Pendampingan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Guna Meminimalisasi Kemungkinan Buta Aksara pada Anak-Anak di Arjasa Jember

Authors

  • Eko Yudi Febriyanto Universitas Jember
  • Erfan Yudianto Universitas Jember http://orcid.org/0000-0002-8508-421X
  • Gilang Prayogo Universitas Jember
  • Falih Helmi Wibisono Putra Universitas Jember
  • Muhammad Ilzam Maulana Universitas Jember
  • Muhammad Imam Husain Universitas Jember
  • Carlos Manuel Universitas Jember
  • Mayra Fadhilla Dewi Universitas Jember
  • Adillia Natasya Saputri Universitas Jember
  • Siti Holifa Hidayat Universitas Jember
  • Febrianti Pribadi Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v9i1.23708

Keywords:

Arjasa, Buta Aksara, Cooperative Learning, Pendampingan

Abstract

Indonesia masih belum maksimal dalam mengupayakannya terutama dalam dunia Pendidikan yang dibuktikan dengan tingginya angka buta aksara. Kabupaten Jember merupakan salah satu daerah yang memiliki presentase buta aksara tertinggi, dengan total mencapai 167.118 juta yang tersebar pada usia produktif 15 hingga 59 tahun serta tersebar di 31 Kecamatan di Kabupaten Jember. Setelah dilakukan penelitian mengenai beberapa daerah di Jember didapatkan informasi mengenai buta aksara di Desa Arjasa, Kabupaten Jember. Sebelum dilakukan pendampingan terdapat 20 siswa yang terdaftar dalam program pengabdian yang ditengarai belum mampu membaca dengan lancar. Selanjutnya dilakukan kegiatan observasi pada daerah dan dilakukan wawancara kepada warga desa, karang taruna, dan Perangkat Desa tersebut. Berdasarkan analisa masalah dan kebutuhan didapatkan hasil yakni penyelenggaraan pendampingan pembelajaran berbasis Cooperative Learning dalam meminimalisasi kemungkinan buta aksara yang diselenggarakan di Omah Dolan Desa Arjasa Jember. Metode pelaksanaan terdiri dari tahap tahap awal, tahap perancangan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Metode pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara bergantian antara ruang dalam gedung (indoor) dan lingkungan luar (outdoor) dalam beberapa pertemuan. Hasil dari kegiatan pendampingan tersebut adalah terdapat peningkatan 8 dari 20 siswa (40%) telah mampu membaca dengan lancar dan 12 siswa lainnya masih dalam proses perkembangan lebih lanjut. Dengan demikian, direkomendasikan kepada guru-guru SDN Arjasa 03 untuk mencoba menerapkan pembelajaran melalui pendekatan Cooperative Learning.

References

Amin, & Sumendap, L. Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer (Vol. 1). Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi.

Badan Pusat Statistik. (2023). Persentase Penduduk Buta Huruf 2021-2023. Retrieved July 17, 2024, from bps.go.id website: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTAyIzI=/persentase-penduduk-butahuruf.html

Batubara, F. A., Rahayu, A. P., Sudarso, H., Nuswantoro, P., & Rahmiati, S. (2024). Eksplorasi Project Based Learning Dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9408–9418.

Dispendik. (2024). Anak Tidak Sekolah Kabupaten Jember. Retrieved March 3, 2025, from https://mydispendik.jemberkab.go.id/ website: https://mydispendik.jemberkab.go.id/anak-tidak-sekolah.html

Fitriani, A., & Attalina, S. N. C. (2024). Analisis Implementasi Program Klinik Literasi GEDEBUK dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa pada Kurikulum Merdeka. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 768–779.

Jessica, V., Halis, A., Ningsi, D. W., Virginia, G. F., & Syahidah, . (2017). Pemberantasan Buta Aksara untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Masyarakat Sekitar Hutan Desa Manipi, Kecamatan Pana, Kabupaten Mamasa. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 136–142. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.3.2.136-142

Kahar, M. S., Ibrahim, I., Rusdi, A., & Sukmawati, S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Papua Di Distrik Bikar Kabupaten Tambrauw Melalui Pemberantasan Buta Aksara. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 129–138. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i1.275

Khodijah, S. (2023). Evaluasi Program Organisasi Penggerak Sekolah Literasi Indonesia pada Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa Parung Bogor (Thesis). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102.

Maulida, F. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Islam Pada Program Keluarga Harapan Untuk Meingkatkan Kesejahteraan Sosial Di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung (Disertasi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Panggalih, S., & Fatimah, N. (2015). Upaya Pemberantasan Buta Aksara di Kalangan Perempuan Lansia dengan Metode Jurnalisme Warga. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 4(1), 1–11.

Siswanto, M. B. E., Pratiwi, E. Y. R., Ma’rifatulloh, S., Nuruddin, M., & Astuti, I. M. D. (2020). Pemberantasan Buta Huruf Melalui Zona Literasi Terpadu Di Desa Rapah Ombo. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1), 19–25.

Slavin, R. (2008). Coorperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media.

Syata, W. Muh., Bellona Mardatillah Sabillah, B. M., & Ramadhani, R. (2024). Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Pada Anak di SD 130 Inpres Gantarang. ABDI SAMULANG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 86–93. https://doi.org/10.61477/abdisamulang.v3i2.38

Ulyati, M., Palupi, R. I., Fauzan, M. N., & Kurniawan, M. (2024). Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Pertumbuhan Usaha Kecil (Mikro) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Papua Tahun 2014-2023. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, Dan Perpajakan, 1(3), 59–74.

Downloads

Published

2025-03-17

How to Cite

Febriyanto, E. Y., Yudianto, E., Prayogo, G., Putra, F. H. W., Maulana, M. I., Husain, M. I., … Pribadi, F. (2025). Pendampingan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Guna Meminimalisasi Kemungkinan Buta Aksara pada Anak-Anak di Arjasa Jember. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 9(1), 29–39. https://doi.org/10.30595/jppm.v9i1.23708