Studi Evaluasi Tentang Efektivitas Kelompok Pemberdayaan Sadar Wisata Mangrove Center Tuban (MCT)

Zuyyinatus Sa’adah, Rachmad K Dwi Susilo

Abstract


Evaluasi tentang efektivitas kelompok pemberdayaan Sadar Wisata Mangrove Center Tuban ini di lakukan melalui kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) yang di laksanakan pada tahun 2020 yang di lakukan di Yayasan Mangrove Center Tuban. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan keaktifan anggota kelompok sadar wisata dan meningkatkan kesadaran kelompok tersebut agar mampu mengembangkan potensi wisata yang ada di Mangrove Center Tuban. Upaya yang di lakukan adalah dengan melakukan intervensi menggunakan pendekatan Community Based Approach. Kemudian tahap pelaksanaan, yaitu melakukan komunikasi sosial, silaturahim dan mengevaluasi kelompok pemberdayaan Pokdarwis dengan memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi pada kelompok sadar wisata yang bertujuan agar kelompok tersebut dapat mengatasi permasalahan dengan baik. Adanya komunikasi yang baik dan antusias kelompok sadar wisata untuk meningkatkan wisatawan yang ada di Mangrove Center Tuban maka dari itu anggota Pokdarwis mencoba mewujudkan salah satu solusi yang sudah di sepakati.  Antusias dari kelompok sadar wisata di harapkan dapat meningkatkan keaktifan anggota dan muncul ide-ide baru untuk pengelolaan pantai yang ada di Mangrove Center Tuban.

Keywords


Efektivitas; Evalusi program; Kelompok Sadar Wisata

References


Azwar, syaifuddin. 1997. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bruhn, John G dan Howard M Rebach. 2007. Sosiological Practice: Intervention and Social Change, USA: University Of Maryland Eastern Shore.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurmayanti, Ida. 2017. Strategi Yayasan Mangrove Center Tuban Dalam Mengembangkan Ecological Citizenship Pada Masyarakat Tuban, Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. 05 No 2, 2017.

Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan pendidikan: Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v7i1.9828

Copyright (c) 2023 Zuyyinatus Sa’adah, Rachmad K Dwi Susilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347