Program Pendampingan Belajar Matematika Intergrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an untuk Santri TPQ

Ani Apriani

Abstract


Matematika memiliki kemanfaatan yang besar bagi kehidupan sehari-hari, walaupun sering dianggap pelajaran yang berat dan suit. Kendala yang dihadapi pada masa pandemi anak-anak kesulitan untuk menerima langsung pelajaran yang diberikan oleh guru. Hal ini menjadi peluang untuk memberikan program pendampingan belajar untuk menyelaraskan pelajaran agama dengan pelajaran umum sehingga terdapat intergrasi yang kuat untuk memotivasi belajar siswa. Tujuan dari pengabdian ini untuk menambah pengetahuan dan keterampilan matematika yang selama masa pandemi tidak didapatkan langsung dari guru di Sekolah. Mitra yang dijadikan untuk pengabdian yaitu Taman Pendidikan Al-Qur’an yang berlokasi di Dukuh Prambanan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Pemilihan mitra di lokasi tersebut dikarenakan kegiatan belajar mengajar disekolah yang masih dilakukan secara daring dan santrinya merupakan siswa sekolah dasar yang masih minim pengetahuan tentang matematika. Metode yang dilakukan berupa pendampingan belajar matematika terbagi menjadi tiga tahapan yaitu pengenalan, kegiatan inti dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh program pendampingan belajar matematika  terhadap pengetahuan dan keterampilan santri. Hal ini ditunjukkan dengan dengan nilai t hitung (4,627) > t tabel (2,05) dengan nilai sig (0,05)<0,05 pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian program ini cukup berhasil diterapkan dan perlu adanya keberlanjutan program.


Keywords


Matematika; Al-Qur’an; Daring

References


Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43

BNPB. (2021). Peta Sebaran Kasus Per Provinsi. Https://Covid19.Go.Id/. https://covid19.go.id/peta-sebaran

Fathani, A. H. (2017). Matematika : Hakikat dan Logika (A. Q. Shaleh (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Huda, M., & Mutia, M. (2017). Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2), 182. https://doi.org/10.29240/jf.v2i2.310

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan Matematika Terintegrasi Islam Kepada Anak Sejak Dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1326

Maarif, S. (2015). Integrasi Matematika Dan Islam Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 4(2), 223. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.85

Murdiani. (2018). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Siswa Kelas IV SDN Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 35–40.

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1), 225–238. http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/view/882

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Ulia, N., Sari, Y., & Hariyono, M. (2020). Pengaruh Bahan Ajar Konsep Dasar Matematika Berbasis Internalisasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Sikap Religius. JUrnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 1–10.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.11103

Copyright (c) 2023 Ani Apriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347