Pemanfaatan Teknologi Pewaktu Digital dan Running Texts sebagai Pengingat Waktu Sholat dan Layanan Informasi di Lingkungan Masjid Al Falah Desa Sudimara Grumbul Sawoan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cilongok

W Winarso, Latiful Hayat, Gema Romadhon

Abstract


Keberadaan Masjid dalam pemukiman penduduk merupakan pusat kegiatan kaum muslimin dari tempat untuk menjalankan sholat lima waktu, tempat untuk mengkaji dan belajar Alquran, tempat untuk musyawarah, tempat untuk akad nikah dan sebagai tempat perlindungan, demikian juga  Masjid Al Falah  yang  terletak di desa Sudimara Grumbul Sawoan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas  merupakan pusat kegiatan kaum muslim utamanya adalah persyarikatan Muhammadiyah Ranting. Untuk mendukung kegiatan-kegiatan tersebut beberapa fasilitas sudah tersedia seperti sumber air, kamar mandi, tempat bersuci, perlengkapan pengeras suara adzan, listrik PLN, tempat parkir, akan tetapi utilitas untuk pengingat waktu dan informasi  masih bersifat tradisional. Pengingat waktu sholat digital  merupakan  pengingat waktu atau jam yang didisain untuk memberi infomasi  waktu sholat secara otomatis berdasarkan  waktu sholat yang dikeluarkan oleh pemerintah atau kementrian agama. Pada IbM ini telah dilakukan pembuatan sistem pengingat waktu sholat digital  yang dilengkapi dengan papan infomasi/running teks.  Metode kegiatan ini adalah dengan studi literatur, observasi lapangan letak dan dimensi pewaktu digital untuk masjid Al-Falah dan kemudian disain serta pembuatan  sistem tersebut. Hasil kegiatan ini untuk pengelola masjid sangat bermanfaat yaitu dapat memberikan informasi waktu sholat yang tepat sehingga dapat dikumandangkan adzan dengan tepat waktu serta dengan adanya running teks beberapa infomasi penting dapat disampaikan kepada jamaah dengan cepat.


Keywords


waktu, digital, adzan, informasi, masjid

References


Syakiran, M. Noor, Pemikiran Pembaharuan Muhammadiyah: Refleksi Konseptual Aspek Teologi, Syariah dan Akhlak, (Padang: Baitul Hikmah Press, 2001), http://digital.library.ump.ac.id/787/2/2.%20Full%20Paper%20-%20Rohman.pdf

Muhammad Nufail, Cahya Bagus Sanjaya. (2018), Perancangan Jam Waktu Sholat Realtime Berdasarkan GPS Receiver Berbasis Mikrokontoler, Jurnal Explore IT! Vol.10 No.2 Desember 2018 p-ISSN 2086-3489 (Print)-e-ISSN 2549-354X.

Darmawan (2013), Rancang Bangun Jam Digital Waktu Shalat Berbasis Mikrokontroler AT89S52, Transient, VOL.2, No. 2, Juni 2013.

Ferliyanda, 2014. Perancangan Pengingat Waktu Sholat Menggunakan Dot Matriks Berbasis Mikrokontroler At89s52‖, Pelita Informatika Budi Darma, Volume:VII, Nomor:2, Medan.

Siregar, Rajasali Muhammad, Abdul Jabar, and Ari Usman, 2016. Perancangan Perangkat Keras Sistem Pengingat Waktu Sholat Elektronik Sekolah Tinggi Teknik Harapan Medan, p.1.Year 2016.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jpts.v2i02.14371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-0294