Strategi Pemasaran Produk Tabungan Meningkatkan Minat Masyarakat di Bank Syariah Indonesia KCP Takalar Sulawesi Selatan

Authors

  • Asmawati A Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Trimulato T Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ismawati I Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30595/jhes.v5i2.13792

Keywords:

Strategi Pemasaran, Minat Nasabah, Produk Tabungan, Bank Syariah Indonesia KCP Takalar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan dalam meningkatkan minat Menabung masyarakat di Bank Syariah Indonesia KCP Takalar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, studi lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung di lokasi penelitian, dilengkapi dengan data sekunder dari beberapa sumber yang relevan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi kepustakaan, dan penelitian ini menggunakan teknik pengolah dan analisi data dengan editing data, cooding data, serta identifikasi data, kemudian melakukan analisi data dimana teknik analisi data yaitu deskriptif kualitati untuk menguraikan dan memecahkan masalah berdasarkan data yang diperoleh, serta melakukan pengujian keabsahan data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Takalar menerapkan empat unsur dari marketing mix yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion). Dalam meningkatkan minat menabung masyarakat dapat dilihat dari strategi marketing mix yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Takalar, seperti yang dikemukakan bahwa nasabah tertarik menabung dikarenakan melihat dari segi harga (price) dan tempat (place).

References

Abdullah and Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafido Persada.

Andrianto & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah (Implementansi Teori dan Praktek). CV. Penerbit Qiara Media.

Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah: dari teori ke praktik. Gema Insani.

Asnawi & Fanani, N. M. A. (2017). Pemasaran Syariah. In Pemasaran Syariah. PT Raja Grafido Persada.

ATIKASARI, L. (2017). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Melalui Kualitas Produk Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri Kc Ajibarang Tugas. Journal of Chemical Information and Modeling.

Barna, F. P. (2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Bank Syariah. Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Basu & Irwan, S. (2003). Manajemen Pemasaran Modern. Liberti.

Batubara & Nasution, A. (2021). Strategi Pemasaran dan Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Unit Sadabuan Padangsidimpuan. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 03.

Entaresmen, R. A., & Pertiwi, D. P. (2017). Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Tabungan IB Hasanah di PT. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa. https://doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.1416

Ismawati, I. (2019). Peran dan Strategi Marketing Funding Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri KCP Panakukang Kota Makassar. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 3(1), 70. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v3i1.7740

Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. Prenada Media.

Kasmir. (2007). Manajemen Perbankan. PT Raja Grafido Persada.

Kasmir. (2008). Kewirausahaan. PT Raja Grafido Persada.

Kotler, Philip. and Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran, Jilid III = Principles of marketing. Erlangga.

Laila, N. A. (2011). Pengaruh Marketing Syariah Terhadap Reputasi dan Kepuasan Nasabah PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang. SKRIPSI UIN WALI SONGO. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33135%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/33135/skripsi-13423026-Naskah Publikasi.pdf?sequence=3&isAllowed=y

Lupiyoadi, R. and H. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Muaziz, I., Hamdani, I., & Kosim, A. M. (2017). Analisis Faktor-Fakor yang Mempengaruhi Preferensi Menabung Nasabah Di BPRS Amanah Ummah. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam. https://doi.org/10.32507/ajei.v8i2.14

Mulato, T., Mustamin, A., Supriadi, S., & Ningsih, S. (2021). Strategi Bisnis Bank Syariah di Masa Pandemi Covid-19 Pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Cabang Makassar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1293–1305. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jiedoi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.2908DOI:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.2908

PRIBADI, S. R. (2016). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) Di Bank BRI Syariah KC Purwokerto. Laporan Tugas Akhir. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/1078/

Rohmah, A. (2016). Preferensi masyarakat pesantren terhadap bank syariah (studi kasus Desa Karangmangu Sarang Rembang). Tesis UIN Walisongo Semarang.

Safaroh, N. (2019). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji IB Syariah di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Cilacap Tugas Akhir. Tugas Akhir.

Sari, N. (2012). Manajemen Marketing (Pemasaran) Produk Jasa Keuangan Perbankan dalam Perspektif Islam. Media Syari’ah : Wahana Kajian Hukum Islam Dan Pranata Sosial. https://doi.org/10.22373/jms.v14i2.1876

Sulaiman, A. (2011). Strategi pemasaran produk tabungan wadi’ah Bank Mega Syariah. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Suryani, T. (2008). Perilaku konsumen : Implikasi pada strategi pemasaran. Graha Ilmu.

William J, S. (2003). Stanton. Erlangga.

Downloads

Published

2022-11-24

Issue

Section

Articles