Joyfull learning: Pelatihan Guru Pelajaran Sosiologi di Kota Prabumulih dan Lahat

Authors

  • Ridhah Taqwa Universitas Sriwijaya
  • Mulyanto Mulyanto Universitas Sriwijaya
  • Didi Tahyudin Universitas Sriwijaya
  • Dyah Hapsari Universitas Sriwijaya
  • Lamtarida Deasy L. Toruan Universitas Sriwijaya
  • Muslim Muslim Universitas Sriwijaya
  • Melinda Melinda Universitas Sriwijaya
  • Adetia Wulindari Universitas Sriwijaya
  • Ariyanti A. Pratiwi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7759

Keywords:

Joyfull learning, Pelajaran Sosiologi, Menyenangkan, Kreatif

Abstract

Pelajaran sosiologi dinilai monoton dan membosankan siswa, karena materinya terlalu teoritis, dan banyak guru sosiologi tidak berlatar belakang sarjana sosiologi. Karena itu diperlukan model pembelajaran yang menyenangkan, praktis, tidak monoton dan menarik minat siswa terhadap mata pelajaran sosiologi. Tujuan pelatihan adalah mengubah paradigma pembelajaran yang bersifat konvesional  menjadi kreatif dan menyenangkan, mempraktikkan dan menerapkan  metode “Joyfull learning” sebagai strategi pembelajaran Sosiologi dalam memahami fenomena sosial, dan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga pelajaran sosiologi menarik peserta didik. Metode penyampaian materi kepada peserta training, selain metode ceramah dan diskusi, sekaligus studi kasus, juga dengan role playing. Model pembelaharan yang disebut Joyfull learning ini telah dipraktikkan di 2 sekolah (SMA) di Kota Prabumulih dan Lahat yang diikuti  guru-guru, baik yang berlatar pendidikan sosiologi atau sosiologi murni, maupun bidang guru berlatar bidang ilmu sosial lainnya. Materi training dan praktik yang disampaikan kepada guru Sosiologi, yaitu : (1) teka teki Silang); (2) tebak kata; (3) tebak tokoh sosiologi; Hasilnya setelah ditraining guru sosiologi lebih kreatif mengemas materi pembelajaran, sehingga lebih menyenangkan dan menarik bagi peserta didik. Pelajaran sosiologi pun lebih mudah diaplikasikan di kelas.

References

Afandi, Muhamad, dkk. (2013). Model dan Metode Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Pers.

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rienika Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Indrizal, Edi. Diskusi Kelompok Terarah Focus Group Discussion (FGD) (Prinsip-Prinsip Dan Langkah Pelaksanaan Lapangan) http://repo.unand.ac.id/4984/1/Artikel%20Edi%20Indrizal.pdf. (diunduh 17 Mei 2019)

Murdiyaningsih. (2011). Proses Pembelajaran Sosiologi Dalam Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di SMA Negeri 1 Pegandon Kabupaten Kendal. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial UNS.

Modul Pelatihan Guru Mata Pelajaran Sosiologi Kelompok Kompetensi B. (2016). Direktorat jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nur, Muhammad, dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTSN Meuraxa Banda Aceh. Jurnal Imiah Pendidikan Sejarah. Vol. I No. 1 Bulan Oktober 2016.

Salirawati, Das. (2012). Pentingnya Penerapan Joyful Learning Dalam Penciptaan Suasana Belajar Yang Menyenangkan. Yogyakarta : Seminar Jurdik Kimia FMIPA UNY.

Tin, Sumarni. (2011). Active Learning and Joyful Learning (PAIKEM) sebagai pembelajaran persfektif. http://tinsumarni20.blogspot.co.id/2011/04/active-learning-and-joyfull-learning.html. (diunduh 11 Mei 2019)

Uno, H. Hamzah. (2008). Profesi Kependidikan Problema dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Permata, Putra. (2012). Metode Pembelajaran Permainan Crossword Puzzle. Artikel pendidikan. https://putranyapermata.wordpress.com/pendidikan/metodepembelajaran/ (diunduh 16 Mei 2019)

Website

https://akselera.wordpress.com/2010/08/20/definisi-ice-breaking-ice-breaking-definition/ (diunduh 10 Mei 2019)

http://eprints.umk.ac.id/1645/2/BAB_II.pdf

http://puzzlemaker.discoveryeducation.com/CrissCrossSetupForm.asp?campaign=flyout_teachers_puzzle_crisscross (diunduh 12 Mei 2019)

http://puzzlemaker.discoveryeducation.com/CrissCrossSetupForm.asp?campaign=flyout_teachers_puzzle_crisscross (diunduh 15 Mei 2019)

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Taqwa, R., Mulyanto, M., Tahyudin, D., Hapsari, D., Toruan, L. D. L., Muslim, M., … Pratiwi, A. A. (2022). Joyfull learning: Pelatihan Guru Pelajaran Sosiologi di Kota Prabumulih dan Lahat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 205–214. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7759