Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Hospitality pada Kelompok Wisata di Desa Budo, Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9866

Keywords:

Pengetahun, Ketrampilan, Hospitality, Kelompok Wisata, Desa Budo

Abstract

Sikap hospitality sangat dibutuhkan oleh masyarakat lokal ketika desa tempat tinggal mereka akan dijadikan sebagai desa wisata. Sikap ini sangat berhubungan dengan cara masyarakat dalam menyambut tamu yang datang bahkan menginap di desa wisata.  Tujuan dari program pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan hospitality pada kelompok wisata di Desa Budo, kecamatan wori Kabupaten minahasa utara. Metode pelatihan dillakukan dalam bentuk: system pengajaran, simulasi melalui bermain peran, dan pada akhir pelatihan dilakukan evaluasi terhadap keseluruhan materi yang diajarkan. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan pengetahun dan ketrampilan dari kelompok wisata dan berdampak secara secara luas bagi masyarakat local di Desa Budo.

Author Biography

Benny Irwan Towoliu, Politeknik Negeri Manado

Benny Irwan Towoliu is a lecturer in Politeknik Negeri Manado, Tourism Department. He has passion in tourism field

References

Anonim. Undang-undang RI Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Bandung: Fokusindo Mandiri.

Ashley,C.,Roe,D.and Goodwin ,H.(2001) Pro-Poor Tourism: Making Tourism Work for the Poor.PPT Report No 1. London: ODI.IIED and ICRT.

Chatzigeorgiou, C., & Simeli, I. (2017). Perception of service quality in agrotourism accommodations: Impact on guest loyalty and re-visit intentions. Journal of Tourism, Heritage & Services Marketing (JTHSM), 3(1), 33-41.

King, C. A. (1995). What is hospitality?. International Journal of Hospitality Management, 14(3-4), 219-234.

Kunwar, R. R. (2017). What is hospitality?. The Gaze: Journal of Tourism and Hospitality, 8, 55-115.

Legiansyah, G. (2018). IMPLIKATUR DALAM TINDAK TUTUR ANTARA PEMANDU DENGAN WISATAWAN MANCANEGARA BERBAHASA INGGRIS: SATU ANALISIS PRAGMATIK (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Markovic, S., S. Raspor and K. Šegaric. 2010. Does restaurant performance meet customers’? Journal of Tourism and Hospitality Management 16(2), 181-195.

Pitana, I Gode. 2006. Kepariwisataan Bali dalam Wacana Otonomi Daerah. Jakarta: Puslitbang Kepariwisataan.

Tan, Q, A. Oriade and P. Fallon. 2014. Service quality and customer satisfaction in Chinese fast food sector: a proposal for CFFRSERV. Journal of Advances in Hospitality and Tourism Research (AHTR) 2(1), 30-53.

Towoliu, B. I., Sangari, F., & Permana, D. E. (2017). Questioning the Readiness of Manado as a Tourism Destination: Poor Service of Waitresses in the Local Restaurants. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 5(1), 9-18.

Towoliu, B. I., Runtuwene, T., Permana, D. E., Lumettu, A., Alelo, M., & Sangari, F. (2020, August). Coastal Carrying Capacity for Mangrove Ecotourism Development, Case Study in Budo Village, North Minahasa Regency. In First International Conference on Applied Science and Technology (iCAST 2018) (pp. 132-135). Atlantis Press.

Utami, N. P. C. P. (2020, June). Analisis Perilaku Komunikasi Verbal Freelance Driver Guide Terhadap Wisatawan Di Kawasan Pariwisata Kuta, Bali. In Journey (Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management) (Vol. 2, No. 2, pp. 101-124).

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Towoliu, B. I., Polii, B. D., & Mandulangi, J. (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Hospitality pada Kelompok Wisata di Desa Budo, Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 171–176. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9866

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.