Implementasi Digital Marketing Automation Dan Smart Social Media Marketing di CV. Karya Saputra Lencana Kudus Jawa Tengah

Nanik Susanti, Yudie Irawan

Abstract


Usaha kuningan di kota Kudus banyak memproduksi lencana dan kepala sabuk. Selain itu ada juga produksi lainnya seperti medali, name-tag, wing, plakat, pengikat hasduk pramuka, door sign, deskname dan lain – lain. Usaha kuningan merupakan usaha telah turun temurun diwariskan oleh orang tuanya yang berasal dari daerah Demaan, Kecamatan Kota. Penghasilan pengrajin kuninan lencana tergantung dari frekuensi pesanan yang ada. Produk kuningan juga bukan produk yang cepat rusak sehingga pelanggan tidak akan memesan dalam waktu dekat. Sementara itu sumber daya yang ada belum mampu mencari tambahan pelanggan secara rutin dan terencana karena kendala biaya dan waktu. Selama ini pemesanan berasal dari pelanggan tetap dan pelanggan musiman yang biasanya memesan produk saat ada kegiatan lomba. Pengusaha berharap untuk memperluas area pemasaran dan menambah pelanggan agar dapat meningkatkan omset perusahaan dan keberlangsungan produksi. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu kesulitan pengusaha dalam memperluas pemasaran. Khususnya dengan teknik digital marketing automation. Selain itu tim pengabdian ini akan memberikan pelatihan untuk membuat foto produk yang menarik untuk mendukung tampilan website. Untuk mempopularitaskan website maka pengusaha juga akan dilatih untuk mengoptimasi penggunaan jejaring sosial untuk melakukan pemasaran secara oline dengan teknik smart social media marketing. Luaran dari program pengabdian masyarakat ini adalah website sebagai pusat data produk dan promosi. Akun jejaring sosial yang berfungsi untuk meningkatkan popularitas website dan produk yang dihasilkan, dan pelatihan untuk membuat foto produk yang menarik serta pelatihan optimasi pemasaran melalui jejaring sosial

Keywords


pemasaran, internet marketing, jejaring sosial, foto produk

References


Boyd, D. M., & Nicole, B. E. (2007). Social network sites: Definition, History and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 210-230.

Lasmadiarta, M. (2011). Extreme Facebook Marketing for Giant Profits. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Priambada, S. (2017). Potensi Media Sosial Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Malang Raya. Seminar Nasional Sistem Infromasi Indonesia (SESINDO), (pp. 239-244). Denpasar.

Riyanto, B., & Harmony, A. (2013). Efektifitas Iklan Melalui Jejaring Sosial Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Kripik Pedas Maicih. Proceeding PESAT, (pp. 256-263). Bandung.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jpts.v3i02.18416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2776-0294