Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media

Riandhita Eri Werdani, Nurul Imani Kurniawati, Johan Bhimo Sukoco, Anafil Windriya, Dian Iskandar

Abstract


Produk UMKM yang dihasilkan masyarakat di Kelurahan Tembalang mayoritas merupakan produk makanan yang merupakan buatan sendiri (homemade) yang berskala rumahan dan dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Pertumbuhan dan pengembangan UMKM yang ada pada kelurahan Tembalang khususnya yang diproduksi oleh ibu-ibu rumah tangga banyak mengalami berbagai macam kendala sehingga kurang optimal. Strategi pemasaran berbasis teknologi dapat menjadi kekuatan utama mendongkrak penjualan produk-produk tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah dapat meningkatkan pangsa pasar sehingga meningkatkan omset dan laba penjualan produk melalui media social sebagai alat pemasaran produk UMKM di Keluruahan Tembalang. Jumlah peserta sebanyak 23 orang, terdiri dari berbagai jenis UMKM di Kelurahan Tembalang yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga. Metode yang digunakan yaitu pemberian pelatihan dan pendampingan kepada peserta. Pelatihan dibagi menjadi 4 sesi dan di akhir pelatihan dilakukan evaluasi. Hasil dari pelatihan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan kemampuan peserta dalam pemanfaatan sosial media sebagai alat pemasaran terbukti dengan perubahan angka rerata pretest 71,03 dan posttest 120,30. Pemahaman akhir peserta terhadap media sosial facebook sebesar 70% lebih besar daripada pemahaman akhir peserta terhadap Instagram sebesar 55%.


Keywords


produk UMKM; pelatihan; sosial media

References


Bariyyah & Permatasari. D., (2017), Pelatihan Pemanfaatan Media Online dalam
Layanan Bimbingan Konseling bagi Konselor Sekolah Menengah Pertama diKabupaten Pamekasan Madura. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IKIP PGRI Jember, 1(1), 63–69.

Kosasi, S., (2014). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar. Prosiding, SNATIF Ke-1 Tahun 2014. Fakultas Teknik –Universitas Muria Kudus, hal 225-232.

Mangkuprawira, S., (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi, Jakarta Selatan : Ghalia Indonesia.

Primiana, I., (2009). Menggerakkan Sektor Riil UKM & Industri. Bandung: Alfabeta.

Sudaryanto., (2012). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 1(2).

Supriyanto. (2004). Pemberdayaan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Bisnis.
Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2 (1), 99112.

websindo.com diakses pada Oktober 2019


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v4i1.4655

Copyright (c) 2020 Riandhita Eri Werdani, Nurul Imani Kurniawati, Johan Bhimo Sukoco, Anafil Windriya, Dian Iskandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347