Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Desa Padangsambian

Kadek Lia Tasya Putri, Ni Luh Putu Sariani

Abstract


Munculnya pandemi Covid-19 dari awal tahun 2020 hingga saat ini memunculkan permasalahan baru bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya pada pelaku usaha UMKM yang banyak terdampak dikarenakan terjadi penurunan penjualan, di Provinsi Bali sendiri khususnya di wilayah Denpasar, penjualan tersebut menurun dikarenakan adanya kebijakan dari pemerintah yang membatasi aktivitas masyarakat, baik dalam bekerja maupun jam malam, yang secara tidak langsung hal tersebut menyebabkan terjadinya penurunan penjualan oleh pelaku usaha UMKM khususnya di wilayah Desa Adat Padangsambian. Desa Adat Padangsambian merupakan salah satu desa yang berada di wilayah kota Denpasar yang termasuk dalam kecamatan kota Denpasar, luas wilayah 409 Hektar. Dengan lokasi yang sangat strategis Desa Adat Padangsambian juga menjadi salah satu desa yang memiliki UMKM terbanyak di kota Denpasar dengan jumlah 32.026. laporan Kuliah Kerja Nyata ini dilaksanakan selama 1,5 bulan dengan melakukan observasi untuk mengetahui permasalahan yang ada dilapangan atau di wilayah Desa Adat Padangsambian, sedangkan untuk penyelesaiannya dilakukan dengan metode pendekatan sosialisasi langsung kepada UMKM. Tujuan dari Kuliah Kerja Nyata ini adalah dalam rangka menyelesaian permasalahan yang terdapat di wilayah Desa Adat Padangsambian, khususnya masalah pada penurunan omset penjualan dari pelaku UMKM. Hasil dari laporan ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan terhadap pemanfaatan digital marketing khususnya pada media sosial. Sedangkan langkah berikut yang akan dilakukan pada periode berikutnya akan mengembangkan penggunaan digital marketing dengan menggunakan website kepada Pelaku UMKM yang berada dilingkungan Desa Adat Padangsambian.


Keywords


Digital Marketing; UMKM; Penjualan; Covid-19

References


Data tentang informasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Denpasar. Source: http://ukmdiskop.denpasarkota.go.id diakses pada 05 Februari 2021.

GM. Susanto. 2018. The Power og Digital Marketing. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hellanthusofri, Jeffry. 2016. Belajar Social Media Marekting. Bandung. Exel
Media Komputindo.

Nurhayati, Dina 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan. Jakarta : Haji Masagung.

Pemerintahan Provinsi Bali terus dukung UMKM lokal di masa pandemi. Source: https://www.baliprov.go.id/web/pemprov-bali-terus-dukung-umkm-lokal-di-masa-pandemi/ diakses pada 05 Februari 2021.

Rotumiar Pasaribu. 2020. Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran UMKM Di Semarang Pada Masa Pandemi COVID-19. Source:http://journal.unika.ac.id/index.php/jkm/article/download/2848/pdf di akses pada 25 Februari 2021.

Royan Jaluseta Anugrah. 2020. Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing oleh UMKM Dalam Masa PSBB COVID-19. Source : http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/MANOVA/article/download/302/222/1006 diakses pada 25 Februari 2021.

Tati Handayani, Mira Rahmi, Muhammad Anwar Fathoni. 2021. Pemberdayaan Pelaku Ekonomi Usaha Mikro Terdampak Covid-19 di Kelurahan Pangkalan Jati Jakarta Selatan. file:///C:/Users/Asus/Downloads/975-Article%20Text-1501-1-10-20201110%20(1).pdf diakses pada 05 februari 2021.

Tulung, J. E. (2017). Resource Availability and Firm’s International Strategy as Key Determinants of Entry Mode Choice. Jurnal Aplikasi Manajemen.

Tulung, J. E., & Ramadani, D. (2018). Independence, size and performance of the board : An emerging market research. Corporate Ownership & Control.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i1.10055

Copyright (c) 2023 Kadek Lia Tasya Putri, Ni Luh Putu Sariani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347