Pengaruh Penggunaan Platform Penjualan Online Terhadap Pengembangan UMKM

Austin Bahari, Bella Mulyono, Bryan Wise Lie, Maria Marcia Audrey Lisitianto, Muhammad Revaldi Testarosa, Nicole Trisia, Patricia Ancilla, Steven Toni Renata, Sonny Agustiawan

Abstract


UMKM atau biasa disebut Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peranan yang cukup besar bagi masyarakat Indonesia. UMKM berkontribusi 50% sampai dengan 60% dari total PDB (Produk Domestik Bruto) nasional. Salah satu program yang wajib dijalankan mahasiswa semester 6 Universitas Prasetiya Mulya adalah program KKN atau lebih sering disebut Program Community Development, bertujuan untuk mengasa keterampilan mahasiswa untuk dapat membantu UMKM di daerah-daerah  dalam pengembangan usahanya, seperti UMKM Suka Rasa dari Kuningan sebagai mitra usaha kami. Untuk mengembangkan UMKM, tentu diperlukan strategi pemasaran khusus untuk dapat meningkatkan performa usaha. Permasalahan utama Suka Rasa adalah tidak adanya strategi pemasaran sehingga penjualannya tergolong belum maksimal. Berdasarkan hasil kegiatan yang diperoleh : 1) penjualan produk UMKM Sukarasa mengalami peningkatan dalam hal B2C setelah menggunakan platform e-commerce, 2) penggunaan berbagai platform online dan media sosial memudahkan pengembangan produk UMKM Sukarasa, 3) visualisasi produk yang ditawarkan sangat berpengaruh pada penjualan mitra. Dengan strategi pemasaran pada e-commerce yang disalurkan pada mitra usaha melalui program PKM ini, dampak yang paling signifikan adalah peningkatan penjualan dari mitra Suka Rasa. Metode yang digunakan untuk menyalurkan pengetahuan kepada mitra adalah melalui advokasi pendampingan dan pelatihan yang dilaksanakan secara daring dikarenakan pandemi Covid-19.


Keywords


UMKM; E-commerce; Visualisasi; Pemasaran; Penjualan

References


Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia

Anarnkaporn, Angkana. 2007. Branding as a Competitive Advantage for SMEs. RU International Journal.Vol. 1 No. 1. Pp. 25-36.

Assael, H. 1990, “Assael marketing: Principles & Strategy”, Publisher : Thomson Learning.

Stanton, W.J.1994, Fundamentals of Marketing, 10th Ed. Tokyo: Kogakusha, McGraw-Hill Book Company.

Sudaryanto. 2011. The Need for ICT-Education for Manager or Agribusinessman to Increasing Farm Income : Study of Factor Influences on Computer Adoption in East Java Farm Agribusiness. International Journal of Education and Development, JEDICT, Vol 7 No 1 halm. 56-67

Shafinazh, Namira (2020). Pengaruh promo shopee “tanggal-tanggal istimewa” terhadap minat beli mahasiswa FISIP USU. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara, Medan.

Ketchell, Mischa (2018, September). Pengaruh Internet dan Media Sosial Terhadap Usaha Mikro Daerah di Indonesia, 39(6). Diunduh dari: https://theconversation.com/pengaruh-internet-dan-media-sosial-terhadap-usaha-mikro-daerah-di-indonesia-102206 tanggal 30 Mei 2021.

Kotler, P.1997, “Marketing Management: Analysis, Planning, and Control”. 9th Ed. London:Prentice-Hall, International.Inc

Putri, Salsabila Aurelia & Roni Zakaria (2020). Analisis Pemetaan E-Commerce Terbesar Di Indonesia Berdasarkan Model Kekuatan Ekonomi Digital, 24(1), 3-9. https://idec.ft.uns.ac.id/wp-content/uploads/IDEC2020/PROSIDING/ID062.pdf

Tinarbuko, I. T. S. (2015). DEKAVE: Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS.

Indrayani, H. (2012). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi Dan Produktivitas Perusahaan. Jurnal El-Riyasah 3(1), 48-56. http://dx.doi.org/10.24014/jel.v3i1.664


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i2.10959

Copyright (c) 2023 Austin Bahari, Bella Mulyono, Bryan Wise Lie, Maria Marcia Audrey Lisitianto, Muhammad Revaldi Testarosa, Nicole Trisia, Patricia Ancilla, Steven Toni Renata, Sonny Agustiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347