Sosialisasi Peningkatan Kinerja Karyawan dan Layanan Konsumen Lima Roti Premium Bakery
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v8i1.20697Keywords:
Usaha Bakery, Kinerja Karyawan, Pelayanan Konsumen, Pengetahuan, KeterampilanAbstract
Kontribusi UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi sangat signifikan. Oleh sebab itu, kinerja usaha jenis ini sangat penting untuk ditingkatkan. Salah satu bagian kinerja yang harus diperhatikan adalah kinerja karyawan. Karyawan merupakan unsur penting dalam pertumbuhan usaha. Cara karyawan melayani pelanggan sangat mempengaruhi keberlanjutan hubungan pelanggan dengan usaha. Proses operasioan dalam bisnis dan pelayanan terhadap konsumen yang kurang memuaskan disebabkan oleh kurangnya keterampilan dan pengetahuan karyawan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan peningkatan kinerja karyawan yang meliputi keterampilan dan pengetahuannya sehingga dapat mempercepat proses produksi, distribusi, transaksi, dan pelayanan konsumen yang berkualitas. Kami menggunakan metode sosialisasi interaktif untuk menyampaikan pengetahuan terkait peningkatan pengetahuan dan keterampilan berproduksi, packaging, melayani pembayaran, dan distribusi. Kegiatan ini menggabungkan metode pembelajaran di lokasi usaha untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang keterampilan karyawan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melibatkan akademisi, pemilik usaha, mahasiswa, dan karyawan Toko Lima Roti Premium Bakery. Keberhasilan kegiatan ini diukur dengan hasil penilaian peserta sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran. Penilaian di awal dilakukan dalam bentuk pengisian form kualitas pelayanan (service quality check list). Sebagian besar karyawan mengisi dan mengakui bahwa kualitas pelayanan mereka belum maksimal. Di akhir sesi pembelajaran, tim memberikan post test kepada 10 karyawan dan mendapati bahwa seluruh karyawan cenderung menjawab pertanyaan dengan tepat dengan rata-rata skor 87,50. Pelatihan ini berhasil memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan tentang peningkatan kinerja karyawan Lima Roti Premium Bakery Ambon. Pengetahuan dan keterampilan tersebut diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan kinerja karyawan dan pelayanan terhadap konsumen di Toko Lima Roti Premium Ambon.
References
Aima, H., Adam, R., & Ali, H. (2017b). Model of Employee Performance: Competence Analysis and Motivation (Case Study atPT. Bank Bukopin, Tbk Center). In Quest Journals Journal of Research in Business and Management (Vol. 4). www.questjournals.orgwww.questjournals.org
Christy, N., & Sholihati Amalia, dan. (2017). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan The Influence of Job Stress on Employees Job Performance. Jurnal Riset Bisnis & Investasi, 3(2).
Fitri, W., Muttasari, E., & Lukiastuti, F. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Cashless Transaction Behavior (Studi Pada Karyawan Sekretariat Daerah Kabupaten Blora). Jurnal Studi Manajemen Bisnis Vol. 01 No. 02.
Ingemarson, C., & Andersson, G. (2022). Service Quality effect on Customer Satisfaction and Word of Mouth. Bachelor Programme in International Business Administration.
Millah, H., dan Suryana, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Alfamart Di Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan). Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 6 No. 2.
Ndugi, F.N., Tuitoek, P. J., dan Aboud, A.A. (2017). Socio-Economic Status, Knowledge, Awareness And Attitudes Of The Swahili Community In Relation To Dietary Habits, Obesity And Lifestyle Diseases. African Journal of Food, Agriculture, Nutrition, and Development Vol. 17, No. 1.
Nika, F., & Bashir, I. (2023). Impact of Psychological Well-being on Employee Performance and Productivity. Productivity, 63(4), 417–427. https://doi.org/10.32381/PROD.2023.63.04.5
Raghuvanshi, M. (2016). Knowledge and Awareness: Linear Regression. Educational Process: International Journal, 5(4), 279–292. https://doi.org/10.22521/edupij.2016.54.2
Rahul, C., Ali, H., & Munawar, N. A. (2019a). Building Performance Service Through Transformational Leadership Analysis, Work Stress and Work Motivation (Empirical Case Study In Stationery Distributor Companies). 1(1). https://doi.org/10.31933/DIJEMSS
Riyanto, S., Sutrisno, A., & Ali, H. (2017a). International Review of Management and Marketing The Impact of Working Motivation and Working Environment on Employees Performance in Indonesia Stock Exchange. International Review of Management and Marketing, 7(3), 342–348. http:www.econjournals.com
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.