Studi Islam Indonesia: Pendidikan Islam Modern (Kajian Historis Perspektif Karel A Steenbrink)

Rahmat Effendi

Abstract


Artikel ini membahas mengenai studi Islam Indonesia melalui kaca mata pendidikan. Studi Islam Indonesia tidak lepas daripada pendidikan Islam itu sendiri. Pendidikan Islam di Indonesia sudah ada sejak Islam itu sendiri masuk ke Indonesia. Fokus pada penelitian ini adalah fakta historis dan dinamika pendidikan Islam yang terjadi pada masa penjajahan Belanda hingga kemerdekaan dengan kaca mata Karel A. Steenbrink. Steenbrink yang dikenal sebagai seorang Orientalis telah melakukan kajian historis atas dinamika perkembangan studi Islam di Indonesia melalui bidang pendidikan. Melalui penelitian Steenbrink tersebut menunjukkan bahwa pendidikan Islam Indonesia terpusat melaui berbagai lembaga pendidikan. Dalam hal ini, Steenbrink lebih memfokuskan penelitiannya pada lembaga pendidikan pesantren. Sejak masa penjajahan hingga kemerdekaan eksistensi pesantren sebagai moda pendidikan tradisional tetap bertahan hingga hari ini. Dengan adanya laju modernitas dari berbagai kawasan dunia, menuntut pula pesantren untuk bertransformasi dalam bidangn pendidikannya yang modern, moderat, dan berwawasan islami. Akhirnya pesantren menjadi sebuah lembaga pendidikan yang menjadi miniatur hidup bagi wajah pendidikan dan studi keislaman di Indonesia.


Keywords


Studi Islam; Pendidikan; Pesantren; Dinamika; Karel A. Steenbrink

References


Bakker, A., & Zubair, A. C. (1992). Metodologi Penelitian Filsafat. Kanisius.

Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. LP3ES.

Firdausia, N., Kurnia, N., Thomafy, L., Sari, A. L., Mu’arofah, U., Amanda, R. S., Juwaini, Y., Anggraini, L., Haidaroh, S., Sucanti, T., Dewi, L. C. P., Khadijah, E. U., & elSaif, U. (2020). Kenangan Indah di Pesantren: Curahan Hati Santri yang Selalu Rindu untuk Kembali. Penerbit Pustaka Rumah C1nta.

Hanifah, N. (2010). Penelitian Etnografi dan Penelitian Grounded Theory. Akademi Bahasa Asing Borobudur.

Kafrawi, H. (1978). Pembaharuan Sistim Pendidikan Pondok Pesantren Sebagai Usaha Peningkatan Prestasi Kerja Dan Pembinaan Kesatuan Bangsa. Cemara Indah.

Madjid, N. (2013). Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Dian Rakyat.

Steenbrink, K. A. (1991). Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. LP3ES.

Ziemek, M. (1986). Pesantren dalam Perubahan Sosial. Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M).


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/ajsi.v2i1.9989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2774-3101