Pemanfaatan Limbah Konstruksi untuk Timbunan Jalan Desa di Dsn. Nglundo Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk

Taurina Jemmy Irwanto, Angga Bagus Setya Sali, Khosnol Khotimah

Abstract


Pengabdian ini mengkaji tentang pemanfaatan limbah konstruksi yang dihasilkan dari proyek pembangunan untuk timbunan jalan yang ada di di Dusun Nglundo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Nganjuk. Pengabdian ini menggunakan pengabdian aplikatif yakni pengabdian yang didasarkan pada telaah kepustakaan yang dijabarkan melalui deskripsi menggunaakan sumber kepustakaan seperti buku, jurnal serta peraturan perundang undangan yang berkaitan dengan topik pengabdian. Pada pengabdian ini dijelaskan di Dusun Nglundo memiliki banyak aktivitas konstruksi yang menimbulkan berbagai jenis limbah dari hasil proses konstruksi yang dilakukan. Oleh karena itu, perlu adanya pemanfaatan limbah konstruksi yang dihasilkan untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya adalah untuk timbunan jalan yang ada di desa sebab bahan material berlebih seperti pasir dan batu sangat bermanfaat untuk aktivitas ini. Tujuan utama jalan merupakan prasarana yang menghubungkan antar wilayah di desa. Selain itu melalui pemanfaatan limbah ini masyarakat dapat mengembangkan wilayahnya serta turut andil dalam menjaga kelestaria lingkungan.


Keywords


Pemanfaatan, Limbah Konstruksi, Timbunan Jalan

References


Abidin, M. Z. (2015). Tinjauan atas Pelaksanaan Keuangan Desa dalam Mendukung Kebijakan Dana Desa. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 6(1), 61–76.

Aponno, G., Yunaefi, & Sholeh, M. (2020). Pemanfaatan Limbah Plastik sebagai Material Tambahan pada Konstruksi Timbunan Ringan. Jurnal Teknik: Ilmu Dan Aplikasi, 09(2), 67–71.

Firmawan, F. (2017). Karakteristik dan Komposisi Limbah (Construction Waste) pada Pembangunan Proyek Konstruksi Ferry. 18, 10.

Hartono, W., Akbar, T., & Sugiyarto. (2016). Evaluasi Sistem Manajemen Limbah Konstruksi pada Kontraktor Pembangunan Gedung di Kota Surakarta untuk Mendukung Green Construction. E-Jurnal Matrik Teknik Sipil, 505–513.

Indriyati, T. S., Malik, A., & Alwinda, Y. (2019). Kajian Pengaruh Pemanfaatan Limbah Faba (Fly Ash Dan Bottom Ash) Pada Konstruksi Lapisan Base Perkerasan Jalan. Jurnal Teknik, 13(2), 112–119. https://doi.org/10.31849/teknik.v13i2.3168

Kurniaty, D. R., & Rizal, M. (2011). Pemanfaatan Hasil Pengelolaan Sampah sebagai Alternatif Bahan Bangunan Konstruksi. Jurnal Smartek, 9(1), 47–60.

Lestari, E. P., Adiono, R., Publik, J. A., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2015). Implemetasi Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (Studi pada Pavingisasi Jalan Desa di Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro ). Jurnal Administrasi Publik, 3(5), 800–806.

Prasetyo, S. U., Marinda, D. T., Elsabrina, & Bayu. (2016). Laporan Akhir.

Putri, Y. M. (2020). Analisis kontribusi pasar sukomoro terhadap pembangunan ekonomi daerah kabupaten nganjuk.

Sihombing, M. M. (2008). Pengelolaan Limbah Konstruksi di Medan.

Zalaya, Y., Handayani, P., & Lestari, I. W. (2019). Pengelolaan Limbah Hasil Konstruksi Pada. Forum Ilmiah, 16(1), 63–73.

Zulaida, C. P., Yuwono, B. E., Fakultas, M., Program, T., Teknik, S., Universitas, S., Fakultas, D., Program, T., Teknik, S., & Universitas, S. (2019). Analisis Pengelolaan Limbah Konstruksi dengan Metode Lean Constuction Analysis of Construction Waste Management using the Lean Constuction Method Dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Trisakti. Prosiding Seminar Intelektual Muda, September, 15–19.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jpts.v2i01.13100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-0294