Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kecerdasan Emosional Siswa dengan Pendekatan Humanistik

Devi Indri Astuti, Ibnu Hasan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina kecerdasan emosional siswa dengan pendekatan humanistik di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Purwokerto.

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam memiliki berbagai cara dalam membina kecerdasan emosional siswa dengan pendekatan humanistik. Adapun upaya yang telah digunakan untuk membina kecerdasan emosional siswa dengan pendekatan humanisik di SMA Negeri 4 Purwokerto adalah dengan menjadi teladan bagi peserta didik, membangun komunikasi yang baik dengan peserta didik, menciptakan suasana belajar menyenangkan dan melakukan kegiatan rutin.


Keywords


guru PAI; kecerdasan emosional; pendekatan humanistik

References


Abdah, M.G. (2019). Ragam Pendekatan Dalam Mengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (1), 36.

Anwar, Muhammad. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Arbayah. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu. 13 (2), 210-211.

Aunurrahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

B. Uno, Hamzah. (2010). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baharuddin. (2017). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Daradjat, Zakiah. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Himaniar, A. (2017). Figur Guru pendidikan agama Islam Dalam Pembentukan Perilaku Siswa di SMP Negeri 1 Padamara. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Ibnu, Hasan. "Studi Fiqh Ibadah Haji dengan Pendekatan Filosofis dan Fenomenologis." Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP. 2019.

Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Imam, Kam. (2009). Quantum Emotion. Jogjakarta: Garailmu.

Junaedi, Mahfud. (2017). Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Kurniawati, A. (2019). Upaya Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong Tahun Pelajaran 2018/2019. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Majid, A. dan Dian A. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004). Bandung: PT Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muchith, Saekan. (2016). Guru PAI yang Profesional. Quality. 4 (2), 217-235.

Sani, R.A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.

Zakiyah, Z., and Ibnu Hasan. "Kondisi Intensitas Pengajian dan Peningkatan Religiusitas pada Lansia Aisyiyah Daerah Banyumas." Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam (2017): 93-109.

Zakiyah, Ms. "Spiritual-based Moral Value Approach in Kindergarten." 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018). Atlantis Press, 2018.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v1i1.9097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101