Analisis Perbandingan Thomas Aquinas dan Al-Farabi dalam Konsep Kebahagiaan untuk Membentuk Negara Ideal

Pramono Muhamad Fajar, Latief Mohammad, Nugroho Allam Setiawan, Khoffifa Assakhyyu Qorib

Abstract


Penulisan artikel ini bermula bedasarkan kesalahpahaman manusia modern dalam mengartikan konsep kebahagiaan yang sesungguhnya. Masyarakat modern menganggap bahwa kebahagiaan bersifat materil. Penulisan artikel ini akan membahas perbandingan konsep kebahagiaan Thomas Aquinas dan konsep kebahagiaan Al-Farabi yang dapat menjadi asumsi dasar dalam membentuk negara Ideal. Untuk itu penulisan artikel ini merekontruksi pemahaman kebahagiaan yang sesungguhnya, Yaitu sebuah kebahagiaan yang menjadi tujuan akhir dalam kehidupan. Sebuah kebahagiaan yang berorientasi dengan Tuhan. Sebuah kebahagiaan yang tidak bersifat sementara melainkan sebuah kebahagiaan yang bersifat abadi. Selain itu Konsep kebahagiaan antara kedua tokoh tersebut mampu mengantarkan masyarakat dalam membentuk negara ideal. Negara menurut Thomas Aquinas dan Al-Farabi menjadi wadah manusia dalam mengorientaskan jalan menuju kebahagiaan. Untuk itu, makalah ini akan membahas konsep kebahagiaan menurut Thomas Aquinas, dan Al-Farabi yang mampu menjadi relevansi untuk membentuk sebuah negara ideal. Negara ideal yang didukung dengan tujuan Bersama yanitu menuju kebahagiaan yang hakiki. Dimana kebahagiaan yang hakiki ini didukung dengan moralitas yang sesuai dengan ajaran Tuhan. Untuk menyelesaikan artikel ini penulis mengugunakan metode deskriptif analisis guna mendeskripsikan dan menganalisa konsep kebahagiaan kedua tokoh dan mengimplementasikan untuk membentuk negara ideal. 


Keywords


Kebahagiaan; Negara ideal; Ketuhanan; Masyarakat modern

References


Abu Nashr Al-Farabi. (1987). Tanbih ’Ala Sabil Al-Sa’adah. Yordania: Amman: University Yordania.

Abu Nashr Al-Farabi. (1995). Tahshil Al-Sa’adah. Lebanon-Beirut: Dar Wa Maktabah Al-Hilal.

Abu Nasr Al-Farabi. (1906). Ara Ahlu Al-Madinah Al-Fadhilah (1st Ed.). Al-Azhar.

Ada, M.-J., Ada, J. A., & Egomo, J. E. (2011). Saint Thomas Aquinas Theories On Man, Society, Government, Law And Applicability Of These Ideas In The Administration Of Nigerian Secondary Schools.

Ahmad Amin & Zaki Najib Mahmud. (1959). Qissat Al-Falsafah Al-Hadithah. Kairo: Matba’ah Lajnah At-Ta’lif Wa Al-Tarjamah.

Ahmad Mahmud Subhi. (N.D.). Al-Falsafah Al-Akhlaqiyah Fii Al-Fikr Al-Islamiyah. Mesir: Daar Al-Ma’arif.

Al-Farabi. (1991). Ihsa’ Al-’Ulum. Beirut: Markaz Al-Anha’ Al-Qaumi.

Aquinas, T. (2012). Tokoh Filsafat Barat Pada Abad Pertengahan. Thomas Aquinas.

Bagus Brahma Putra, G., & Sudibia, I. K. (2018). Faktor-Faktor Penentu Kebahagiaan Sesuai Dengan Kearifan Lokal Di Bali. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 79. Https://Doi.Org/10.24843/Eeb.2019.V08.I01.P05

Gultom, A. F. (2016). Iman Dengan Akal Dan Etika Menurut Thomas Aquinas. Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 16.

Kurniawan, P. (2018). Masyarakat Dan Negara Menurut Al-Farabi. Jurnal El-Qanuniy: Jurnal Ilmu-Ilmu Kesyariahan Dan Pranata Sosial, 4(1), 101–115. Https://Doi.Org/10.24952/El-Qonuniy.V4i1.1830

Lie, B. (2011). Kebahagiaan Dan Kebaikan-Kebaikan Eksternal: Sebuah Perbandingan Antara Filsafat Stoa Dan Kristen. Veritas, 12(2).

Magnis-Suseno, F. (1988). Etika Politik: Prinsip-Prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern (Cet. 2). Jakarta: Gramedia.

Mahendra, R. B. (2021). Analisis Komparatif Pemikiran Filsafat Politik Al-Farabi Dan Platon. Refleksi Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam, 20(2), 114. Https://Doi.Org/10.14421/Ref.2020.2002-01

Mahmuda. (2017). Konsep Negara Ideal/Utama (Al-Madīnah Al-Fāḍilah) Menurut Al-Farabi (Thesis). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Mares, M. (2018). The Concept Of The Society And The State And Its Individual Members—Thomas Aquinas, Immanuel Kant &Amp; Karl Marx—Historical Perspective. Https://Doi.Org/10.13140/Rg.2.2.27393.30568

Mcginn, B. (2014). Thomas Aquinas’s “Summa Theologiae.” Princenton University Press.

Michael Stausberg & Steven Engler. (2011). The Routledge Handbook Of Research Methods In The Study Of Religion. London : New York: Routladge.

Mircea Eliade. (1987). The Encyclopedia Of Religion. London: Macmillan Publishing Compay.

Moh. Asy’ari Muthhar. (2018). The Ideal State (Perspektif Al-Farabi Tentang Konsep Negara Ideal). Yogyakarta: Ircisod.

Muhammad Taufiq. (2020). Filsafat Barat Era Skolastik (Telaah Kritis Pemikiran Thomas Aquinas). 19(2).

Muhammad Yusuf Musa. (1963). Filsafat Akhlak Fi Al-Islam. Kairo: Mu’assasah Al-Khanji.

Mursidin, I. I. (2020). Philosophical Thought Of Al-Kindi And Al-Farabi. Jurnal Al-Dustur : Journal Of Politic And Islamic Law, 3(1). Https://Doi.Org/10.30863/Jad.V3i1.718

Nana Syaodih Sukmadinata. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nature As Reason. (2005). Cambridge: Wm. B. Eerdmans Publishing Co.

Osman Bakar. (N.D.). Hierarki Ilmu: Membangun Rangka Pikir Islamisasi Ilmu Menurut Al-Farabi, Al-Ghazali, Qutb Al-Din Al-Syirazi (Terj. Purwanto). Bandung: Mizan.

Pramono, M. F., & Maulidia, R. (2022). Konsep Negara Utama Dan Hubungannya Dengan Kebahagiaan Menurut Al-Farabi. 8(4).

Putra, A. (2020). Analisis Dan Evaluasi Terhadap Pandangan Thomas Aquinas Tentang Gambar Allah. Manna Rafflesia, 7(1), 45–64. Https://Doi.Org/10.38091/Man_Raf.V7i1.128

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.

Rusfian Effendi. (2017). Filsafat Kebahagiaan (Plato, Aristoteles, Al-Ghazali, Al-Farabi). Yogyakarta: Deepublish.

S. B. Bevans. (N.D.). Teologi Dalam Persppektif Global. Ledalero, Maumere.

Said, A. (2019). Filsafat Politik Al-Farabi. Indonesian Journal Of Islamic Theology And Philosophy, 1(1), 63–78. Https://Doi.Org/10.24042/Ijitp.V1i1.4097

Samsiyah, U. (2022). Konsep Negara Dalam Filsafat Politik Al-Farabi Dan Kontekstualisasinya Di Indonesia. Refleksi Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam, 21(1), 19. Https://Doi.Org/10.14421/Ref.2021.2101-02

Sirajuddin Zarr. (2007). Filsafat Islam, Filosof Dan Filsafatnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada Press.

Sumanto, E. (2017). Pemikiran Filsafat Politik (Studi Komperatif Al-Farabi Dengan Thomas Aquinas). El-Afkar, 6(2).

Sunaryo. (2018). Konsep Negara Utama Al-Farabi Dan Relevansinya. Diskursus - Jurnal Filsafat Dan Teologi Stf Driyarkara, 17(1), 55–78. Https://Doi.Org/10.36383/Diskursus.V17i1.183

Tinambunan Kristoforus Bala. (2014). Dimana Letak Kebahagiaan? Penderitaan, Harta, Paradoksnya (Tinjauan Filososfis Teologis) (Vol. 24). Malang: Stft Widya Sasana.

Wahono. (1997). Perjalanan Menuju Kebahagiaan Sejati (Filsafat Moral Thomas Aquinas). Jurnal Filsafat.

Yamani. (2002). Antara Al-Farabi Dan Khomaini, Filsafat Politik Islam. Bandung: Mizan.

Yorifan, C. F. (N.D.). Menjadi Warga Negara Yang Baik Ditinjau Dari Sudut Pandang Dalam Etika Thomas Aquinas. Stkip.

Zainal Abidin Ahmad. (1968). Negara Utama (Madinah Al-Fadhilah). Jakarta: Kinta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v5i1.18079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101