Pengembangan dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Shopee Untuk Menunjang Pemasaran dan Peningkatan Penjualan

Any Urwatul Wusqo, Biby Eka Fridayanti, Siti Aisyah

Abstract


UMKM dompet kulit di desa Pucangsari adalah salah satu UMKM pengrajin kulit berpotensi di Kabupaten Pasuruan. UMKM ini telah menggunakan marketplace Shopee  sebagai media pemasaran, namun kurangnya pengetahuan dan kemampuan UMKM dalam mengelola marketplace Shopee tersebut membuat pemasaran digital belum berjalan maksimal. Marketplace  yang sudah ada belum terkelola dengan baik. Sehingga pemasaran yang dilakukan belum mampu meningkatkan penjualan. Tujuan program pengabdian masyarakat ini selain untuk mengembangkan market place UMKM tersebut, yaitu juga bertujuan untuk pendampingan pengelolaan market place dalam jangka panjang. Metode yang digunakan dalam program pendampingan ini adalah metode PAR. Beberapa kegiatan program pengembangan dan pendampingan ini terdiri darikomunikasi dan  koordinasi hingga proses problem solving, dimana kegiatan-kegiatan yang dilakukan terfokus pada pemaksimalan marketplace shoppe milik UMKM dompet kulit. Pengembangan dan pendampingan market place ini akan berpengaruh besar terhadap peningkatan penjualan dan perluasan pemasaran. Selain itu optimalisasi market place dapat menciptakan keunggulan bersaing ditengah pandemi Covid. Harapan adanya  pendampingan ini UMKM dapat menambah wawasan mengenai pengelolaan Marketplace Shopee dengan baik. Dengan adanya program pengembangan dan pendampingan ini, UMKM dapat memperluas pemasaran, menambah jumlah pelanggan, dan meningkatkan penjualan.


Keywords


Pengembangan dan pendampingan; Digital Marketing; Market place Shopee; UMKM dompet kulit

References


Huda,Miftahul.(2019). “Pendampingan dan Penguatan UMKM Batik Tulis Karangjati Pandaan Melalui EngagementMarketing Social Media”, 1.

Andriani,Debrina Puspita ;Hamdala, Ihwan; Swara,Suluh Elman; Fadli,Harry. (2019). “Perencanaan Business Digital Platform dalam mendukung Keberlanjutan IKM Dengan Pendekatan Quality Function Deployment”

Wirda,Fisla; Herizon; Putra,Trimardi jaya (2020). “Penguatan Daya Saing UKM pada Usaha makanan khas daerah Sumatra Barat ”,4.

Rofieq,Mochammad;Permatasari,Ditya;Farida,Lalilatul(2018).”ModelPendampingan UMKM Bidang Kerajinan Menjadi Start-Up Sukses Di Kota Malang”,3.

Artaya,I Putu;Purworusmiardi,Tubagus(2019).”Efektivitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjual Produk bagi UMKM di Jawa Timur”.

Anam,Asroful;Rahardjo,Teguh;Agustina, Ni Putu(2020).”Pembinaan Pengrajin Sapu Ijuk di Dusun Krajan Desa Kanigoro Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang”.

GeoovanneFarell;Thamrin;Novid,Igor(2019).”Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran dan Kewirausahaan UMKM Pada Kota Sawahlunto”,19.

Sabrina.(2019)“Peringkat juara 1-10 Website, situs took online dan E-commerce Indonesia 2020” https://www.konsumendigital.com/2019/04/inilah-45-daftar-website-situs-toko.html?m=1


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i1.9482

Copyright (c) 2023 Any Urwatul Wusqo, Biby Eka Fridayanti, Siti Aisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347