Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Hospitality pada Kelompok Wisata di Desa Budo, Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9866Keywords:
Pengetahun, Ketrampilan, Hospitality, Kelompok Wisata, Desa BudoAbstract
Sikap hospitality sangat dibutuhkan oleh masyarakat lokal ketika desa tempat tinggal mereka akan dijadikan sebagai desa wisata. Sikap ini sangat berhubungan dengan cara masyarakat dalam menyambut tamu yang datang bahkan menginap di desa wisata. Tujuan dari program pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan hospitality pada kelompok wisata di Desa Budo, kecamatan wori Kabupaten minahasa utara. Metode pelatihan dillakukan dalam bentuk: system pengajaran, simulasi melalui bermain peran, dan pada akhir pelatihan dilakukan evaluasi terhadap keseluruhan materi yang diajarkan. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan pengetahun dan ketrampilan dari kelompok wisata dan berdampak secara secara luas bagi masyarakat local di Desa Budo.
References
Anonim. Undang-undang RI Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Bandung: Fokusindo Mandiri.
Ashley,C.,Roe,D.and Goodwin ,H.(2001) Pro-Poor Tourism: Making Tourism Work for the Poor.PPT Report No 1. London: ODI.IIED and ICRT.
Chatzigeorgiou, C., & Simeli, I. (2017). Perception of service quality in agrotourism accommodations: Impact on guest loyalty and re-visit intentions. Journal of Tourism, Heritage & Services Marketing (JTHSM), 3(1), 33-41.
King, C. A. (1995). What is hospitality?. International Journal of Hospitality Management, 14(3-4), 219-234.
Kunwar, R. R. (2017). What is hospitality?. The Gaze: Journal of Tourism and Hospitality, 8, 55-115.
Legiansyah, G. (2018). IMPLIKATUR DALAM TINDAK TUTUR ANTARA PEMANDU DENGAN WISATAWAN MANCANEGARA BERBAHASA INGGRIS: SATU ANALISIS PRAGMATIK (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).
Markovic, S., S. Raspor and K. Šegaric. 2010. Does restaurant performance meet customers’? Journal of Tourism and Hospitality Management 16(2), 181-195.
Pitana, I Gode. 2006. Kepariwisataan Bali dalam Wacana Otonomi Daerah. Jakarta: Puslitbang Kepariwisataan.
Tan, Q, A. Oriade and P. Fallon. 2014. Service quality and customer satisfaction in Chinese fast food sector: a proposal for CFFRSERV. Journal of Advances in Hospitality and Tourism Research (AHTR) 2(1), 30-53.
Towoliu, B. I., Sangari, F., & Permana, D. E. (2017). Questioning the Readiness of Manado as a Tourism Destination: Poor Service of Waitresses in the Local Restaurants. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 5(1), 9-18.
Towoliu, B. I., Runtuwene, T., Permana, D. E., Lumettu, A., Alelo, M., & Sangari, F. (2020, August). Coastal Carrying Capacity for Mangrove Ecotourism Development, Case Study in Budo Village, North Minahasa Regency. In First International Conference on Applied Science and Technology (iCAST 2018) (pp. 132-135). Atlantis Press.
Utami, N. P. C. P. (2020, June). Analisis Perilaku Komunikasi Verbal Freelance Driver Guide Terhadap Wisatawan Di Kawasan Pariwisata Kuta, Bali. In Journey (Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management) (Vol. 2, No. 2, pp. 101-124).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.