Peningkatan Jangkauan Pasar dan Kredibilitas Bisnis UMKM Desa Grenden Kabupaten Jember di Era Digital

Authors

  • Kharisma Erwina Putrikuri UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Virdean Paulia Pratama UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Arman Adrian Maulana UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Jessica Maylaffazyza UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Batistuta Umar Fadil Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Erviana Nur Laili Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Ferda Maryatul Rifah Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Salsabila Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Septiana Dwi Rahmata Sari Universitas Jember, Indonesia
  • Intanti Yuliandini Universitas Jember, Indonesia
  • Dewa Asep Syaifudin Universitas Jember, Indonesia
  • Nailatul Muafiroh Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Ahmad Hasan Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Fika Dwi Maulidah Institus Agama Islam Al-Qodiri, Indonesia
  • Ahmad Firmansyah Politeknik Negeri Jember, Indonesia
  • Ravika Mutiara Savitrah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v9i1.23724

Keywords:

Pemasaran Digital, Sertifikat Halal, UMKM, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kepemilikan NIB dan sertifikat halal sangat penting bagi UMKM sebagai bentuk identitas usaha dan menjamin produk halal untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Akan tetapi, masih ditemukan UMKM yang tidak memiliki NIB dan sertifikat halal. Hal ini terjadi pada UMKM di Desa Grenden yang belum mengetahui pembuatan NIB dan sertifikat halal secara mandiri dan minimnya penggunaan media sosial untuk branding serta pemasaran produk. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan pembuatan NIB dan sertifikat halal serta pemanfaatan media sosial. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat di Desa Grenden melalui sosialisasi dan pelatihan UMKM secara langsung di Balai Desa Grenden. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah penulis berhasil mendampingi 15 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang, baik yang sedang berwirausaha ataupun tertarik untuk berwirausaha. Para peserta dapat menambahkan lokasi bisnisnya di Google maps dan mendapatkan edukasi mengenai tata cara pengurusan legalitas bisnis seperti NIB dan sertifikasi halal, selain itu juga turut dipaparkan mengenai media sosial khususnya instagram sebagai sarana pemasaran digital. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan UMKM berjalan dengan lancar dan peserta mendapat pengetahuan baru terkait pembuatan NIB, sertifikat halal secara mandiri serta dapat memanfaatkan sosial media untuk branding dan pemasaran produknya.

Author Biographies

Kharisma Erwina Putrikuri, UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia

Program Studi Administrasi Bisnis

Virdean Paulia Pratama, UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia

Program Studi Administrasi Publik

Arman Adrian Maulana, UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia

Program Studi Agroteknologi

Jessica Maylaffazyza, UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Batistuta Umar Fadil, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

Program Studi Bimbingan Konseling

Erviana Nur Laili, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

Program Studi Pendidikan Matematika

Ferda Maryatul Rifah, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

Program Studi Manajemen

Salsabila, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Septiana Dwi Rahmata Sari, Universitas Jember, Indonesia

Program Studi Ekonomi Syariah

Intanti Yuliandini, Universitas Jember, Indonesia

Program Studi Administrasi Bisnis

Dewa Asep Syaifudin, Universitas Jember, Indonesia

Program Studi Penyuluhan Pertanian

Nailatul Muafiroh, Universitas Islam Jember, Indonesia

Program Studi Hukum

Ahmad Hasan, Universitas Islam Jember, Indonesia

Program Studi Administrasi Publik

Fika Dwi Maulidah, Institus Agama Islam Al-Qodiri, Indonesia

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Ahmad Firmansyah, Politeknik Negeri Jember, Indonesia

Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan

Ravika Mutiara Savitrah, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq, Indonesia

Program Studi Akuntansi Syariah

References

AF, A. N. Allifah., Mutmainnah, H., & Natsir, N. A. (2023). Sosialisasi Pentingnya Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Di Kota Ambon. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 832-838.

Arianto, B., & Sofyan, H. (2022). Peran Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Kota Serang Banten. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 6(2), 130-145.

Haryanti, D. M. (2022, September). Cara Mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) di OSS RBA 2021. UKMINDONESIA.ID. Diunduh dari: https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/cara-mendapatkan-nomor-induk-berusaha-nib-di-oss-rba-2021

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai digital marketing umkm di kecamatan tembalang semarang. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119-124.

Insani, S. F., Syahrial, Y., & Putra, A. P. (2022). Optimalisasi Aplikasi Google Maps sebagai Alternatif Media Promosi pada UMKM di Shelter Taman Sriwedari. Warta LPM, Vol.25(1), 44-56.

Juniawan, F. P., Mayasari, M. S., Pradana, H. A., Tommy, L., & Sylfania, D. Y. (2023). Pelatihan Digital Marketing Guna Meningkatkan Kompetensi Masyarakat Desa Kace Timur, Bangka. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 6(1), 17-25.

Maesaroh, S. (2023). Pentingnya nomor induk berusaha bagi keberlangsungan umkm di desa kuta ampel. Abdima jurnal pengabdian mahasiswa, 2(1), 924-930.

Millani, A. I., Libragiantar, E. D., Putra, D. M., Roofif, A. B., & Asmynendar, R. F. (2023). Sosialisasi dan Pendampingan Pentingnya NIB untuk UMKM Kelurahan Gunung Anyar secara Door To Door. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara, 2(2), 38-47.

Nazila, U. A., Wijayas, A. S. H., Martin, K. Z., Imami, C., Sari, E. V. K., & Mutafarida, B. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal Produk Krupuk Mbah Bayin di Desa Kembangan, Bobang, Semen. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 738-742.

Putra, M. R. P. N., & Irbayuni, S. (2024). MSMEs Development of The Minahasa Spice House Through Re-Branding, Logos And Digital Marketing: Pengembangan UMKM Rumah Rempah Minahasa Melalui Re-Branding, Logo dan Digital Marketing. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 8(3), 47-52.

Ryu, S., & Park, J. (2020). The effects of benefit-driven commitment on usage of social media for shopping and positive word-of-mouth. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 102094.

Safitri, W., Hermiati, N. F., Hartati, N., & Huda, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Titik Google Maps Fasilitas Sosial Desa Mekarmukti Cikarang. TERANG, 5(1), 27-37.

Tafrilyanto, C. F., Aini, S. D., Hasanah, S. I., Kusyairi, K., & Susanti, L. (2022). Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Bagi UMKM Desa Branta Tinggi, Tlanakan, Pamekasan. PARTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 105-109.

Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal

Undang-Undang Nomor 77 Tahun 2018 tentang NIB (Nomor Induk Berusaha)

Downloads

Published

2025-05-07

How to Cite

Putrikuri, K. E., Pratama, V. P., Maulana, A. A., Maylaffazyza, J., Fadil, B. U., Laili, E. N., … Savitrah, R. M. (2025). Peningkatan Jangkauan Pasar dan Kredibilitas Bisnis UMKM Desa Grenden Kabupaten Jember di Era Digital. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 9(1), 81–90. https://doi.org/10.30595/jppm.v9i1.23724

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.