Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu
Abstract
Kegiatan ini dilaksanakan untuk guru IPS Terpadu Kabupaten Sintang. Tujuan dari kegiatan ini adalah : 1) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru tentang pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran IPS Terpadu, 2) Meningkatkan kemampuan memilih media pembelajaran yang tepat pada setiap proses pembelajaran IPS Terpadu,3) Meningkatkan keterampilan memanfaatkan bahan-bahan sederhana serta aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia untuk menghasilkan media pembelajaran yang tepat guna. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: 1) Workshop tentang manfaat penggunaan media pembelajaran dalam dan cara memilih media pembelajaran yang tepat serta penggunaan berbagai media pembelajaran. 2) Pelatihan membuat media pembelajaran IPS Terpadu dengan memanfaatkan bahan sekitar yang sederhana dan aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia. 3) pendampingan terhadap guru-guru IPS dalam menggunakan media pembelajaran yang telah di rancang pada proses pembelajaran IPS Terpadu. Hasil kegiatan berupa peningkatan kemampuan guru dalam memilih dan menentukan media pembelajaran yang tepat sesuai materi ajar, memanfaatkan sumber-sumber yang ada untuk membuat media pembelajaran dan membuat inovasi media pembelajaran IPS Terpadu.
Keywords
References
Jamaludin., (2016). Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran. At-Tabligh, 1(1).
Prastya, A., (2016). Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru. Prosiding, Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, (26 November 2016), 632–641.
Rahmattullah, M., (2011). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 178–186.
Rahmawati, S., & Baharuddin. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Badar dan SMP Negeri 5 Badar Kab. Aceh Tenggara. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(1).
Ramli, M. (2015). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal, 13(23), 130–154.
Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13.
DOI: 10.30595/jppm.v3i1.3507
Copyright (c) 2019 Yulia Suriyanti, Munawar Thoharudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ISSN: 2549-8347
|
|
Statcounter