Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655Keywords:
produk UMKM, pelatihan, sosial mediaAbstract
Produk UMKM yang dihasilkan masyarakat di Kelurahan Tembalang mayoritas merupakan produk makanan yang merupakan buatan sendiri (homemade) yang berskala rumahan dan dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Pertumbuhan dan pengembangan UMKM yang ada pada kelurahan Tembalang khususnya yang diproduksi oleh ibu-ibu rumah tangga banyak mengalami berbagai macam kendala sehingga kurang optimal. Strategi pemasaran berbasis teknologi dapat menjadi kekuatan utama mendongkrak penjualan produk-produk tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah dapat meningkatkan pangsa pasar sehingga meningkatkan omset dan laba penjualan produk melalui media social sebagai alat pemasaran produk UMKM di Keluruahan Tembalang. Jumlah peserta sebanyak 23 orang, terdiri dari berbagai jenis UMKM di Kelurahan Tembalang yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga. Metode yang digunakan yaitu pemberian pelatihan dan pendampingan kepada peserta. Pelatihan dibagi menjadi 4 sesi dan di akhir pelatihan dilakukan evaluasi. Hasil dari pelatihan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan kemampuan peserta dalam pemanfaatan sosial media sebagai alat pemasaran terbukti dengan perubahan angka rerata pretest 71,03 dan posttest 120,30. Pemahaman akhir peserta terhadap media sosial facebook sebesar 70% lebih besar daripada pemahaman akhir peserta terhadap Instagram sebesar 55%.
References
Bariyyah & Permatasari. D., (2017), Pelatihan Pemanfaatan Media Online dalam
Layanan Bimbingan Konseling bagi Konselor Sekolah Menengah Pertama diKabupaten Pamekasan Madura. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat IKIP PGRI Jember, 1(1), 63–69.
Kosasi, S., (2014). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar. Prosiding, SNATIF Ke-1 Tahun 2014. Fakultas Teknik –Universitas Muria Kudus, hal 225-232.
Mangkuprawira, S., (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi, Jakarta Selatan : Ghalia Indonesia.
Primiana, I., (2009). Menggerakkan Sektor Riil UKM & Industri. Bandung: Alfabeta.
Sudaryanto., (2012). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 1(2).
Supriyanto. (2004). Pemberdayaan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Bisnis.
Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2 (1), 99112.
websindo.com diakses pada Oktober 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.