Pelatihan Penyusunan Strategi Kemasan dan Merek di Kelurahan Plombokan Semarang
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v9i1.23148Keywords:
Kemasan, Merek, UMKM, StrategiAbstract
Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Plombokan Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang sebagian besar belum dapat mengembangkan omset penjualannya dan mempunyai keterbatasan pemasaran meskipun produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang tidak kalah dengan hasil pabrikan. Permasalahan yang dihadapi UMKM adalah pengemasan produk masih sederhana dan kurang menarik yang berdampak pada keterbatasan jangkauan pasar. Untuk itu perlu desain pengemasan produk yang unik agar calon pembeli tertarik membelinya. UMKM belum menerapkan strategi merek dalam mengidentifikasikan barang atau jasa yang dijual untuk membedakannya dibandingkan dengan pesaing. Tujuan kegiatan PkM adalah memberikan pengetahuan, peningkatan wawasan, dan ketrampilan dalam bentuk pelatihan pengemasan dan merek dengan mitra kegiatan yaitu pengelola UMKM  Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Metode kegiatan PKM ini adalah melalui pelatihan dan pendampingan dalam membuat strategi kemasan dan merek pada pelaku usaha kecil dan menengah. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah peningkatan pengetahuan bagi pengelola UMKM dalam penyusunan strategi pembuatan kemasan dan merek, serta mampu merancang strategi kemasan dan merek untuk diterapkan pada usahanya masing-masing.
References
Anugrah, R. A., Yudhanto, F., & Wijaya, O. (2022). Pelatihan Pengemasan Dan Pemasaran Produk Umkm Masyarakat Di Desa Wates Kulon Progo. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 61–66. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1.1833
Aristawidia, I. B. (2018). Kajian literatur penerapan strategi branding bagi kemajuan UMKM di era digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi( MANOVA), 1(2). http://dx.doi.org/10.15642/manova.v1i2.351
Baihaqi, W. M., Prima, C., & Widianto, N. P. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pendaftaran Merek Dagang bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Banyumas. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 68–74. https://dgip.go.id/.
Bamiatzi, V. C., & Kirchmaier, T. (2014). Strategies for superior performance under adverse conditions: A focus on small and medium-sized high-growth firms. International Small Business Journal, 32(3), 259–284. https://doi.org/10.1177/0266242612459534
Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan branding dan packaging UMKM Ikatan pengusaha Aisyiyah di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1). https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188
Irrubai, M. L. (2021). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 3(1), 17–26. https://doi.org/10.15408/sd.v3i1.3794
Kasim, H. S., Purwitasari, P., & Sarlan Menungsa, A. (2023). Pelatihan Brand Identity untuk Meningkatkan Kesadaran Merek dan Daya Saing UMKM. Jurdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.4876/jurdimas.v1i1.84
Mulyani, N., Agustinus, E., & Santoso, B. T. (2023). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran dan pengembangan produk bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan. Dedikasi PKM, 4(1), 44–48. https://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27460
Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding UMKM untuk meningkatkan penjualan produk Ecoprint Anding Collection. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan , 7(1), 261–267. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12673
Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi era digitalisasi melalui peran pemerintah. Journal of Applied Business and Economic (JABE), 9(2), 184–204. http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703
Nurdiyanah, N., Parmitasari, R. D., Muliyadi, I., Nr, S., Haruna, N., & Jaharuddin, W. (2016). Panduan Pelatihan Dasar Asset Based Community-driven Development (ABCD). http://litapdimas.kemenag.go.id/publication
Putra, S. D., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1674–1700.
Sulistiani, D. (2013). Mencapai Keunggulan Bersaing dengan Strategi Diferensiasi. Elmuhasaba Jurnal Akuntansi, 4(2), 1–17. https://doi.org/10.18860/em.v4i2.2454
Widiati, A. (2019). Peran kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di “Mas Pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76. https://dx.doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670
Zulfikar, I. (2022). Building a Strong Brand: Marketing Strategy to Increase Brand Awareness and Consumer Loyalty. Neo Journal of Economy and Social Humanities (NEJESH), 1(4), 280–284. https://internationalpublisher.id/journal/index.php/Nejesh
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indarto, Yuli Budiati, Rohmini Indah Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.