Wisata Edukasi Energi Terbarukan Berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Di Desa Kebumen, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas

Itmi Hidayat Kurniawan, Winarso Winarso, Teguh Marhendi

Abstract


Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) bertujuan untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh mitra, mampu menuntun masyarakat desa ke arah kehidupan yang lebih sejahtera, mewujudkan masyarakat yang dinamis, memberdayakan masyarakat dalam mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan berbasis pada optimalisasi potensi masyarakat agar mampu mendayagunakan dan mengoptimalkan potensi sumber daya yang ada, membantu meningkatkan konsidi social ekonomi warga, serta mempermudah akses warga terhadap informasi dan ilmu pengetahuan. Kelompok sasaran dari program PPDM ini adalah Wisata Embung Maron yang dikelola oleh BUMDes dan Pemerintah Desa Kebumen. Target luaran dari kegiatan ini adalah pemanfaatan potensi energy matahari dan energi potensial air untuk wisata edukasi sekaligus dapat digunakan untuk penerangan di area Wisata Embung Maron. Kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan stimulasi pembangunan wahana berbasis edukasi yang dapat menarik pendapatan melalui penjualan tiket, pelatihan dan pendampingan pengelolaan alat yang dibangun. Metode pendekatan pelaksanaan PPDM ini adalah dengan tatap muka, sosialisasi program, pembimbingan, pendampingan, pembinaan kelompok kemitraan.


Keywords


MITRA, sejahtera, potensi alam, BUMDes, energi matahari, piko hidro

References


D. Fatahudin, Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Kapasitas Daya 50 kW, Jurnal Riset Rekayasa Elektro, 2020.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kebumen,_Baturaden,_Banyumas, diakses 2 Juli 2022.

A. Sugianto,”Studi Perencanaan Pembangkit Listrik Picohydro (PLTPh) Untuk Produksi Keripik di Daerah Banjarnegara”. Jurnal Teknik Elektro Universitas Gajah Mada, 2012.

A. Arismunandar, “Teknik Tegangan Tenaga Listrik, Jilid I Pembangkitan Dengan Tenaga Air”. Jakarta: PT. Pradya Paramita, 2000.

D. Shantika, “Perancangan Prototipe Hybrid Hydro PORTABLE 200 Watt,” Semin. Nas. XII Rekayasa dan Apl. Tek. Mesin di Ind. Kampus ITENAS - Bandung, 17-18 Desember 2013, 2013.

J. Febryan, “Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Air Skala Hybrid di Area Wisata Curug Embun Desa Pematang Bange Kota Pagaralam”, Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, 2018.

K. Linsley, Yoseph B. Franzini, “Tekhnik Sumber Daya Air. Jilid I”. (Alih bahasa Ir. Djoko Sasongko, M.Sc). Jakarta: Erlangga, 1995.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jpts.v3i01.16832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-0294