Hijab dan Kontestasi Citra Perempuan dalam Ruang Publik

Roudhotul Mahfudhoh

Abstract


Penelitian ini menyajikan sorotan mendalam terhadap peran hijab sebagai simbol identitas perempuan dalam perang gambar di panggung ruang publik. Melalui pertanyaan-pertanyaan tajam, penelitian ini menyelidiki bagaimana hijab mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap esensi identitas perempuan, serta mengupas lapisan kompleksitas dalam pertarungan citra perempuan di arena publik. Dalam perubahan dinamika sosial dan budaya yang cepat, penelitian ini tidak hanya relevan, tetapi juga esensial dalam pelestarian kisah-kisah yang tersembunyi di balik pakaian dan representasi perempuan. Keunggulan penelitian ini terletak pada dorongan mendalam untuk memahami dampak hijab terhadap perspektif masyarakat terhadap citra perempuan, sambil meneliti dengan cermat dinamika ketegangan citra perempuan di panggung ruang publik. Hasil penelitian diantisipasi untuk menghadirkan pandangan yang lebih tajam dan pemahaman yang lebih kaya terhadap peran hijab dalam membentuk identitas perempuan, dan bagaimana citra perempuan berkembang atau bertahan dalam sorotan publik. Dengan fokus pada analisis interaksi sosial dan dampak hijab terhadap representasi perempuan, penelitian ini menjelajahi wilayah baru dengan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis konten media massa. Harapannya, penelitian ini tidak hanya menjadi jendela pembuka terhadap kompleksitas hubungan antara hijab, identitas perempuan, dan pertarungan citra, tetapi juga memberikan kontribusi berharga untuk melangkah maju dalam pemikiran mengenai keberagaman dan kompleksitas identitas perempuan di masyarakat tengah-tengah kontemporer.

Keywords


Hijab; Kontestasi; Budaya Islam

References


Ahmada, Adila Nida. (2023). Perlindungan Terhadap Pelanggaran Hak Asasi Manusia Kepada Pekerja Perempuan Berhijab Dalam Sektor Industri. Jurnal Ilmiah Research Student 1 (1): 90–97. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i1.22.

Amna, Afina. (2019). Hijrah Artis sebagai Komodifikasi Agama. Jurnal Sosiologi Reflektif 13 (2): 331–50. https://doi.org/10.14421/jsr.v13i12.1531.

Anggrian, Mayang. (2018). Komodifikasi Hijab Dalam Budaya Visual di Indonesia. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa Dan Desain 22 (1). https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/380.

Annisa, Firly. (2018). Hijrah Milenial: Antara Kesalehan dan Populism. MAARIF 13 (1): 38–54. https://doi.org/10.47651/mrf.v13i1.11.

Arafah, Siti. (2019). Jilbab: Identitas Perempuan Muslimah dan Tren Busana, MIMIKRI 5 (1): 31–38.

Arimbi, Diah Ariani. (2018). Memahami Penulis Perempuan Muslim Kontemporer Indonesia. Airlangga University Press.

Damayanti, Sri Ika (2023). Perkembangan Desain Busana Muslim dalam Tinjauan Sosiologis, Corak Jurnal Seni Kriya. 3(1), 53-63. Retrieved from https://journal.isi.ac.id/index.php/corak/article/view/2344.

Haryono, Cosmas Gatot. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).

Hasbullah, Moeflich. (2017). Islam & Transformasi Masyarakat Nusantara. Prenada Media.

Kurniati, Juliana. Yuliani, F. Safitra, L. (2023). Selfie Jilbab: Produksi Identitas Virtual Perempuan di Instagram, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 7(3), 1821-1828. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v7i3.4568

Ilhami, M. R, Ziyadatul H, Muhammad AHP, Rusmaniah R. Muhammad RNH. (2022). Sikap Remaja Bercadar terhadap Stigma Masyarakat. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia 8 (3): 87–95. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7858.

Maghfirah, Moona. (2020). Representasi Perempuan Muslim Pada Iklan Amerika: Abilitas, Egaliter, dan Resistensi. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner 5 (1): 17–46. https://doi.org/10.14421/jkii.v5i1.1137.

Meidy, Refi Fadhilah, Dwi Suhartanto, dan Widi Senalasari. (2020). Keterlibatan Pemasaran Elektronik Mulut Ke Mulut Melalui Media Sosial Instagram: Bukti Empiris Dari E-Commerce Hijup. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar 11 (1): 1060–65. https://doi.org/10.35313/irwns.v11i1.2164.

Paramita, Nyoman Dewi Pradnya. (2018). Representasi Perempuan cantik Dalam Iklan: Studi Kasus Isam Wardah di Televisi. Thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44758.

Putra, Wiene Surya. (2023). Kebebasan Beragama Dan Kontroversi Hijab: Sebuah Perspektif Hak Asasi Manusia. Jurnal Landraad 2 (1): 51–63.

Rahman, M. T, Erni H, dan Mochamad Z. (2021). Moderasi Beragama Penyuluh Perempuan: Konsep dan Implementasi. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sabrina, Rahmah, (2021). “Perubahan Sosial Dalam Tradisi Kesopanan Masyarakat Kota Banda Aceh.” Masters, UIN Ar-Raniry. http://repository.ar-raniry.ac.id.

Saraswati, LA. (2019). Negosiasi Identitas Perempuan Muslim Hijabers Community: Studi Kasus pada Brand Ria Miranda. Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal (BECOSS) 1 (1): 91–98. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v1i1.5980

Samsul Bahri, M. Ag, dan M. Ag Mairida. (2022). Cadar dalam Perdebatan, Hasil Interpretasi Kitab Suci atau Produk Budaya? Disunting oleh Lc Yusnaidi. Vol. 1. Medan: Merdeka Kreasi. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22535/.

Suherman, Ansar. (2020). Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi. Deepublish.

Yunus, Rabina. (2022). Analisis Gender terhadap Fenomena Sosial. Humanities Genius.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v5i1.19567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101