Transformasi Praktik Keagamaan di Era Media Sosial: Khatmil Qur’an Online di Kalangan Pemuda Muslim

Authors

  • Nabila Tussa’banniya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Moch. Ainul Yaqin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30595/ajsi.v6i1.24698

Keywords:

Khatmil Qur’an; Agama digital; Transformasi sosial

Abstract

Transformasi digital telah membawa perubahan signifikan dalam praktik keagamaan umat Islam, termasuk dalam kegiatan khatmil Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk, makna, dan fungsi baru dari praktik khatmil Qur’an yang dilakukan secara daring oleh kalangan pemuda Muslim melalui media sosial. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode observasi dan wawancara terhadap pemuda Muslim berusia 18–30 tahun yang aktif dalam kegiatan khatmil Qur’an online. Dengan menggunakan teori diskursif Talal Asad, hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik ini bukan sekadar aktivitas membaca al-Qur’an, tetapi juga menjadi sarana membangun ruang spiritual kolektif, memperkuat identitas keagamaan, dan menjaga solidaritas sosial di tengah keterbatasan geografis. Praktik ini memperlihatkan fleksibilitas dalam menjalankan ritual keagamaan serta kemampuan umat Islam dalam mengadaptasi norma dan simbol keagamaan ke dalam ruang digital. Dengan demikian, Khatmil Qur’an online mencerminkan transformasi agama menuju bentuk agama digital yang dinamis dan kontekstual.

References

Afrouz, M. (2019). How Different Muslim Translators Render the Holy Qur’an into English? The Case Study of Sunni, Shia and ‘neither Sunni nor Shia’ Translators,. 1–14.

Alaudin, S. F., & Firdaus, F. (2024). Relevansi Pembiasaan Taḥfīẓul Qur’ān dalam Membentuk Karakter Religius pada Kader Muhammadiyah di Panti Asuhan Muhammadiyah Ajibarang Banyumas. Alhamra Jurnal Studi Islam, 5(1), 31. https://doi.org/10.30595/ajsi.v5i1.19606

Asad, T. (1993). Genealogies of Religion: Discipline and Reasons of Power in Christianity and Islam. The Johns Hopkins University Press.

Asad, T. (2009). The Idea of an Anthropology of Islam. Qui Parle, 17 no. 2.

Bahruddin. (2019). Epistimologi Teks Dan Konteks Dalam Memahami Al-Qur’an. Al-Mutsla, 1 no. 1, 3–13.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–111.

Campbell, H. A., & Tsuria, R. (2021). Digital Religion: Understanding Religious Practice in Digital Media. NY: Routledge.

Campbell Sheldon Zachary, H. A. (2021). Community.

Ellyda, R., & Muna, N. (2021). Tradition Changes in the Khataman Al-Qur’an in Kediri Region. Proceedings of International Conference on Da’wa and Communication, 3 no. 1, 189–198.

Grant, A. E. (2019). Religion Online [2 Volumes]: How Digital Technology Is Changing the Way We Worship and Pray [2 Volumes]. Bloomsbury Publishing USA.

Hadis: “Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur`an), maka baginya satu pahala kebaikan, dan satu pahala kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. (n.d.). Ensiklopedia Terjemahan Hadis-hadis Nabi. Retrieved April 20, 2025, from https://hadeethenc.com/id/browse/hadith/6275

Heraningtyas, R. (n.d.). Terbukanya Ruang Baru Bagi Agama Lokal: Studi Kasus Penerimaan Majelis Eklasing Budi Murko (MEBM) Di Desa Salamrejo. Jurnal PolGov, 2 no. 1, 44.

Ikhwan, S., & Ahrori, M. H. (2020). Peran Forum Jamaah Khotmil Qur’an Di Dalam Integrasi Sosial Masyarakat Desa Sedah Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Journal of Community Development and Disaster Management, 2 no. 1, 9–21.

John. W., C. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Jubba, H. (2021). Beradaptasi dengan Bencana: Strategi Beribadah Umat Islam dan Kristen di Tengah Pandemi Covid-19. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 5 no. 1, 1–14.

Junhayana. (2021a). Pembinaan Cinta Al-Qur’an Melalui Kegiatan Khotmil Qur’an di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadul Awamil (Penelitian di Pondok Pesantren Salafiyah Riyadul Awamil Kota Serang). UIN SMH BANTEN.

Mustofa, A. (2019). Konstribisi Khotmil Qur’an Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Di MA Darul Faizin Assalafiyah Catak Gayam Mojowarno Jombang. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 5 no. 2, 104.

O’ Brien, H. (2020). What does the rise of digital religion during Covid-19 tell us about religion’s capacity to adapt? Irish Journal of Sociology, 28 no. 2.

Peterson, K. M. (n.d.). Pushing Boundaries and Blurring Categories in Digital Media and Religion Research. Sociology Compass, 14 no. 3, 2020.

Rifat, M. (2023). Digital Transformation in Islamic Da’wah: Uncovering the Dynamics of 21st Century Communication. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8 no. 3.

Solahudin, D., & Fakhruroji, M. (n.d.). Internet and Islamic Learning Practices in Indonesia: Social Media, Religious Populism, and Religious Authority. Religions, 11 no. 1.

Sukarman. (2021b). Mediatization of Islam in the Digital Era: Opportunity or Threat? TAWASUT, 8, 8.

Wahyudi. (2020). Pemahaman Jama’ah Sema’an Al-Qura’n Jantiko Mantab Tentang Banyu Barokah. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 18 no. 1.

Downloads

Published

2025-05-24