Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan Program Hafalan Al-Quran Surat Al-Jumu’ah pada Grup Whatsapp Hafizh on the Street
Abstract
Abstrak: Al-Quran adalah Kalam Allah yang diturunkan kepada Muhammad dan membacanya merupakan bentuk ibadah. Al-Quran yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad sebagai mukjizat bagi seluruh umat manusia dan Allah menjanjikan berbagai keutamaan, kemuliaan, dan kemudahan bagi para penghafal Al-Quran . Akan tetapi, banyak kaum muslimin yang kurang berminat membaca apalagi menghafal Al-Quran . Kurangnya minat dalam menghafal Al-Quran ini mampu diatasi dengan menerapkan metode menghafal Al-Quran yang tepat. Oleh sebab itu, Grup WhatsApp Hafizh On The Street menyediakan metode Kauny Quantum Memory dalam menghafal Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program hafalan Al-Quran pada grup WhatsApp Hafizh On The Street. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Perencanaan program hafalan Al-Quran menggunakan metode Kauny Quantum Memory terdiri dari pembuatan vidio, adanya admin dan reviewer, adanya member dan grup hafalan, dan pemilihan surat yang akan dihafal. 2. Pelaksanaan program hafalan Al-Quran dengan metode Kauny Quantum Memory dilaksanakan sesuai dengan tata tertib dan peraturan yang telah disusun. 3. Pengawasan program hafalan Al-Quran dengan metode Kauny Quantum Memory dilaksanakan terus menerus dan berjenjang. Laporan hasil pengawasan dilaporkan setiap pekan pada tanggal 15 dan 29 setiap bulan.
Keywords
References
Alu Syaikh, Abdullah bin Muhammad, (2018), Terjemah tafsir Ibnu Katsir jilid 9, Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.
Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Herwibowo, B. (2014). Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum. Sukoharjo: Farishma Indonesia.
Latief, M. L. (2018). Teori Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Marsudianto. (2014). 40 Hari Bersama Al-Quran (Upaya membudayakan tilawah Al-Quran ). Lampung: Coqelat Visitama.
Mujahida, S. (2018). Pengantar Manajemen. Makassar: Sah Media.
Mulyadi. (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: Salemba Empat.
Mulyani, D., & Dkk . (2018). Literasi Al-Quran untuk Anak Usia Dini dengan Teknik Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 2 (2), 204.
Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Nazir, M. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rahminawati, N. (2016). Manajemen Pendidikan. Bandung: Diktat Kuliah Universitas Islam Bandung.
Rustiani, F. F. (2017). Pelaksanaan Metode Kauny Quantum Memoriy dan Murattal Irama Qur’an Dalam Pembelajaran Hafalan Qur’an di Lembaga B-Qur’an. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (hal. 14). Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Sa'dulloh. (2010). 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an. Depok: Gema Insani Press
Slameto. (2019). Pembaruan Manajemen Pendidikan. Jawa Timur: Qiara Media
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukwiaty, S. J. (2005). Ekonomi. Bandung: Yudhistira.
Suryana, E. (2015). Administrasi Pendidikan dalam Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Whitney. F.L. (1960). The Elements of Resert.Asian Eds. Osaka: Overseas Book Co.DOI: 10.30595/ajsi.v2i2.9844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2774-3101