PERBANDINGAN PERSEPSI TENTANG LINGKUNGAN PEMBELAJARAN KLINIK DAN STRATEGI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI DOKTER DI RSUD SALATIGA

Authors

  • Freta Arum Asoka Rini
  • Anis Kusumawati FK UM Purwokerto
  • Yuhantoro Budi Handoyo Sakti
  • Ira Citra Ningrom

DOI:

https://doi.org/10.30595/hmj.v4i1.8539

Keywords:

lingkungan pembelajaran klinik, strategi belajar, program profesi dokter

Abstract

Abstrak

Pendidikan kedokteran dasar ditempuh melalui pendidikan preklinik dan pendidikan profesi. Perubahan pendidikan preklinik menjadi pendidikan profesi berkaitan dengan lingkungan baru meliputi lingkungan fisik, isi pembelajaran, dan budaya pembelajaran. Perubahan yang terjadi pada lingkungan pendidikan profesi sehingga perlu adanya studi mengenai perbandingan antara persepsi lingkungan pembelajaran klinik dan strategi belajar pada mahasiswa baru dan setelah 1 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan kohort retrospektif. Sebanyak 47 mahasiswa program profesi dokter Universitas Muhammadiyah Purwokerto angkatan tahun 2014 mengisi kuisioner Clinical Learning Environment Inventory (CLEI) dan SPQ (Study Process Questionnaire). Analisis data dilakukan dengan dengan uji statistik komparatif parametrik t berpasangan dan non parametrik Wilcoxcon. Persepsi cukup baik tentang lingkungan pembelajaran klinik pada mahasiswa baru dan setelah 1 tahun sebanyak 64% dan 58%. Strategi belajar deep approach pada mahasiswa baru dan setelah 1 tahun sebanyak 95,7% dan 97,9%. Analisis uji t berpasangan menunjukan terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara persepsi lingkungan pembelajaran klinik mahasiswa baru dan setelah 1 tahun (p=0,804). Analisis Wilcoxon menunjukan terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara strategi belajar mahasiswa baru dan setelah 1 tahun (p=0,564). Terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara persepsi lingkungan pembelajaran klinik dan strategi belajar pada mahasiswa baru dan setelah 1 tahun.

References


1. Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia; 2012.

2. Dunham L, Dekhtyar M, Gruener G, CichoskiKelly E, Deitz J, Elliott D, et al. Medical Student Perceptions of the Learning Environment in Medical School Change as Students Transition to Clinical Training in Undergraduate Medical School. Teach Learn Med. 2017;29(4):383–91.

3. Coe R, Aloisi C, Higgins S, Major LE. What makes great teaching ? Review of the underpinning research. 2014;44(November):0–57.

4. Syahreni E, Waluyanti FT. Pengalaman Mahasiswa S1 Keperawatan Program Reguler Dalam Pembelajaran Klinik *. 2007;47–53.

5. Kusumawati A, Prihatiningsih TS, Prabandari YS, Mada UG. Anxiety And Competence Achievement Of Midwifery Students During Midwifery Clinical Practice Of. 2017;6(2):116–22.

6. Shafira NNA, Jusuf A, Budiningsih S. Strategi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universtas Jambi. 2014;3(1):28–37.

7. Emilia. The relationship between the clinical le-arning environment and the approaches to learningof medical students. 2003;

8. Emilia O. Kompetensi Dokter dan Lingkungan Belajar Klinik di Rumah Sakit. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2008.

9. Susani YP, Sari DP, Ayu I, Widiastuti E, Lestari R. Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Terhadap Lingkungan Belajar , Ketersediaan Kasus dan Umpan Balik terhadap Kompetensi Mahasiswa Tahap Profesi FK Unram. 2017;6(1):1–8.

10. Sanjaya IMB, Susani YP, Lestari R. Persepsi Mahasiswa terhadap Lingkungan Belajar Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. 2019;(October 2018).

11. Suryani S, Sanusi R, Hadianto T. Persepsi Mahasiswa Mengenal Lingkungan Belajar Klinik dan Motivasi Belajar Pada Suatu Program Studi Ners. J Pendidik Kedokt Indones Indones J Med Educ.

12. Lawal J, Weaver S, Bryan V, Lindo JLM. Factors that influence the clinical learning experience of nursing students at a Caribbean school of nursing. 2016;6(4).

13. Wayne SJ, Fortner SA, Kitzes JA, Timm C, Kalishman S. Cause or effect ? The relationship between student perception of the medical school learning environment and academic performance on USMLE Step 1. 2013;376–80.

14. Surmon L, Bialocerkowski A, Hu W. Perceptions of preparedness for the first medical clerkship : a systematic review and synthesis. BMC Med Educ [Internet]. 2016;1–11. Available from: http://dx.doi.org/10.1186/s12909-016-0615-3

15. Liew S, Sidhu J, Barua A. The relationship between learning preferences (styles and approaches) and learning outcomes among pre-clinical undergraduate medical students. 2015;1–7.

16. Lisiswanti R, Saputra O, Carolia N, Malik MM. Hubungan Pendekatan Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. 2015;2(1):79–84.

17. Chonkar SP, Ha TC, Shan S, Chu H, Ng AX, Li M, et al. The predominant learning approaches of medical students. 2018;1–8.

18. Tarabashkina L, Lietz P. The impact of values and learning approaches on student achievement : Gender and academic discipline influences. 2011;21(2):210–31.

Downloads

Published

2021-03-27