Pemanfaatan Listrik Matahari sebagai Listrik Cadangan Penerangan dan Pengeras Suara Adzan

W Winarso, Wakhyu Dwiono, Itmi Hidayat Kurniawan

Abstract


Masjid Al-Hasan terletak di Desa Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga. Masjid Al-Hasan merupakan pusat kegiatan kaum muslim utamanya adalah persyarikatan Muhammadiyah Ranting. Di Area Masjid Al-Hasan Kalikabong terdapat Madrasah Ibditidaiyah dan menjadi pusat belajar masyarakat. Untuk mendukung kegiatan itu, Masjid Al-Hasanmenyediakan fasilitas kelistrikan seperti sistem penerangan, pengeras suara adzan dan beberapa pendingin ruangan (air conditioner). Fasilitas kelistrikan tersebut sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat sekitar karena kegiatan-kegiatan di lingkungan masjid seperti sholat berjamaah, kajian subuh, dan informasi penting dapat didengarkan dengan jelas melalui pengeras suara. Selain itu fasilitas pendingin ruangan juga menambah kenyamanan saat beribadah. Untuk mendukung sistem kelistrikan tersebut masjid Al-Hasanmenggunakan sumber listrik PLN sebesar 5,5 kVA. Sistem suplai listrik PLN tidak selalu tersedia dengan baik dan adakalanya mengalami pemadaman. Pemadaman suplai listrik yang tidak tentu menyebabkan kendala bagi kegiatan disekitar masjid Al-Hasan.  Sistem penyimpan listrik yang bersumber dari energi matahari merupakan sistem cadangan listrik yang dapat mensuplai fasilitas kelistrikan yang ada pada masjid Al-Hasan. Pada IbM ini telah dilakukan pembuatan sistem cadangan listrik dari energi matahari untuk mensuplai sistem penerangan dan pengeras suara adzan. Metode kegiatan ini adalah dengan studi literatur, observasi lapangan kebutuhan listrik untuk masjid Al-Hasan dan kemudian pembuatan sistem listrik cadangan ini. Hasil kegiatan ini untuk pengelola masjid sangat bermanfaat yaitu saat pengujian suara adzan sistem listrik cadangan dapat mensuplai perangakat audio adzan selama 15 menit serta dapat mensuplai beberapa buah lampu disaat listrik PLN dipadamkan.


Keywords


energi listrik, energi matahari, cadangan listrik, fasilitas, suplai

References


Abudin Nata, Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2017), hlm. 195.

A. Supriyadi, J. Jamaaluddin, T. Elektro, and U. Muhammadiyah. “Analisa Efisiensi Penjejak Sinar Matahari Dengan Menggunakan”. Jeee-U, vol. 2, no. APRIL, 2018, pp.8–15, 2018.

Hasnawiya Hasan, “Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Pulau Saugi”, Jurnal Riset dan Teknologi Kelautan (JRTK). Volume 10, Nomor 2, Juli - Desember 2017.

H Asy’ari, A. Rozaq, and F. S. Putra. “Pemanfaatan Solar Cell Dengan Pln Sebagai Sumber Energi Listrik Rumah Tinggal”. Emitor, vol. 14, no. 01, pp. 33–39, 2014.

Siswanto, Panduan Praktis Organisasi remaja Masjid. (Jakarta: Pustaka Alkausar, 2017), hlm. 26.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jpts.v2i01.12486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-0294