Sosialisasi Strategi Pemasaran pada Pemilik UMKM Desa Kaliabu Caruban Kabupaten Madiun

Nur Wahyuning Sulistyowati, Diza Satrina Luchindawati, Titin Ervita Munawaroh

Abstract


Promosi dari mulut ke mulut, papan nama, label merupakan strategi pemesaran yang sudah dilakukan pemilik UMKM Desa Kaliabu Caruban Kabupaten Madiun. Namun dengan berkembangnya teknologi, promosi dapat dilakukan melalui media sosial. Hal ini yang melatarbelakangi tim pengabdian kepada masyarakat untuk melaksanakan Sosialisasi Strategi Pemasaran Pada Pemilik UMKM Desa Kaliabu Caruban Kabupaten Madiun dengan tujuan memperluas pangsa pasar ke manca negara untuk mempromosikan produk UMKM Desa Kaliabu baik promosi secara offline maupun online yang dapat dilakukan melalui media sosial antara lain meliputi twitter, Instagram, facebook, whatsapp, dan lain sebagainya. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan memberikan Sosialisasi Strategi Pemasaran yang dihadiri oleh bapak dan ibu pemilik UMKM desa Kaliabu Caruban Kabupaten Madiun berjumlah 19 peserta. Setelah selesai penjelasan materi dilanjutkan dengan tanya jawab dan sharing. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemilik UMKM Desa Kaliabu Caruban Kabupaten Madiun sudah melakukan promosi dengan offline. Pentingnya daripada program pengabdian ini yaitu pemilik UMKM telah mengembangkan promosi baik dengan offline maupun digital online, saling bekerjasama antar pemilik UMKM dengan produk yang sama untuk memenuhi kebutuhan permintaan ekspor produk UMKM, menjadi sentra brem Desa Kaliabu Caruban Kabupaten Madiun.


Keywords


Pemasaran; UMKM Desa Kaliabu

References


Astuti, R. P., Kartono, & Rahmadi. (2020). Pengembangan UMKM Melalui Digitalisasi Teknologi Dan Integrasi Akses Permodalan. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 248–256.

Bahraini, Diana, Nawas, F., Ritna, Salonga, H., & Cipta, A. W. (2018). KRIBOU (Keripik dan Bolu Uwi) Aneka Rasa Inovasi Cemilan Sehat Khas Luwu. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18–22.

Bukit, F. R. A., A.S, G. G., Irvan, & Fahmi. (2019). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran Dan Promosi Produk Kuliner. JPPM LPIP UMP JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, 3(2), 229–236.

Jumarniati, Saruman, S. H., & Baharuddin, M. R. (2019). Perempuan Penjual Pecel Lamasi, Kecamatan Lamasi, Kab. Luwu Sulawesi Selatan Sebagai Pilar Ekonomi Keluarga. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 105–110.

Khairani, S., & Pratiwi, R. (2018). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–43.

Ma’rufi, Ilyas, M., Anas, A., & Islamiah, R. Y. (2018). Program Pengembangan Kewirausahaaan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67–75.

Permana, S. D. H., & Cendana, M. (2019). Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Strategi Promosi Bagi Sustainability Bisnis UMKM. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 163–169.

Ridwan, Maryadi, Saleh, M., & Latief, F. (2019). Implementasi Program Pengembangan Kewirausahaan STIE Nobel Indonesia Makassar. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 124–130.

Rulyansah, A., Junaidi, & Herawati, H. (2019). Kelompok Industri Kreatif “ Kerupuk Lele Organik ” Di Kecamatan Kademangan, Kanigaran Kota Probolinggo. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 90–98.

Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65–75.

Utama, D. M., & Baroto, T. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Industri Keripik Tempe Desa Bakalan Krajan Kecamatan Sukun. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 171–178.

Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM LPIP UMP JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, 4(1), 1–5.

Yunita, A., & Purwanto, H. (2020). Peningkatan Pemasaran Produk Kerajinan Bambu Di Dusun Sanggrahan I, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. JPPM LPIP UMP JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, 4(1), 149–155.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v5i1.8157

Copyright (c) 2022 Nur Wahyuning Sulistyowati, Diza Satrina Luchindawati, Titin Ervita Munawaroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347