Pelatihan Penggunaan Mendeley pada Guru SLB Kuncup Mas

Elindra Ambar Pambudi, Ermadi Satriya Wijaya

Abstract


Berdasarkan tuntutan sertifikasi guru sesuai permendiknas No 18 th 2007 tersebut setiap guru mau tidak mau dihadapkan pada keharusan untuk mampu mengeluarkan karya tulis ilmiah seperti buku teks, modul, artikel, dan lain-lain yang berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan juga proses pendidikan. Permasalahan yang dihadapi para guru adalah pemahaman yang masih minim terkait referensi dalam pembuatan karya ilmiah, ditambah lagi keterbasan waktu yang dimiliki dan kurangya kreatifitas para guru di SLB Kuncup Mas dalam mengumpulkan referensi karya ilmiah. Dengan kesulitan yang dihadapi maka dalam pengabdian ini akan mencoba untuk memecahkan masalah dengan mengadakan pelatihan mengenai referensi manager. Metode yang diterapkan dari mulai survey lapangan, ceramah dan demo, dilanjutkan diskusi tanya jawab dan diakhiri praktik mandiri Bersama-sama. Hasil yang didapatkan dari pengabdian ini adalah terdapat sekitar 90 % keberhasilan dibuktikan dengan rata-rata peserta mendapatkan nilai rentang baik sampai dengan sangat baik dan 10% mendapatkan hasil kurang baik.

Keywords


mendeley, keterampilan guru, referensi manajer, karya tulis, pelatihan

References


Husin, D. (2019). Penguasaan Instrument Artikel Bisnis dan Teknis Publikasi Ilmiah pada Jurnal Bereputasi Internasional. Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 3(1), 198.

Ningsih, S. C. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SD. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 109–116.

Safiq, A., & Salamah, U. (2019). Relevansi Pemikiran Mahmud Yunus dalam Kitab At-Tarbiyah wa at-Ta’lim dengan Kompetensi Guru (Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005). Al-Mudarris: Journal of Education, 2(2), 224–243.

Yulianti, F. (2018). Peningkatan Keterampilan Guru Membuat Powerpoint Melalui In House Training di SD Negeri Pabuaran. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(3), 99–114.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jpts.v2i01.13281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-0294