Pengenalan Digital Marketing dan M-Commerce pada Pelaku UMKM Keripik Singkong di Kabupaten Subang
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.9114Keywords:
Pandemi Covid-19, Pemasaran Online, Penyuluhan, UMKM Keripik 99 RifaiAbstract
Pandemi Covid-19 berimbas terhadap kinerja UMKM, khususnya pada penurunan penjualan. Strategi pemasaran konvensional sudah tidak efektif bagi UMKM dalam memasarkan produknya saat ini, sehingga diperlukan pengembangan strategi digital marketing dan m-commerce. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengenalan terkait digital marketing dan m-commerce kepada pelaku UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2020 kepada UMKM Keripik 99 Rifai yang terdampak oleh Covid-19. Adapun metode yang dilakukan adalah penyuluhan, dimana kegiatan terdiri atas tahap persiapan dan pelaksanaan. Materi yang disampaikan adalah pengenalan internet sebagai media baru dalam berkomunikasi di dunia usaha serta mengenalkan beberapa marketplace berbasis m-commerce. Dari hasil diskusi dengan pelaku UMKM Keripik 99 Rifai diperoleh informasi bahwa terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh UMKM dalam mengembangkan digital marketing, diantaranya kesulitan menentukan berat per kemasan, keterbatasan pengetahuan transaksi uang secara online, dan keterbatasan pengetahun pengiriman barang. Pelaku UMKM Keripik 99 Rifai antusias dalam mengikuti kegiatan ini.
References
ABDSI. (2020). ”Penurunan Penjualan UMKM Imbas Pandemi Covid-19". Retrieved (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/06/10/penurunan-penjualan-umkm-imbas-pandemi-covid-19 ).
Hermawan, D., Hardianto, A., Fadhillah, A.R. (2020). Perbaikan Kemasan Kerupuk Singkong (Samiler) Di UKM Karya Lestari Jaya Tulungagung. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi 4(1),9–17. doi: 10.33366/jast.v4i1.1473.
Kirana, D.H., Rafiah, K.K., Sari, R.P. (2019). Pelatihan Mobile Apps Digital Marketing Untuk UMKM Di Jatinangor. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 25(2), 98–102. doi: 10.24114/jpkm.v25i2.13123.
Leatemia, S.Y. (2020). Adopsi E-Commerce Pada UMKM di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM Di Kota Ambon). Sosoq 8(2), 1–11.
Mardhiyah, A., Safrin, F.A. (2020). SStrategi Pemasaran Industri Rumah Tangga Keripik Singkong. SKETSA BISNIS 7(1), 37–44. doi: 10.35891/jsb.v7i1.2183.
Muchtar, R. P., Andyanto, M.H., & Zainudin, M. (2018). Perbaikan Kemasan Dan Pelabelan Produk Kripik Singkong Madura Untuk Mewujudkan Pelaku Usaha Mandiri Menyongsong Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean Yang Berkelanjutan. Jurnal ABDIRAJA 1(1),14–18. doi: 10.24929/adr.v1i1.635.
Nisaa, R. K. (2013). Pengaruh Modal Kerja Dan Perilaku Kewirausahaan Terhadap Pendapatan Pengusaha Kerupuk Aci Di Kabupaten Subang (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Riawati, Nian, and Nurcahyaning D.K. 2019. “Peningkatan Produktivitas Usaha Keripik Singkong Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Teknologi Tepat Guna Di Desa Sumber Anyar Kabupaten Bondowoso.” Jurnal Ilmiah Pangabdhi 5(1):6–12. doi: 10.21107/pangabdhi.v5i1.5156.
Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Ilma, L.L. (2017). Strategi Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia 16(2), 136. doi: 10.25124/jmi.v16i2.319.
Sudaryono, Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis (JUMANIS) Prodi Kewirausahaan 2(1), 200–213.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.