PENTINGNYA ASPEK SPIRITUAL PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN HEMODIALISA: A LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.30595/hmj.v1i2.3004Abstract
ABSTRAK
Latar belakang: Gagal ginjal kronik (GGK) merupakan penyakit terminal yang mempengaruhi kualitas hidup pasien. GGK menimbulkan ketidakseimbangan biologi, psikologi, sosial dan spiritual. Gangguan spiritual menyebabkan gangguan psikologis berat seperti bunuh diri. Pendekatan spiritual perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien GGK yang menjalani hemodialisa baik dari keluarga maupun tenaga medis.
Tujuan: Melakukan literature review terhadap artikel-artikel yang meneliti tentang aspek spiritualitas dan kebutuhan spiritual pasien gagal ginjal kronik dengan hemodialisa.
Desain: Literature review
Metode: Menggunakan database dengan penelusuran elektronik pada EBSCO, Google, Google Scholar, ProQuest dan PubMed yang dipublikasikan pada tahun 2013-2017
Hasil: Enam artikel dipakai dalam review. Empat artikel menyarankan komponen-komponen kesejahteraaan spiritualitas harus dipertimbangkan dan dirumuskan dalam program perawatan pasien dengan hemodialisa, untuk meningkatkan kualitas hidup pasien, kualitas tidur, mengurangi kecemasan dan rasa takut akan kematian. Salah satu artikel menyarankan agar perawat dialisis membuat program-program yang mendukung kegiatan spiritualitas pasien predialisis dan dialisis. Perawat diharapkan mampu memberikan asuhan keperawatan secara holistic (biopsikososiospiritual), selain perawatan fisik perawat juga memberikan perawatan dengan pendekatan spiritual (Spiritual care). Doa dan sholat merupakan aktivitas yang dapat memperbaiki pasien dan membantu mengurangi kecemasan dan rasa takut akan kematian.
Kesimpulan: Pemenuhan aspek spiritualitas dan kebutuhan spiritual pasien gagal ginjal kronik penting sebagai salah satu cara untuk meningkatkan makna dan harapan hidup, memperbaiki kualitas hidup, dan meningkatkan kepercayaan diri pasien meskipun dalam kondisi kesehatan yang tidak mendukung serta mengurangi kecemasan dan rasa takut akan kematian dengan aktivitas spiritual seperti sholat dan doa.
Â
KATA KUNCI: Gagal ginjal kronik, Hemodialisa, Kebutuhan spiritual, Spiritualitas
References
Report of Indonesia Renal Registry (IRR). (2014).
Riset Kesehatan Dasar. (2013). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
National Kidney an Urologic Diseases Information Clearinghouse. Kidney disease statistic for the United States. NH Publication. 26 November 2012.
Hawari D. (2002). Dimensi religi dalam praktek psikiatri dan psikologi. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Carpenito L. J. (2000). Diagnosa keperawatan aplikasi pada praktik linik . Edisi 6. Jakarta : EGC
Mailani F., Setiawan S. (2015). Pengalaman spiritualitas pada pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisa. J. Keperawatan Padjadjaran 3.
Ebrahimi H., Ashrafi Z., Eslampanah G., Noruzpur F. (2014). Relationship between spiritual well-being and quality of life in hemodialysis patients. J. Nurs. Midwifery Sci. 1, 41–48.
Pilger C., Santos R.O.P. dos, Lentsck M.H., Marques S., Kusumota L. (2017). Spiritual well-being and quality of life of older adults in hemodialysis. Rev. Bras. Enferm. 70, 689–696.
Asty, Hamid, Putri. (2014). Gambaran perubahan hidup klien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisa. 10(2), 172-18.
Lestari I., Safuni N. (2016). Pemenuhan kebutuhan spiritual pada pasien gagal ginjal kronik rumah sakit umum Aceh. J. Ilm. Mhs. Fak. Keperawatan 1.
Davison S., Jhangri G.S. (2010). Existential and religious dimensions of spirituality and their relationship with health-related quality of life in chronic kidney disease. Clin J Am Soc Nephrol 5(11), 1969-7. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20651152
Albaugh J.A. (2003). Spirituality and life-threatening illness: a phenomenological study. Oncol Nurs Forum 30, 593-598.
Tatsumara Y., Maskarinec G., Shumay D.M., Kakai H. (2003). Religious and spiritual resources, CAM, and conventional treatment in the lives of cancer patients. Altern Ther Health Med 9, 64-71.
Chatrung C., Sorajjakool S., Amnatsatsue K. (2014). Wellness and religious coping among Thai individuals living with chronic kidney disease in Southern California. J Relig Health 54(6), 2198-211.
Cruz J.P., Colet P.C., Quabeilat H., Al-Otaibi J., Coronel E.L., Suminta R.C. (2016). Religiosity and Health-Related Quality of Life: A Cross-Sectional Study on Filipino Christian Hemodialysis Patients. J Relig health 55(3), 895-908
Silva M.S., Kimura, M., Stelmach, R., Santos, V.L.G. (2009). Quality of life and spiritual well-being in chronic obstructive pulmonary disease patients. Rev Esc Enferm USP. 43(S): 1 187-92.
Young & Koopsen. (2011). Spirituality, health, and healing, an integrative approach. Second Edition
Eslami A.A., Rabiei L., Khayri F., Rashidi Nooshabadi M.R., Masoudi R. (2014). Sleep quality and spiritual well-being in hemodialysis patients. Iran. Red Crescent Med. J. 16.
Mapes D.L., Bragg-Gresham J.L., Bommer J., Fukuhara S., McKevitt P., Wikstrom B.,, et al. (2004). Health-related quality of life in the Dialysis Outcomes and Practice Patterns Study (DOPPS). Am J Kidney Dis 44(Supll 2), 54–60. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15486875
Tan H., Wutthilert C., O’Connor M. (2011). Spirituality and quality of life in older people with chronic illness in Thailand. Prog Palliat Care 19(4), 177-85.
Rocha N.S., Fleck M.P.A. (2011). Evaluation of quality of life and importance given to spirituality/religiousness/persona beliefs (SRPB) in adults with and without chronic health conditions. Rev Psiq Clin 38(1),19-23.
Mahboub M., Ghahramani F., Shamohammadi Z., Parazdeh S. (2014). Relationship between daily spiritual experiences and fear of death in hemodialysis patients. J. Biol. Todays World 3, 7–11.
Taghizadeh K., Asadzdani M., Tadrisi S.D., Ebadi A. (2011). Effect of Prayer on Severity of Patients Illness in Intensive Care Units. Journal of Critical Care Nursing 4(1),1-6.
WHOQOL. (1995). Whoqol Group The World Health Organization quality of life assessment: Position paper from the World Health Organization. Soc Sci Med. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8560308.
Lepherd L. (2015). Spirituality: everyone has it, but what is it? Int J Nur Pract 21(5), 566-74. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/ijn.12285
Szaflarski M., Kudel I., Cotton S., Leonard A.C., Tsevat J., Ritchey P.N. (2014). Multidimensional assessment of spirituality/religion in patients with HIV: conceptual framework dan empirical refinement. J Relig Health 51(4), 1239-60.
Cheraghi M., Molavi H. (2006). The relationship between different aspects of religious and public health at University of Isfahan. JNEA 2(2), 1-22.
Potter P., Perry A., editors. (2003). Basic nursing. St Louis: Mosby Company.
Sharifnia, S.H., Hojjati, H., Nazari, R., Qorbani, M., Akhoondza-de, G. (2012). The effect of prayer on mental health of hemodialysis patients. Journal of Critical Care Nursing, 5(1): 29-34.
Finkelstein F.O., Wuerth D., Finkelstein S.H. (2009). Health related quality of life and the CKD patient: challenges for the nephrology community. Kidney Int 76, 946-952.
Davison S.N., Jhangri G.S. (2013). The Relationship between spirituality, psychosocial adjustment to illness, and health-related quality of life in patients with advanced chronic kidney disease. J. Pain Symptom Manage. 45, 170–178. https://doi.org/10.1016/j.jpainsymman.2012.02.019
Downloads
Published
Issue
Section
License
For submission of manuscripts to the Herb-Medicine Journal, the authors must certify that:
I have been authorized by my co-author to submit the manuscript to the Herb-Medicine Journal
I hereby declare, on behalf of myself and my co-authors, that:
The submitted manuscript is original work and has not been published in another peer-reviewed journal or is being considered for publication by another journal. Also, the manuscript does not infringe any existing copyright or other third party rights.
The manuscript does not contain material that may violate the law, slander, or SARA, in any way, violates the terms and conditions contained in the agreement
I/we have taken care that the scientific knowledge and all other statements contained in the manuscript are in accordance with authentic facts and formulas and will not, if followed appropriately, harm the user
No liability shall be assumed by Herb-Medicine Journal, its staff or members of the editorial board for any injury and/or damage to persons or property as a matter of product liability, negligence or otherwise, or from the use or operation of any method, product instructions, advertising , or ideas contained in publications by the Herb-Medicine Journal
Authors who publish in the Herb-Medicine Journal certify that all authors have read and agree to the contents of the Cover Letter or the Terms and Conditions. Plagiarism is strictly prohibited, and by submitting a manuscript for publication, the author agrees that the publisher has the legal right to take appropriate action against the author, if plagiarism or false information is found. Once submitted to the Herb-Medicine Journal, authors will not withdraw their manuscript at any stage prior to publication.
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citation of published work (See The Effects of Open Access).
Untuk pengiriman naskah ke Herb-Medicine Journal, penulis harus menyatakan bahwa:
- Saya telah diberikan otorisasi oleh rekan penulis saya untuk memasukkan naskah ke Herb-Medicine Journal
- Saya dengan ini menyatakan, atas nama saya dan rekan penulis saya, bahwa:
- Naskah yang dikirimkan adalah karya asli dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal peer-review lain atau sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan oleh jurnal lain. Serta, naskah tidak melanggar hak cipta yang ada atau hak pihak ketiga lainnya.
- Naskah tidak mengandung materi yang mungkin melanggar hukum, memfitnah, atau SARA, dengan cara apa pun, melanggar syarat dan ketentuan yang tercantum dalam perjanjian
- Saya / kami telah berhati-hati bahwa pengetahuan ilmiah dan semua pernyataan lain yang terkandung dalam naskah sesuai dengan fakta dan formula otentik dan tidak akan, jika diikuti dengan tepat, merugikan pengguna
- Tidak ada tanggung jawab yang ditanggung oleh Herb-Medicine Journal, stafnya atau anggota dewan editorial untuk setiap cedera dan/atau kerusakan pada orang atau properti sebagai masalah pertanggungjawaban produk, kelalaian atau sebaliknya, atau dari penggunaan atau pengoperasian metode, produk apa pun instruksi, iklan, atau ide yang terkandung dalam publikasi oleh Herb-Medicine Journal
Penulis yang menerbitkan dalam Herb-Medicine Journal menyatakan bahwa semua penulis telah membaca dan menyetujui isi Surat Pengantar atau Syarat dan Ketentuan. Plagiarisme dilarang keras, dan dengan menyerahkan naskah untuk publikasi, penulis setuju bahwa penerbit memiliki hak hukum untuk mengambil tindakan yang pantas terhadap penulis, jika ditemukan plagiarisme atau informasi palsu. Setelah diserahkan ke Herb-Medicine Journal, penulis tidak akan menarik naskah mereka pada tahap apa pun sebelum dipublikasikan.
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).