Penyuluhan dan Peningkatan Motivasi Kader Peduli ASI (KP-ASI) Dusun Jetis, Ngemplak, Sleman
DOI:
https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7891Keywords:
ASI, Kader, Menyusui, Motivasi, PenyuluhanAbstract
Kader Peduli ASI (KP-ASI) secara sukarela bertugas sebagai penggerak kegiatan ASI eksklusif di wilayahnya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui keberlanjutan KP-ASI yang telah terbentuk di Dusun Jetis, Ngemplak, Sleman serta mendukung aktivitas KP-ASI dalam membantu ibu menyusui di Dusun Jetis untuk memberikan ASI eksklusif. Metode pelaksanaan kegiatan adalah dengan Focus Group Discussion (FGD), penyuluhan interaktif dan pemberian motivasi (konseling) kepada kader KP-ASI dan ibu menyusui di Dusun Jetis dengan materi efektivitas konseling ASI eksklusif, tips advokasi ASI eksklusif dan menghindari pengaruh susu formula, serta klarifikasi mitos-mitos di masyarakat mengenai ASI dan gizi pada ibu menyusui. Hasil FGD menunjukkan KP-ASI Dusun Jetis telah melakukan kegiatan pemberian motivasi tentang ASI eksklusif kepada para ibu menyusui secara informal. KP-ASI belum pernah memberikan penyuluhan secara formal kepada ibu menyusui dan permasalahan yang diidentifikasi pada KP-ASI adalah kurangnya kepercayaan diri kader serta perlunya pengetahuan praktis tentang menyusui. Seluruh peserta penyuluhan mengetahui lama pemberian ASI eksklusif yaitu selama 6 bulan dan sebanyak 52,7% memiliki pengetahuan baik dan cukup setelah kegiatan penyuluhan. Edukasi dari petugas kesehatan diperlukan untuk meningkatkan pemahaman kader mengenai ASI eksklusif, cara menyusui dan menyimpan ASI, serta konseling tentang ASI dan gizi bayi kepada ibu menyusui.
References
Anggreini, D. (2018). Pendampingan dan tutorial ASI eksklusif sebagai upaya membentuk sistem imunitas serta kecerdasan pada anak. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 235-243. https:// doi.org./10.30595/jppm.v2i2.2335
Ernawati, Bakhtiar, & Tahlil, T. (2016). Peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan ibu dalam memberikan ASI eksklusif melalui edukasi kelompok. Jurnal Ilmu Keperawatan, 4(2), 110-121.
Idris, F.P., Hadju, V., Thaha, R., Djafar, N., & Palutturi, S. (2016). Comparative study of maternal behaviour in exclusive breastfeeding in two work area health centres of Jeneponto District, Indonesia. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 30(2), 130-141.
Kim, J.H., & Unger, S. (2010). Human milk banking. Paediatrics & Child Health, 15(9), 595–598. https://doi.org/10.1093/pch/15.9.59
Merdhika, W.A.R., Mardji, & Devi, M. (2014). Pengaruh penyuluhan ASI eksklusif terhadap pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif dan sikap ibu menyusui di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Teknologi dan Kejuruan, 37(1), 65-72. http://dx.doi.org/10.17977/tk.v37i1.4108
Nurhidayah, I., Hidayati, N.O., & Nuraeni, A. (2019). Revitalisasi posyandu melalui pemberdayaan kader kesehatan. Media Karya Kesehatan, 2(2), 145-157. https://doi.org/10.24198/mkk.v2i2.22703.g11276
Prastiwi, R.S., Qudriani, M., Maulida, I., Ludha, N., & Arsita, R. (2018). Peningkatan persepsi kecukupan ASI pada ibu menyusui. Jurnal Abdimas PHB, 1(1), 42-48. http://dx.doi.org/10.30591/japhb.v1i1.687
Septiani, H.U., Budi, A., & Karbito. (2017). Faktor-Faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif oleh ibu menyusui yang bekerja sebagai tenaga kesehatan. Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 159-174.
Sriningsih, I. (2011). Faktor demografi, pengetahuan ibu tentang air susu ibu dan pemberian ASI eksklusif. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 100-106. https://doi.org/10.15294/kemas.v6i2.1759
WHO (World Health Organization). (2020, April). Infant and young child feeding. Geneva: WHO. Diunduh dari: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/infant-and-young-child-feeding
Widayanti, R.S., & Wahyuningsih, .I.R. (2016). Pemberdayaan kelompok pendukung ASI eksklusif dalam gerakan Gemar ASI Eksklusif. Jurnal WARTA, 19(1), 90-96.
Wijayanti, K., Wardani, N.I., Muyassaroh, Y., & Komariyah. (2017). Peningkatan cakupan ASI di wilayah Kelurahan Karangjati Kecamatan Blora Kabupaten Blora melalui pelatihan kader ASI. Jurnal LINK, 13(2), 24-27.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Indonesian version:
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.