Pengenalan Digital Marketing dan M-Commerce pada Pelaku UMKM Keripik Singkong di Kabupaten Subang
Abstract
Pandemi Covid-19 berimbas terhadap kinerja UMKM, khususnya pada penurunan penjualan. Strategi pemasaran konvensional sudah tidak efektif bagi UMKM dalam memasarkan produknya saat ini, sehingga diperlukan pengembangan strategi digital marketing dan m-commerce. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengenalan terkait digital marketing dan m-commerce kepada pelaku UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2020 kepada UMKM Keripik 99 Rifai yang terdampak oleh Covid-19. Adapun metode yang dilakukan adalah penyuluhan, dimana kegiatan terdiri atas tahap persiapan dan pelaksanaan. Materi yang disampaikan adalah pengenalan internet sebagai media baru dalam berkomunikasi di dunia usaha serta mengenalkan beberapa marketplace berbasis m-commerce. Dari hasil diskusi dengan pelaku UMKM Keripik 99 Rifai diperoleh informasi bahwa terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh UMKM dalam mengembangkan digital marketing, diantaranya kesulitan menentukan berat per kemasan, keterbatasan pengetahuan transaksi uang secara online, dan keterbatasan pengetahun pengiriman barang. Pelaku UMKM Keripik 99 Rifai antusias dalam mengikuti kegiatan ini.
Keywords
References
ABDSI. (2020). ”Penurunan Penjualan UMKM Imbas Pandemi Covid-19". Retrieved (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/06/10/penurunan-penjualan-umkm-imbas-pandemi-covid-19 ).
Hermawan, D., Hardianto, A., Fadhillah, A.R. (2020). Perbaikan Kemasan Kerupuk Singkong (Samiler) Di UKM Karya Lestari Jaya Tulungagung. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi 4(1),9–17. doi: 10.33366/jast.v4i1.1473.
Kirana, D.H., Rafiah, K.K., Sari, R.P. (2019). Pelatihan Mobile Apps Digital Marketing Untuk UMKM Di Jatinangor. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 25(2), 98–102. doi: 10.24114/jpkm.v25i2.13123.
Leatemia, S.Y. (2020). Adopsi E-Commerce Pada UMKM di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM Di Kota Ambon). Sosoq 8(2), 1–11.
Mardhiyah, A., Safrin, F.A. (2020). SStrategi Pemasaran Industri Rumah Tangga Keripik Singkong. SKETSA BISNIS 7(1), 37–44. doi: 10.35891/jsb.v7i1.2183.
Muchtar, R. P., Andyanto, M.H., & Zainudin, M. (2018). Perbaikan Kemasan Dan Pelabelan Produk Kripik Singkong Madura Untuk Mewujudkan Pelaku Usaha Mandiri Menyongsong Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean Yang Berkelanjutan. Jurnal ABDIRAJA 1(1),14–18. doi: 10.24929/adr.v1i1.635.
Nisaa, R. K. (2013). Pengaruh Modal Kerja Dan Perilaku Kewirausahaan Terhadap Pendapatan Pengusaha Kerupuk Aci Di Kabupaten Subang (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Riawati, Nian, and Nurcahyaning D.K. 2019. “Peningkatan Produktivitas Usaha Keripik Singkong Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Teknologi Tepat Guna Di Desa Sumber Anyar Kabupaten Bondowoso.” Jurnal Ilmiah Pangabdhi 5(1):6–12. doi: 10.21107/pangabdhi.v5i1.5156.
Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Ilma, L.L. (2017). Strategi Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia 16(2), 136. doi: 10.25124/jmi.v16i2.319.
Sudaryono, Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis (JUMANIS) Prodi Kewirausahaan 2(1), 200–213.
DOI: 10.30595/jppm.v6i2.9114
Copyright (c) 2022 Laras Sirly Safitri, Wiwik Endah Rahayu, Rita Purwasih, Enceng Sobari, Irna Dwi Destiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2549-8347
|
|
Statcounter