. (2018). Penerapan Karakter Religius pada Peserta Didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. TARBAWI: Journal on Islamic Education. Vol 2(2), 1–11.

Ayuhana, M.M. (2015). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Indonesia (Analisis Tujuan Dan Materi Ajar Kurikulum 1994, 2004, 2006, 2013). Jurnal Tarbawi. Vol 12 (2): 169-184.

Dwiputro, R.M., Indra, H., & Rosyadi, A.R. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rayah Al-Islam: Jurnal Ilmu Islam. Vol 5 (2): 247-263.

Fatimah, S. & Mahmudah, U. (2020). How E-Learning Affects Students' Mental Health During Covid-19 Pandemic: An Empirical Study. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik. Vol 4 (1): 114-124.

Fatimah, S., Subarkah, I., Muntaha, D., & Farida, I. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran PAI Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Materi Munaqahat. Jurnal Kasta: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya, dan Terapan. Vol 1 (1): 75-82.

Fermadi, B. (2020). Humanisme Sebagai Dasar Pembentukan Etika Religius; Dalam Perspektif Ibnu Athā’illah Al-Sakandarī. Jurnal Islam Nusantara. Vol 2(1), 72–89.

Hasibuan, D. (2022). Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran. Hibrul Ulama: Jurnal Ilmu Penidikan dan Keislaman. Vol4 (1): 110.

https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa.

https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/dilema-pendidikan-karakter-di-tengah-pandemi-covid-19.

Khoiruddin, M.A., & Sholekah, D.D. (2019). Islamic Religion Education Implementation in Forming Student Religious Characters. Jurnal Pedagogik. Vol 6 (1): 123-144.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education. Vol 4 (1): 17-26.

Lestari, T., Sutarto, & Dedi, S. (2020). Pola Pengembangan Karakter Religius Aspek Ibadah dan Akhlak pada Siswa di SMPIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam. Vol 19 (1): 169-194.

Mahmudiyah, A., Mulyadi. (2021). Pembentukan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal. Vol 2 (2): 22-72.

Majid, A., & Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miftahurrohmah & Fatimah, S. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Shalat Pada Mata Pelajaran Pai Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas VII SMP Islam Ulil Albab. Jurnal PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, Vol 1(1), 23-32.

Muamanah, H., & Suyadi. (2020). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 5 (1)161-180.

Nugraha, D.M.D.P. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Penerapan Blended Learning Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3 (3): 472-484.

Nursyahidin, R., Rohman, A., Febriyanti, N. (2021). Learning Innovation of Islamic Education in Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 18 (1): 145-166.

Rahmi, M.N., Rohmah, M., & Wulandari, L. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Sepuluh November Sidoharjo. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam. Vol 5 (2): 158-168.

Rohmadi. (2019). Penerapan Pendekatan Saintif Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran PAI. Jurnal PAI Raden Fatah. Vol 1 (3): 371-390.

Rusadi, B.E. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education. Vol 1 (2): 248-260.

Setiawan, A. (2019). Conceptual of Blended Learning as Islamic Education Study Program Learning Reform Action in Digital Era 4.0. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education). Vol 7 (2). 119-129.

Solehudin, A., Muhammad, D.H., Nali. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PAI Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas XI SMK Raden Sa’id Sunan Kalijaga. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 4 (1): 351-367.

Stein, J. & Graham, C.R. (2020). Essentials for Blended Learning: A
Standards-Based Guide
, Routledge.

Sugianto, H. (2022). PAI Learning Innovation on Mapel Fiqh. Jurnal Pedagogik. Vol 7 (2): 429-458.

Suryandari, K.C., Sajidan, Rahardjo, S.B., Prasetyo, Z.K., & Fatimah, S. (2017). The Analysis of High Order Thinking Skill (HOTs) on Science Learning Using Project Based Learning Model. In Proceedings of the 1st International Conference on Educational Sciences (ICES 2017) - Volume 1, pages 97-103.

Suwahyu, I., & Rahman, A. (2022). Pemanfaatan Media Daring Pada Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid 19. INTEC Journal: Information Technology Education Journal. Vol 1 (1): 110-115.

Tampubolon, S.M. (2014). Pendidik Karakter yang Memotivasi dan Menginspirasi. Humaniora. Vol 5 (1): 510-520.

Tholibin, Muhammad, D.H. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Zainul Falah. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 4 (1): 321-332.

Ulandari, R., Rahman, A., Busrah, Z. (2021). Youtube sebagai Media Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Al Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 19 (1): 17-30.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v3i2.14569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101