Pengaruh Penggunaan Platform Penjualan Online Terhadap Pengembangan UMKM
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.10959Keywords:
UMKM, E-commerce, Visualisasi, Pemasaran, PenjualanAbstract
UMKM atau biasa disebut Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peranan yang cukup besar bagi masyarakat Indonesia. UMKM berkontribusi 50% sampai dengan 60% dari total PDB (Produk Domestik Bruto) nasional. Salah satu program yang wajib dijalankan mahasiswa semester 6 Universitas Prasetiya Mulya adalah program KKN atau lebih sering disebut Program Community Development, bertujuan untuk mengasa keterampilan mahasiswa untuk dapat membantu UMKM di daerah-daerah dalam pengembangan usahanya, seperti UMKM Suka Rasa dari Kuningan sebagai mitra usaha kami. Untuk mengembangkan UMKM, tentu diperlukan strategi pemasaran khusus untuk dapat meningkatkan performa usaha. Permasalahan utama Suka Rasa adalah tidak adanya strategi pemasaran sehingga penjualannya tergolong belum maksimal. Berdasarkan hasil kegiatan yang diperoleh : 1) penjualan produk UMKM Sukarasa mengalami peningkatan dalam hal B2C setelah menggunakan platform e-commerce, 2) penggunaan berbagai platform online dan media sosial memudahkan pengembangan produk UMKM Sukarasa, 3) visualisasi produk yang ditawarkan sangat berpengaruh pada penjualan mitra. Dengan strategi pemasaran pada e-commerce yang disalurkan pada mitra usaha melalui program PKM ini, dampak yang paling signifikan adalah peningkatan penjualan dari mitra Suka Rasa. Metode yang digunakan untuk menyalurkan pengetahuan kepada mitra adalah melalui advokasi pendampingan dan pelatihan yang dilaksanakan secara daring dikarenakan pandemi Covid-19.
References
Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia
Anarnkaporn, Angkana. 2007. Branding as a Competitive Advantage for SMEs. RU International Journal.Vol. 1 No. 1. Pp. 25-36.
Assael, H. 1990, “Assael marketing: Principles & Strategy”, Publisher : Thomson Learning.
Stanton, W.J.1994, Fundamentals of Marketing, 10th Ed. Tokyo: Kogakusha, McGraw-Hill Book Company.
Sudaryanto. 2011. The Need for ICT-Education for Manager or Agribusinessman to Increasing Farm Income : Study of Factor Influences on Computer Adoption in East Java Farm Agribusiness. International Journal of Education and Development, JEDICT, Vol 7 No 1 halm. 56-67
Shafinazh, Namira (2020). Pengaruh promo shopee “tanggal-tanggal istimewa” terhadap minat beli mahasiswa FISIP USU. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara, Medan.
Ketchell, Mischa (2018, September). Pengaruh Internet dan Media Sosial Terhadap Usaha Mikro Daerah di Indonesia, 39(6). Diunduh dari: https://theconversation.com/pengaruh-internet-dan-media-sosial-terhadap-usaha-mikro-daerah-di-indonesia-102206 tanggal 30 Mei 2021.
Kotler, P.1997, “Marketing Management: Analysis, Planning, and Control”. 9th Ed. London:Prentice-Hall, International.Inc
Putri, Salsabila Aurelia & Roni Zakaria (2020). Analisis Pemetaan E-Commerce Terbesar Di Indonesia Berdasarkan Model Kekuatan Ekonomi Digital, 24(1), 3-9. https://idec.ft.uns.ac.id/wp-content/uploads/IDEC2020/PROSIDING/ID062.pdf
Tinarbuko, I. T. S. (2015). DEKAVE: Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS.
Indrayani, H. (2012). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi Dan Produktivitas Perusahaan. Jurnal El-Riyasah 3(1), 48-56. http://dx.doi.org/10.24014/jel.v3i1.664
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.