Konsumsi Sehat Berakar dari Pangan Lokal: Edukasi Terpadu Pangan, Kuliner, dan Gizi Bagi Masyarakat Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v8i3.17195Keywords:
Edukasi Terpadu, Pangan Lokal, Kuliner Sehat, Gizi, Desa PadaasihAbstract
Kekayaan potensi pangan lokal Indonesia merupakan faktor penting pendukung kecukupan gizi kehidupan masyarakat. Hal ini juga terlihat dari kekayaan pangan di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat yang secara geografis terletak di dataran tinggi. Kondisi tanah di kawasan ini cocok untuk mendukung tumbuh-suburnya berbagai jenis pangan lokal berbasis nabati dan juga hewani. Tidak heran di kawasan ini didapati banyak hasil perkebunan sayur-sayuran, buah-buahan, serta susu berkualitas baik yang sejatinya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi gizi masyarakatnya. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, produk pangan lokal di Padaasih berbanding terbalik dengan masih rendahnya pemanfaatan sayur-sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak serta dimanfaatkan dalam sektor UMKM masyarakat. Melalui program PPM integratif bertajuk Konsumsi Sehat Berakar dari Pangan Lokal: Edukasi Terpadu Pangan, Kuliner, dan Gizi bagi Masyarakat Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat ini edukasi pengetahuan tanaman pangan dan gizi dapat terdiseminasikan terutama untuk para ibu yang memiliki anak-anak balita, siswa-siswa SD, dan para pelaku UMKM. Dari kegiatan PPM ini diharapkan dapat menjadi semacam percontohan bagi berbagai pihak yang menaruh kepentingan terhadap sektor pangan, kuliner, dan gizi dalam melakukan peningkatan kualitas kesejahteraan hidup masyarakat.
References
Atherthon, J. S. 2010. Learning and Teaching; Piaget's developmental theory UK: http:// www.learningandteaching.info/learning/piaget.html. Diakses: 4 January 2011 http://www.learningand teaching.info/learning/piaget.html.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung Barat. 2021. Kabupaten Bandung Barat dalam Angka 2021. Bandung: Badan Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung Barat.
Fatchurrohmah, A. E., Sarwi, & Utsman. 2017. “Pengaruh Problem Based Learning Melalui Demonstrasi dan Diskusi terhadap Kemampuan Verbal”, Journal of Primary Education, 6(2), 140–146.
John, D. R., & Whitney Jr, J. C. 1986. The Development Of Consumer Knowledge In Children: A Cognitive Structure Approach. Journal Of Consumer Research, Vol. 12.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Buku Saku Pemantauan Status Gizi. Jakarta: Direktorat Gizi Masyarakat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan.
Kholid, Ahmad. 2012. Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2011. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Martenson, E. K., & Fagerskiold, A. M. 2007. A Review of Children Decision Making Competence in health care. Journal of Clinical Nursing, Vol. 17, 3131-3141.
Muljanto, M. A. 2020. “Pencatatan dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM di Sidoarjo”, Jurnal Ilmiah Pangabdhi. Vol. 6 (1): 40-43.
Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Munir. 2013. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. 2018. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA.” Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Notoatmodjo. 2012. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Oetoro, S., Parengkuan, E., & Parengkuan, J. 2012. Smart Eating. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful. 2017. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Setiani, D. Y., & Warsini. 2020. Efektifitas Promosi Kesehatan Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Pencegahan Osteoporosis. Jurnal Kesehatan Holistic, 4(2), 55–67. https://doi.org/10.33377/jkh.v4i2.83
Susanti, Vera, Subekti, Sri, & Nurhayati, Ai. 2015. “Analisis Pengetahuan Gizi Ibu Balita di Desa Pasirlangu Cisarua Bandung Barat”, Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, vol. 4 no. 2, November. https://doi.org/10.17509/boga.v4i2.8420
Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. 2018. Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian Di SMK. Taman Vokasi, 6(1), 68. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2839
Waryana. 2016. Promosi Kesehatan, Penyuluhan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.