Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3507Keywords:
Media Pembelajaran, IPS Terpadu, Guru IPS TerpaduAbstract
Kegiatan ini dilaksanakan untuk guru IPS Terpadu Kabupaten Sintang. Tujuan dari kegiatan ini adalah : 1) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru tentang pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran IPS Terpadu, 2) Meningkatkan kemampuan memilih media pembelajaran yang tepat pada setiap proses pembelajaran IPS Terpadu,3) Meningkatkan keterampilan memanfaatkan bahan-bahan sederhana serta aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia untuk menghasilkan media pembelajaran yang tepat guna. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: 1) Workshop tentang manfaat penggunaan media pembelajaran dalam dan cara memilih media pembelajaran yang tepat serta penggunaan berbagai media pembelajaran. 2) Pelatihan membuat media pembelajaran IPS Terpadu dengan memanfaatkan bahan sekitar yang sederhana dan aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia. 3) pendampingan terhadap guru-guru IPS dalam menggunakan media pembelajaran yang telah di rancang pada proses pembelajaran IPS Terpadu. Hasil kegiatan berupa peningkatan kemampuan guru dalam memilih dan menentukan media pembelajaran yang tepat sesuai materi ajar, memanfaatkan sumber-sumber yang ada untuk membuat media pembelajaran dan membuat inovasi media pembelajaran IPS Terpadu.
References
Jamaludin., (2016). Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran. At-Tabligh, 1(1).
Prastya, A., (2016). Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru. Prosiding, Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, (26 November 2016), 632–641.
Rahmattullah, M., (2011). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 178–186.
Rahmawati, S., & Baharuddin. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Badar dan SMP Negeri 5 Badar Kab. Aceh Tenggara. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(1).
Ramli, M. (2015). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal, 13(23), 130–154.
Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.