Pelatihan Penyusunan Strategi Kemasan dan Merek di Kelurahan Plombokan Semarang

Authors

  • Indarto Indarto Universitas Semarang
  • Yuli Budiati Universitas Semarang
  • Rohmini Indah Lestari Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v9i1.23148

Keywords:

Kemasan, Merek, UMKM, Strategi

Abstract

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Plombokan Kecamatan Semarang Utara,  Kota Semarang sebagian besar belum dapat mengembangkan omset penjualannya dan mempunyai keterbatasan pemasaran meskipun produk yang dihasilkan  memiliki kualitas yang  tidak kalah dengan hasil  pabrikan. Permasalahan yang dihadapi UMKM adalah  pengemasan produk masih sederhana dan kurang menarik yang  berdampak pada keterbatasan jangkauan pasar. Untuk itu perlu desain pengemasan produk yang unik agar calon pembeli tertarik membelinya.  UMKM belum menerapkan strategi merek dalam mengidentifikasikan barang atau jasa yang dijual  untuk membedakannya dibandingkan dengan pesaing.  Tujuan kegiatan PkM adalah memberikan pengetahuan, peningkatan wawasan,  dan ketrampilan dalam bentuk pelatihan pengemasan dan merek dengan mitra kegiatan yaitu pengelola UMKM   Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara,  Kota Semarang. Metode kegiatan PKM ini adalah melalui pelatihan  dan pendampingan dalam membuat strategi kemasan dan merek  pada  pelaku usaha kecil dan menengah. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah peningkatan pengetahuan bagi pengelola UMKM dalam penyusunan strategi pembuatan kemasan dan merek, serta mampu merancang strategi kemasan dan merek  untuk diterapkan pada usahanya masing-masing.

References

Anugrah, R. A., Yudhanto, F., & Wijaya, O. (2022). Pelatihan Pengemasan Dan Pemasaran Produk Umkm Masyarakat Di Desa Wates Kulon Progo. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 61–66. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1.1833

Aristawidia, I. B. (2018). Kajian literatur penerapan strategi branding bagi kemajuan UMKM di era digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi( MANOVA), 1(2). http://dx.doi.org/10.15642/manova.v1i2.351

Baihaqi, W. M., Prima, C., & Widianto, N. P. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pendaftaran Merek Dagang bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Banyumas. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 68–74. https://dgip.go.id/.

Bamiatzi, V. C., & Kirchmaier, T. (2014). Strategies for superior performance under adverse conditions: A focus on small and medium-sized high-growth firms. International Small Business Journal, 32(3), 259–284. https://doi.org/10.1177/0266242612459534

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan branding dan packaging UMKM Ikatan pengusaha Aisyiyah di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1). https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Irrubai, M. L. (2021). Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 3(1), 17–26. https://doi.org/10.15408/sd.v3i1.3794

Kasim, H. S., Purwitasari, P., & Sarlan Menungsa, A. (2023). Pelatihan Brand Identity untuk Meningkatkan Kesadaran Merek dan Daya Saing UMKM. Jurdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.4876/jurdimas.v1i1.84

Mulyani, N., Agustinus, E., & Santoso, B. T. (2023). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran dan pengembangan produk bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan. Dedikasi PKM, 4(1), 44–48. https://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27460

Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding UMKM untuk meningkatkan penjualan produk Ecoprint Anding Collection. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan , 7(1), 261–267. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12673

Novitasari, A. T. (2022). Kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi era digitalisasi melalui peran pemerintah. Journal of Applied Business and Economic (JABE), 9(2), 184–204. http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703

Nurdiyanah, N., Parmitasari, R. D., Muliyadi, I., Nr, S., Haruna, N., & Jaharuddin, W. (2016). Panduan Pelatihan Dasar Asset Based Community-driven Development (ABCD). http://litapdimas.kemenag.go.id/publication

Putra, S. D., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1674–1700.

Sulistiani, D. (2013). Mencapai Keunggulan Bersaing dengan Strategi Diferensiasi. Elmuhasaba Jurnal Akuntansi, 4(2), 1–17. https://doi.org/10.18860/em.v4i2.2454

Widiati, A. (2019). Peran kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di “Mas Pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76. https://dx.doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Zulfikar, I. (2022). Building a Strong Brand: Marketing Strategy to Increase Brand Awareness and Consumer Loyalty. Neo Journal of Economy and Social Humanities (NEJESH), 1(4), 280–284. https://internationalpublisher.id/journal/index.php/Nejesh

Downloads

Published

2025-03-17

How to Cite

Indarto, I., Budiati, Y., & Indah Lestari, R. (2025). Pelatihan Penyusunan Strategi Kemasan dan Merek di Kelurahan Plombokan Semarang. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 9(1), 57–65. https://doi.org/10.30595/jppm.v9i1.23148

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.