Pendampingan Pimpinan Cabang Aisyiyah Kartasura untuk Meningkatkan Partisipasi Guru dalam Berorganisasi
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v9i1.25061Keywords:
Aisyiyah, Organisasi Perempuan, Organisasi OtonomAbstract
Pendataan anggota harus dilakukan secara komprehensif, agar datanya lengkap dan menyeluruh. Salah satu tugas dari masing-masing Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) yaitu melakukan pendataan anggota yang masih dalam lingkup cabangnya. Tujuan dari pengabdian ini untuk; (1) Mengidentifikasi partisipasi guru dan karyawan perempuan di SMK Muhammadiyah Kartasura dalam ber-Aisyiyah; (2) Mengetahui faktor penyebab guru dan karyawan perempuan di SMK Muhammadiyah Kartasura belum aktif dalam ber-Aisyiyah; serta (3) Mengetahui manfaat ber-Aisyiyah bagi guru dan karyawan perempuan di SMK Muhammadiyah Kartasura. Tahapan kegiatannya meliputi: (1) tahap introduksi, (2) tahap induksi, dan (3) tahap evaluasi. Dampak yang diharapkan dari adanya program pengabdian ini yaitu mampu memberikan berbagai manfaat signifikan bagi Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kartasura dan guru serta karyawan di SMK Muhammadiyah Kartasura. Melalui pendampingan ini, PCA berhasil mengumpulkan data yang komprehensif mengenai keanggotaan, termasuk alamat dan Nomor Induk Aisyiyah/Muhammadiyah. Data ini memudahkan PCA dalam mengelola anggota, meningkatkan efisiensi administrasi, dan memastikan semua anggota terdata dengan baik. Selain itu, program ini juga meningkatkan kesadaran dan partisipasi guru serta karyawan dalam kegiatan Aisyiyah, memperkuat jaringan dan dukungan komunitas, serta mendorong pengembangan profesional dan personal. Secara keseluruhan, program pengabdian ini tidak hanya memperbaiki sistem pendataan, tetapi juga mempererat hubungan antara anggota dan organisasi, serta meningkatkan kontribusi mereka dalam aktivitas sosial dan keagamaan.References
Aisyiyah, P. P. (2012). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Aisyiah. Yogyakarta: Pimpinan Pusat Aisyiyah.
Alviano, R., & Kurniawati, K. (2023). Sejarah Amal Usaha Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Sosial Aisyiyah Daerah Padang Pariaman (1965-1970). HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 11(1), 49–62.
Ardho, R. I., Prayitno, H. J., Wulandari, M. D., & Rahmawati, L. E. (2021). Analisis Program Unggulan Masyarakat Religius Menuju Masyarakat Madani Berbasis Model CIPP. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 173–188.
Astuti, D. (2021). Menakar Fungsi Organisasi Perempuan Dalam Persepektif Kesetaraan Gender. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 13(1), 42–51.
Chalimah, C. (2020). Pembinaan Manajerial Bagi Pengelolaan Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah (Swa) Kabupaten Pekalongan. Pena Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Mutakin, D. (2024). Work Motivation and Work Enthusiams of Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta Teachers. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 50-63.
Fitriyani, H., & Sabardila, A. (2022). Penanaman karakter cinta alam dalam kehidupan sosial masyarakat melalui organisasi Wongsalam (Wongsenengalam). SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(2), 199–211.
Hadisaputra, H., Damayanti, E., Quraisy, H., & Lukman, L. (2022). Dinamika Gerakan Perempuan Berkemajuan di Tingkat Lokal (Sejarah ‘Aisyiyah Sulawesi Selatan Tahun 1927-1965). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1717–1728.
Harivarman, D. (2017). Hambatan komunikasi internal di organisasi pemerintahan. Jurnal Aspikom, 3(3), 508–519.
Jumaidi, I. (2023). Peran Organisasi Aisyiyah Di Jambi Terhadap Pendidikan Dan Sosial Keagamaan. Malay Studies: History, Culture and Civilization, 2(1), 14–22.
Khoer, F. I., Gustiawati, S., & Yono, Y. (2022). Kepemimpinan Perempuan Dalam Perspektif Hukum Islam. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 4(1), 42–49.
Makhrus, M., Wage, W., & Sulaeman, A. (t.t.). Pemberdayaan Masyarakat dengan Pendekatan Qaryah Tayyibah pada Desa Datar Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Warta LPM, 24(3), 447–455.
Markhamah, M., Sabardila, A., Rahmawati, L. E., Al-Ma’ruf, A. I., Prihatin, I., Kusmanto, H., & Lukiana, D. (2022). Integrating Al-Qur’an translation Texts in the Development of Teaching Materials. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 366–379.
Mukhlis, M., Purnomo, H., & Naâ, M. (2022). Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah Pada Pembentukan Karakter Kepemimpinan Peserta Didik. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 197–207.
Nasution, I. Z., Pinem, R. K. B., & Sakinah, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Pengajian Aisyiyah Kota Medan. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 35–45.
Nisa, E. A. (2022). Pandangan dan Peran Organisasi Aisyiyah terhadap Pendidikan di Indonesia Tahun 1914-1923. Warisan: Journal of History and Cultural Heritage, 3(2), 51–57.
Nurcahyani, W. F. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Sonorejo Dalam Rangka Meningkatkan Pengetahuan Mengenai Hipertensi Dengan Media Poster. Warta LPM, 24(4), 656–666.
Praharsi, Y. (2016). Manajemen pengetahuan dan implementasinya dalam organisasi dan perorangan. Jurnal Manajemen Maranatha, 16(1).
Purwanti, I., Suyanto, U. Y., Abadi, M. D., & Faizah, E. N. (2023). Sekolah Perempuan: Pemberdayaan Organisasi Aisyiyah Kabupaten Lamongan Melalui Program Womanpreneur Berbasis E-Commerce. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5402–5413.
Ramadhan, S. (2017). Pengorganisasian Ibu-Ibu Jamaah Aisyiyah Dalam Pengentasan Masyarakat dari Belenggu Rentenir di Kelurahan Kalijudan Surabaya. Tajdida: Jurnal Pemikiran dan Gerakan Muhammadiyah, 15(1), 62–76.
Remiswal, R., Fajri, S., & Putri, R. (2021). Aisyiyah dan Peranannya dalam Meningkatkan Derajat Kaum Perempuan. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 4(1), 71–77.
Santoso, G. T., & Kambara, R. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Tingkat Kedisiplinan Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Dinas Perdagangan Industri Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Serang). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 4(2), 151–161.
Shofawi, M. A., & Wiyani, N. A. (2021). Kepemimpinan Perempuan dalam Perspektif Pendidikan Islam Menurut Hj. Nurlela Mubarok. re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 4(2), 178–194.
Siti Nura, D. (t.t.). Corak Pemikiran dan Gerakan Aktivis Perempuan (Dyah Siti Nura’ini).
Sufanti, M., Fadlilah, U., Cahyati, J. N., & Noviana, S. T. (2022). Pendampingan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kartasura pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Peningkatan Kelengkapan Administrasi. Jurnal EMPATI (Edukasi Masyarakat, Pengabdian dan Bakti), 3(2), 111–125.
Sufanti, M., Kurniawati, B., Muhaimini, M. S., & Cahyati, J. N. (2021). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Kader Aisyiyah Ranting Ngadirejo Pada Masa Pandemi Covid-19. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 616-623.
Sufanti, M., Pratiwi, D. R., Fadhilah, A. N., & Beauty, M. (2021). Pendampingan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kartasura Dalam Peningkatan Berpidato Bagi Kader Aisyiyah Berbasis Ranting. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).
Sungaidi, M. (2017). Aisyiyah Organisasi Perempuan Modern.
Wijaya, A. A. M. (2019). Modal Sosial Untuk Pengembangan Organisasi: Studi Pada Aisyiyah Kota Baubau. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 3(1), 11–20.
Yuniarti, P., Indriyani, F., Zahra, Z., & Rahayu, E. I. H. (2022). Optimalisasi Google Form sebagai Media Pendataan dan Informasi Kegiatan Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia. JBPM Jurnal Bidang Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41–48.
Zakiyah, Z., & Darodjat, D. (2021). Etos Kerja Dalam Mengemban Amanat Organisasi Aisyiyah Daerah Banyumas. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP, 2, 312–316.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Main Sufanti, An’Nisya Amelia Divani, Diva Akmalita Kautsari, Sinta Tri Noviana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.