Rancang Bangun Teknologi Penampil dan Pengingat Waktu Sholat Digital Di Lingkungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Baturaden

Itmi Hidayat Kurniawan, Latiful Hayat, Dian Nova Kusuma Hardani

Abstract


Program IPTEK bagi Masyarakat (IbM) tentang Rancang Bangun Teknologi Penampil dan Pengingat Waktu Sholat Digital Di Lingkungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Baturaden ini dilakukan oleh tim IbM yang terdiri dari dosen dan mahasiswa di Program studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Tujuan kegiatan ini yaitu mentransformasikan pengetahuan tentang aplikasi elektronika berbasis mikrokontroler di berbagai bidang, memberikan pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman khususnya perancangan dan pembuatan aplikasi mikrokontroler secara perangkat keras maupun perangkat lunak serta mampu mengaplikasikannya secara praktis. Capaian hasil kegiatan IbM ini pembuatan jadwal waktu sholat digital yang dilengkapi dengan waktu iqomat, jam dan tanggal yang ditampilkan secara real-time.


Keywords


Mikrokontroler, Jadwal Waktu Sholat Digital, Otomasi

References


Ery Safrianti. (2008). Rancang Bangun Indikator Jam Sholat Abadi Menggunakan Atmel 89S52. Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia Oleo & Petrokimia Indonesia.

Darmawan. (2013). Rancang Bangun Jam Digital Waktu Shalat Berbasis Mikrokontroler AT89S52. Jurnal Transient, 2(2).

Mazidi, M. A. (2000). The 8051 Microcontroller & Embedded System.New Jersey: Printice Hall.

Nalwan, P. A. (2003). Panduan Praktis Teknik Antarmuka dan Pemrograman Mikrokontroler AT89C51.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jpts.v2i01.12500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-0294