Penerapan Pemasaran Digital pada Panti Asuhan Muhammadiyah Griya Al Falah Purbalingga, Jawa Tengah

Muhammad Hamka, Ridho Muktiadi, Tukiran -

Abstract


pandemi COVID-19. Mayoritas pelaku usaha menyatakan penggunaan internet untuk pemasaran dan transaksi online memiliki pengaruh sangat signifikan.  Panti asuhan Griya Al Falah Purbalingga, Jawa Tengah memiliki salah satu program pengembangan wirausaha bagi anak asuhnya. Kendala yang dihadapi panti asuhan Griya Al Falah adalah kurang luasnya jangkauan pemasaran serta rendahnya tingkat penjualan. Kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) ini bertujuan meningkatkan kemampuan mitra dalam memanfaatkan TI untuk adaptasi proses bisnis berbasis TI serta meningkatkan nilai penjualan produk, meningkatkan jaringan pemasaran dan promosi produk melalui media sosial. Metode yang digunakan adalah diskusi, paparan mengenai pentingnya penerapan digital marketing, elemen-elemen di dalam digital marketing,  san langkah-langkah penerapan digital marketing. Metode lainnya adalah workshop implementasi digital marketing melalui media sosial dan aplikasi marketplace. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan, IbM ini telah berjalan sesuai rencana dan memenuhi harapan mitra. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan peserta yang menjawab “Sangat Setuju” mencapai 22,10 %,  jawaban bernilai “Setuju” adalah 76,24%, sedangkan jawaban “Ragu-Ragu” adalah 1,66%. Sedangkan evaluasi untuk mengetahui minat peserta untuk mengubah model bisnisnya menggunakan digital business atau digital marketing sesuai hasil angket adalah, peserta yang setuju dan akan tetapi masih memiliki keraguan 67,56%, sedangkan peserta yang sudah memiliki keyakinan bahwa digital business akan meningkatkan nilai penjualan mencapai 15,56 %.  Adapun peserta yang masih mempertimbangkan pemanfaatan Teknologi Informasi khususnya jaringan internet dalam penjualan sejumlah 16 %. Sementara itu, peserta yang bertahan dengan penjualan konvensional dan tidak ingin beralih ke digital marketing hanya 0,89%.


Keywords


Marketplace application; Digital Marketing; Social Media

References


Almuhajir, A. (2020). Organizing Sumber Daya Panti Asuhan Muhammadiyah Lhokseumawe dalam Pembinaan Akhlak Anak Asuh. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1), 17. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1270

Andriani, R., & Afidah, M. (2020). Evaluasi Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Universitas Lancang Kuning. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 271. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.14680

APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. In Apji.or.id (Issue June).

Badan Pusat Statistik. (2020). Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku usaha. In Katalog: 3101028.

Leksono, H. B., & Prasetyaningtyas, S. (2021). Influence Social Media Marketing Activity on Repurchase Intention in The E-Commerce Industry. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 3(5).

Maria, S., Pusriadi, T., & Darma, D. (2020). The Effect of Social Media Marketing, Word of Mouth, and Effectiveness of Advertising on Brand Awareness and Intention to Buy. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(2), 107–122. https://doi.org/10.18502/kss.v4i3.6373

Maula, D. A., Zuriah, N., & Widodo, R. (2019). Peranan Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Kota Probolinggo Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Civic Hukum, 4(3), 1–9.

Mubarok, Z., Hafidhuddin, D., Tanjung, H., & Tamam, A. M. (2018). Konsep Pendidikan Wirausaha bagi Anak Panti Asuhan dan Pengaruhnya terhadap Kemandirian Anak. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 152. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i2.1359

Nirwana, N. Q. S., & Biduri, S. (2021). Implementasi Digital Marketing Pada UMKM Di Era Revolusi Industri 4.0 (Study Pada UMKM Di Kabupaten Sidoarjo). BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 18(1), 29. https://doi.org/10.30651/blc.v18i1.5720

Pratama, S., & Sulaeman, A. (2016). Peran panti asuhan mandhanisiwi pku muhammadiyah purbalingga dalam pembentukan akhlakul karimah anak asuh. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 16(1), 14–25.

Ramida, Mustari, Dinar, M., Supatminingsih, T., & Nurdiana. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Journal of Economic Educationand Entrepreneurship Studies, 3(1), 310–326.

Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24–31.

Sulthoni, Y., & Sarmini. (2013). Strategi Pembentukan Karakter Anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Surabaya. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 272–287.

Umair Manzoor, Sajjad Ahmad Baig, Muhammad Hashim, & Abdul Sami. (2020). Impact of Social Media Marketing on Consumer’s Purchase Intentions: The Mediating role of Customer Trust. International Journal of Entrepreneurial Research, 3(2), 41–48. https://doi.org/10.31580/ijer.v3i2.1386

We Are Social. (2022). Digital 2022 Indonesia, February 2022. We Are Social.

Wibowo, B. S., & Haryokusumo, D. (2020). Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E-commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 86. https://doi.org/10.25273/capital.v3i2.6077


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jpts.v3i01.16405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-0294