Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi pada UMKM Batik Ayu Arimbi, Sleman, Yogyakarta

Aurellia Salsa Armilda, Syaiful Fakhri, Farida Khuriati Zahro, Aisyah Candra Puspita, Adam Hanafi, Noviana Dyah Ayu Safitri

Abstract


UMKM Batik Ayu Arimbi merupakan unit usaha produksi batik. UMKM Batik Ayu Arimbi terbentuk melalui pelatihan membatik yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Yogyakarta. UMKM ini terletak di Desa Plalangan, Kelurahan Pandowoharjo, Kecamatan Sleman. Permasalahan yang ada di dalam UMKM ini adalah kurangnya pemanfaatan media sosial sebagai media promosi, hal tersebut memberikan dampak pada rendahnya penjualan produk batik yang telah diproduksi. Selain hal tersebut, faktor usia para anggota UMKM sudah tidak muda lagi sehingga perlu belajar dalam penggunaan media sosial dengan baik. Tujuan adanya kegiatan ini adalah agar pengurus UMKM Batik Ayu Arimbi mampu memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai media promosi produk-produk batik mereka. Metode yang digunakan adalah pelaksanaan asesmen, perencanaan pelatihan dan pelaksanaan pelatihan mengenai penggunaan media sosial sebagai media promosi. Hasil dari dilaksanakannya pelatihan ini yaitu anggota UMKM Batik Ayu Arimbi dapat mengetahui dan mampu menggunakan media sosial sebagai media promosi dengan baik.


Keywords


Media Sosial; Optimalisasi; Promosi; UMKM

References


Arifin, Z., Budi Wahono, B., Prihatmoko, D., & Riyoko, S. (2020). Inovasi Peningkatan Hasil Tangkapan Ikan Produk Unggulan Daerah oleh Nelayan Purse Seine Menggunakan Teknologi GPS. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(1), 54–62. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.4779

Azwar, S. (2010). Sikap Manusia. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal studi manajemen dan bisnis, 5(2), 64-69. https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.654

Harahap, A & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 13-24. https://doi.org/10.37676/professional.v7i2

Harto, D., Pratiwi, S. R. Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan internet marketing dalam meningkatkan pendapatan pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033

Permatasari, M. P., & Endriastuti, A. (2020). Pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran bagi UMKM di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 91. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.91-99

Nurjanah, A., & Sakir, S. (2023). Pemberdayaan UMKM Emping Ngijon, Sendangarum, Minggir, Sleman Berbasis Digital Marketing. JPPM, 7(2), 387-985. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.15231

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Putri, D. E. (2021). Hubungan fungsi kognitif dengan kualitas hidup lansia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1147-1152.

Riyanto, A. D., & Noeris, M. F. (2018). Pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi online untuk pelaku UMKM di Cilacap. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 53.http://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.236

Sugihartati, R. (2014). Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer. Jakarta, Kencana.

Trisnani. 2018. Analisis Akses dan Penggunaan Media Sosial Oleh Rumah Tangga dan Individu di Kota Batu Jawa Timur. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika. 7(2), 72-86.

Vernia, M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1 (2), 105-118. https://doi.org/10.30599/utility.v1i2.71

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74. http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Widyaningrum, P. W. (2016). Peran media sosial sebagai strategi pemasaran pada sewa kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah, 2(2), 230-257. https://doi.org/10.21111/tijarah.v2i2.744

Yoo, K. H & Gretzel, U. (2011). Creating More Credible and Persuasive Recommender Systems: The Influence of Source Characteristics on Recommender System Evaluations. Recommender Systems Handbook, Vienna, Austria: Springer.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v8i1.21203

Copyright (c) 2024 Aurellia Salsa Armilda, Syaiful Fakhri, Farida Khuriati Zahro, Aisyah Candra Puspita, Adam Hanafi, Noviana Dyah Ayu Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347