Pelatihan Pengemasan Produk Wisata Pedesaan dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan bagi Karangtaruna di Desa Pelaga Kecamatan Petang Kabupaten Badung
Abstract
Desa Pelaga merupakan desa wisata yang terletak di Kabupaten Badung, Bali. Semenjak ditetapkan sebagai desa wisata pada tahun 2010, kunjungan wisatawan yang datang belum memenuhi harapan. Kunjungan wisatawan yang sedikit antara lain disebabkan pengetahuan anggota karangtaruna dalam mengemas produk wisata masih lemah. Kegiatan pengabdian masyarakat melalui pelatihan pengemasan produk wisata pedesaan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pariwisata, branding, atribut daya tarik wisata, sapta pesona, CHSE dan peranan kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan praktik membuat draft kemasan produk wisata. Keberhasilan pelatihan diukur menggunakan instrumen pretest dan post-test. Skala pengukuran dari 0 sampai dengan 100. Hasil pangabdian menunjukkan peningkatan pengetahuan masyarakat dari 67,50 menjadi 76,25. Peserta pelatihan juga mampu membuat draft paket produk wisata. Hasil kegiatan pengabdian memiliki arti penting dalam mengemas produk wisata dan memasarkannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Desa Pelaga.
Keywords
References
Arida, I. N. S. (2017). Ekowisata: Pengembangan, Partisipasi Lokal, dan Tantangan. In Cakra Press.
Astara, I. W. W., Wisnumurti, A. G. O., & Budiartha, I. nyoman P. (2019). Model Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Desa Adat di Desa Adat Kiadan-Pelaga-Badung- Bali. Community Service Journal (CSJ) Universitas Warmadewa, 1(2), 82–89. ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/csj/article/view/1244
Dewi, I. K., Suarja, I. K., Mataram, I. G. A. B., & Pertiwi, I. G. A. I. M. (2020). Program Pengabdian Desa Mitra Desa Wisata Pelaga Menuju Terbentuknya Rantai Pasokan Pariwisata (Tourism Supply Chain). Bhakti Persada, 6(2), 97–106. https://doi.org/10.31940/bp.v6i2.2002
Hartini, N. M., & Wisnawa, I. M. B. (2021). Sinergi Masyarakat dalam Mengelola Potensi Desa sebagai Desa Wisata Budaya di Desa Pekraman Pemanis Biaung, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan Bali. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK), 4(2), 97–104. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/para_dharma/article/view/1370
Hassan, A. (2020). Sustainable destination branding and marketing: strategies for tourism development. In Sustainable destination branding and marketing: strategies for tourism development. https://doi.org/10.1079/9781786394286.0000
Haven-Tang, C., & Sedgley, D. (2014). Partnership working in enhancing the destination brand of rural areas: A case study of Made in Monmouthshire, Wales, UK. Journal of Destination Marketing and Management, 3(1), 59–67. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2013.12.001
Hidayat, A. (2012a). Penjelasan Uji Reliabilitas Instrumen Lengkap. https://www.statistikian.com/2012/10/uji-reliabilitas-instrumen.html
Hidayat, A. (2012b). Tutorial Cara Uji T Paired dengan SPSS. Uji Paired T-Test. https://www.statistikian.com/2012/07/uji-t-paired-dengan-spss.html
Hidayat, A. (2012c). Tutorial Cara Uji Validitas Dengan SPSS - Validitas Instrumen. https://www.statistikian.com/2013/02/tutorial-uji-validitas-dengan-spss.html
Jarratt, D., Phelan, C., Wain, J., & Dale, S. (2018). Developing a sense of place toolkit: Identifying destination uniqueness. Tourism and Hospitality Research. https://doi.org/10.1177/1467358418768678
Kemenparekraf. (2020a). Model dan Proses Verifikasi, Sertifikasi CHSE. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kemenparekraf. (2020b). Panduan Pelaksanaan Kelestarian Lingkungan untuk Sektor Ekonomi Kreatif (Vol. 1, Issue 1).
Khairunnisa, A. (2020). Implementasi pariwisata berkelanjutan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi masyarakat perspektif Islam: Studi Di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon …. etheses.uin-malang.ac.id. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/17742
Kotler, P., Bowen, J. R., & Makens, J. (2014). Marketing for hospitality and tourism . 2010. In Droleng Kindersely publication.
Mutiarin, D., Utami, S., & Damanik, J. (2021). New Normal Policy: Promosi Kebijakan Pariwisata Dalam Rangka Percepatan Penanganan Dampak Covid-19. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(1), 20–33. https://doi.org/10.34013/jk.v5i1.277
Nugeraha, P., & Subagja, G. (2022). Pelatihan Online Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Bubuk Kakao bagi Generasi Muda di Desa Sukabanjar Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 261. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.8641
Ozdemir-Guzel, S., & Bas, Y. N. (2021). Gen Z tourists and smart devices. In Generation Z Marketing and Management in Tourism and Hospitality: The Future of the Industry (pp. 141–165). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-70695-1_6
Pemkab Badung. (2021). Desapelaga Badung. Https://Desapelaga.Badungkab.Go.Id/. https://desapelaga.badungkab.go.id/jumlah-penduduk
Prena, G. Das, & Baru, A. M. (2022). Manajemen Strategi Kebijakan Publik Sektor Pariwisata di Bali pada Masa Covid-19. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 247. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.8071
Raharjo, S. (2012). Cara Melakukan Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan SPSS - SPSS Indonesia. Cara Melakukan Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov Dengan SPSS - SPSS Indonesia. http://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-normalitas-kolmogorov-smirnov-spss.html
Roy Jaya Saragih, W., Sendra, I. M., & Sasrawan Mananda, I. G. (2015). Karakteristik Dan Motivasi Wisatawan Ekowisata Di Bali (Studi Kasus Di Jaringan Ekowisata Desa). Jurnal IPTA, 3(1), 17. https://doi.org/10.24843/ipta.2015.v03.i01.p04
Sutiani, N. W. (2022). Peran Serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Taro Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar. Jurnal Cakrawarti, 04(02).
Wisnawa, I. M. B., Kartimin, I. W., & Hartini, N. M. (2022). Brand dan E-Marketing Pariwisata (W. N. Cahyo (ed.); First). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=NRF2EAAAQBAJ&pg=PR3&lpg=PR3&dq=brand+dan+e-marketing+pariwisata+bayu+wisnawa&source=bl&ots=DCVr1y0gmd&sig=ACfU3U1dvMKeC8uyXDlengDXP8LqgicdIQ&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwi4xODXgbb5AhVWRmwGHaNoDUUQ6AF6BAgTEAM#v=onepage&q=brand
Wisnawa, I. M. B., Prayogi, P. A., & Sutapa, I. K. (2021). Manajemen Pemasaran Pariwisata- Pengembangan Potensi Produk Wisata Perdesaan (A. Y. Wati (ed.); First). Deepublish. https://books.google.co.id/books/about/Manajemen_Pemasaran_Pariwisata_Pengemban.html?id=ezcgEAAAQBAJ&redir_esc=y
Wisnawa, I. M. B., Saharjo, S. A. J., Anak Agung Ratih Wijayanti, Ni Nyoman Nidya Trianingrum, Ni Wayan Mekarini, & I Made Hedy Wartana. (2021). Pendampingan Desa Wisata Dalam Meningkatkan Kepuasan Wisatawan Pada Era New Normal Di Desa Wisata Sangeh. Synergy and Society Service, 1(2), 56–66. https://doi.org/10.51713/save.v1i2.49
Wisnawa, I. M. B., Sutapa, I. K., & Prayogi, P. A. (2019). Manajemen Pemasaran Pariwisata : Model Brand Loyalty Pengembangan Potensi Wisata di Kawasan Pedesaan (A. D. Nabila (ed.); First, Issue 1). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran_Pariwisata_Model_Bra/5QTQDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=I+Made+bayu+wisnawa&pg=PR6&printsec=frontcover
DOI: 10.30595/jppm.v8i1.15366
Copyright (c) 2024 I Made Bayu Wisnawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2549-8347
|
|
Statcounter