Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan Program Hafalan Al-Quran Surat Al-Jumu’ah pada Grup Whatsapp Hafizh on the Street

Azlansyah Azlansyah, Sriyanto Sriyanto

Abstract


Abstrak: Al-Quran  adalah Kalam Allah yang diturunkan kepada Muhammad dan membacanya merupakan bentuk ibadah. Al-Quran  yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad sebagai mukjizat bagi seluruh umat manusia dan Allah menjanjikan berbagai keutamaan, kemuliaan, dan kemudahan bagi para penghafal Al-Quran . Akan tetapi, banyak kaum muslimin yang kurang berminat membaca apalagi menghafal Al-Quran . Kurangnya minat dalam menghafal Al-Quran  ini mampu diatasi dengan menerapkan metode menghafal Al-Quran  yang tepat. Oleh sebab itu, Grup WhatsApp Hafizh On The Street menyediakan metode Kauny Quantum Memory dalam menghafal Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program hafalan Al-Quran  pada grup WhatsApp Hafizh On The Street. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Perencanaan program hafalan Al-Quran  menggunakan metode Kauny Quantum Memory terdiri dari pembuatan vidio, adanya admin dan reviewer, adanya member dan grup hafalan, dan pemilihan surat yang akan dihafal. 2. Pelaksanaan program hafalan Al-Quran  dengan metode Kauny Quantum Memory dilaksanakan sesuai dengan tata tertib dan peraturan yang telah disusun. 3. Pengawasan program hafalan Al-Quran  dengan metode Kauny Quantum Memory dilaksanakan terus menerus dan berjenjang. Laporan hasil pengawasan dilaporkan setiap pekan pada tanggal 15 dan 29 setiap bulan.


Keywords


Perencanaan; Pelaksanaan; Pengawasan; Program hafalan Al-Quran

References


Alu Syaikh, Abdullah bin Muhammad, (2018), Terjemah tafsir Ibnu Katsir jilid 9, Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Herwibowo, B. (2014). Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum. Sukoharjo: Farishma Indonesia.

Latief, M. L. (2018). Teori Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Marsudianto. (2014). 40 Hari Bersama Al-Quran (Upaya membudayakan tilawah Al-Quran ). Lampung: Coqelat Visitama.

Mujahida, S. (2018). Pengantar Manajemen. Makassar: Sah Media.

Mulyadi. (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: Salemba Empat.

Mulyani, D., & Dkk . (2018). Literasi Al-Quran untuk Anak Usia Dini dengan Teknik Mendongeng. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 2 (2), 204.

Mustari, M. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nazir, M. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rahminawati, N. (2016). Manajemen Pendidikan. Bandung: Diktat Kuliah Universitas Islam Bandung.

Rustiani, F. F. (2017). Pelaksanaan Metode Kauny Quantum Memoriy dan Murattal Irama Qur’an Dalam Pembelajaran Hafalan Qur’an di Lembaga B-Qur’an. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (hal. 14). Surakarta: Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sa'dulloh. (2010). 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an. Depok: Gema Insani Press

Slameto. (2019). Pembaruan Manajemen Pendidikan. Jawa Timur: Qiara Media

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukwiaty, S. J. (2005). Ekonomi. Bandung: Yudhistira.

Suryana, E. (2015). Administrasi Pendidikan dalam Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Whitney. F.L. (1960). The Elements of Resert.Asian Eds. Osaka: Overseas Book Co.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v2i2.9844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101