Peranan Organisasi Pengelola Zakat dalam Penanganan Covid-19 di Kabupaten Banyumas

Beni Tri Pamungkas, M Makhrus

Abstract


Covid-19 atau dikenal oleh masyarakat dengan sebutan virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Adanya virus ini membawa dampak negatif bagi masyarakat disegala aspek kehidupan. Organisasi pengelola zakat (OPZ) di Kabupaten Banyumas memiliki perananan penting dalam penanggulangan dampak virus Covid-19. Organisasi pengelola zakat di Kabupaten Banyumas yang terlibat yaitu BAZNAS dan LAZISMU Kabupaten Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan dan program organisasi pengelola zakat di Kabupaten Banyumas dalam penanganan Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, perananan BAZNAS dan LAZISMU Kabupaten Banyumas dalam penanganan dampak Covid-19 yakni mensejahterakan dan menstabilkan ekonomi masyarakat terdampak melalui program dibidang sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan dakwah. Dari hasil analisis, program-programnya berjalan efektif, tepat sasaran, dan mendapat respon positif dari masyarakat penerima bantuan.


Keywords


Covid-19; Peranan organisasi pengelola zakat; Baznas; Lazismu

References


Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 217–226.

Dianto, A. M. (2014). Peranan Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahiq Kabupaten Tulungagung. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 138–160.

Fadillah, S., Lestari, R., & Rosdiana, Y. (2017). Organisasi Pengelola Zakat (OPZ): Deskripsi Pengelolaan Zakat Dari Aspek Lembaga Zakat. Kajian Akuntansi, 18(2), 148–163.

Fatimah, I. R. (2020). Dampak Meningkatnya Harga Masker di Tengah Mewabahnya Covid-19 di Kalangan Masyarakat Ditinjau dari Sudut Pandang Tindakan Manusia.

Mania, S. (2017). Observasi Sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233.

Makhrus, M. (2018). Dinamika dan Aktivisme Filantropi Islam dalam Pemberdayaan Masyarakat. Litera.

Sayyid Sabiq. (2013). Fiqih Sunnah Jilid 2. Darul Fath.

Wahbah Al - Zuhali. (2005). Zakat Kajian Berbagai Mazhab. PT Remaja Rosdakarya.

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif dan Induktif-Deduktif dalam Pembelajaran Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2).

Winoto, G. N., & PUJIYONO, A. (2011). Pengaruh dana zakat produktif terhadap keuntungan usaha mustahik penerima zakat (Studi kasus BAZ Kota Semarang). Universitas Diponegoro.

Yasin, A. H. (2011). Panduan Zakat Praktis. Jakarta: Dompet Dhuafa Republika.

Yuanta, I. (2016). Penilaian Kinerja Lembaga Amil Zakat dengan Pendekatan Indonesia Magnificence Of Zakat.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v2i1.8896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101